Home » Kongkow » kongkow » Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat

Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat

- Senin, 30 September 2019 | 15:37 WIB
Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat

Peranan Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

Tumbuhan paku merupakan sebuah tumbuhan parasit yang sering Anda jumpai di daerah sekitar tempat tinggal Anda. Tumbuhan ini sering disebut sebagai tumbuhan pengganggu atau parasit. Karena memiliki ciri-ciri yakni bisa hidup di berbagai habitat seperti permukaan batu atau tanah, dan menempel pada kulit pohon. Bahkan tumbuhan ini lebih suka tinggal di tempat yang lembap atau higrofit. Bahkan tak sedikit orang yang tidak suka melihat tumbuhan ini, dinilai merusak esktetika dan mengotori sisi atau daerah tertentu.

Peranan Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

Namun di balik dari sifat parasit itu, terdapat manfaat yang berguna bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Tumbuhan ini malah dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan, sebagai tanaman hias dan masih banyak lagi manfaat bagi manusia.

Dilansir dari beberapa laman, berikut ulasan PingPoint.co.id tentang peranan dan manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan manusia, diantaranya :

  • Sebagai Bahan Baku Pembuatan Obat-obatan.

Beberapa jenis tumbuhan paku dimanfaatkan manusia sebagai bahan baku dalam membuat obat-obatan. Jenis tumbuhan paku tersebut diantaranya adalah equisetumlycopodium clavatumaspidium sp, dan dryopteris filix-mas.

  • Sebagai Bahan Makanan Sayuran

Tumbuhan paku seperti marsilea crenata atau semanggi, dan Salvinia natans atau kiambang dapat berperan sebagai sayuran yang memiliki manfaat nutrisi yang baik untuk tubuh. Bisa dimakan langsung sebagai lalap atau pun dimasak sebagai sayur lodeh.

Peranan Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

  • Sebagai Pupuk Hijau Alami yang Tidak Merusak Lingkungan

Anda juga dapat memanfaatkan untuk membuat pupuk hijau. Beberapa jenis tumbuhan paku yang dipakai untuk membuat pupuk ini adalah azolla pinnata bersimbiosis dengan anabaena azollae atau gangang biru. Pupuk dari tumbuhan paku ini bisa menyuburkan tanaman sebagai alternatif pengganti pupuk kimia.

  • Sebagai Tanaman Hias yang Menyejukkan

Selain beberapa manfaat di atas, tumbuhan paku berperan menjadi tanaman hias. Rumah Anda terlihat indah oleh tumbuhan paku jenis ini. Tumbuhan paku yang dijadikan sebagai tanaman hias seperti paku tanduk rusa, paku sarang burung, suplir, dan paku rane.

Mengetahui tumbuhan paku memiliki peranan bagi kehidupan manusia, mungkin akan mengurangi ketidaksukaan Anda terhadap tanaman ini. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk jenis menu masakan baru dan juga dapat menggunakannya sebagai obat-obatan. Ekstrak beberapa jenis tumbuhan paku yang terkandung dalam obat pun bisa Anda dapatkan dalam produk kesehatan. Tentunya Anda mesti konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Cari Artikel Lainnya