Home » Kongkow » Kesehatan » Manfaat Luar Biasa Som ( Ginseng Jawa ) Untuk Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Som ( Ginseng Jawa ) Untuk Kesehatan

- Sabtu, 13 November 2021 | 17:00 WIB
Manfaat Luar Biasa Som ( Ginseng Jawa ) Untuk Kesehatan

Mungkin sebagian dari anda belum pernah mendengar dan tahu sebelumnya mengenai som Jawa ini. Apa sih som Jawa itu? Som Jawa merupakan tanaman yang sejenis dengan gingseng. Seperti yang kita tahu gingseng memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Meski begitu, namun tidak semua jenis gingseng bisa digunakan untuk kesehatan, setidaknya ada 7 jenis gingseng yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu gingseng kore/cina, gingseng jepang, gingseng Amerika, gingseng Himalaya, gingseng Siberia, gingseng padang pasir dan terakhir adalah gingseng Jawa atau biasa dikenal dengan som Jawa.

Berbeda dengan gingseng lainnya, bagian yang dimanfaatkan dari Som Jawa ini adalah bagian daunnya. Sebenarnya akarnya juga bermanfaat untuk kesehatan, namun jika pengolahannya tidak dilakukan dengan benar akan menyebabkan diare karena akar som Jawa ini bersifat diuretik.

Untuk informasi lebih jelasnya berikut ini adalah penjelasan mengenai tanaman herbal tersebut mulai dari ciri tumbuhannya, kandungan nutrisi, manfaat Som Jawa untuk kesehatan dan cara pengolahan yang tepat.
Ciri-ciri som Jawa

Sama seperti jenis gingseng lainnya, som Jawa memiliki daun berwarna hijau terang. Daunnya saling berhadapan dan bersilangan dengan tangkai berwarna merah kecoklatan yang tidak terlalu panjang.

Pada bagian pinggir daun terdapat tulang yang menyirip. Bentuk daun ini runcing di bagian ujungnya dengan panjang sekitar 3-10 cm dan lebarnya 1,5-5 cm. Untuk akarnya berukuran lebih kecil dari jenis gingseng lainnya yaitu sebesar ibu jari orang dewasa.

Kandungan tanaman Som Jawa

  1. Som Jawa ini sangat beragam sehingga banyak digunakan untuk pembuatan obat herbal. Kandungan yang pertama adalah saponin sejenis glikosida yang dapat merangsang produksi lendir, meningkatkan jumlah darah dan memperbaiki peredaran darah dalam tubuh. Selain itu manfaat Som Jawa bisa untuk kelebihan kadar gula darah yang berlebih yang menjadi penyebab penyakit diabetes atau kekurangan gula darah dengan kandungan panaxosida.

  2. Kedua adalah kandungan antioksidan. Salah satu penyebab tubuh sakit adalah adanya radikal bebas yang akan merusak dan mengganggu system kerja tubuh. Kerusakan sel dalam tubuh menyebabkan ateroklerosis, ginjal, jantung, stroke, penuaan dini dan lain sebagainya. Kandungan senyawa flavonoid pada tanaman inilah yang bisa dijadikan antioksidan tubuh untuk melindungi kesehatan tubuh.

  3. Ketiga adalah kandungan anti kanker yaitu polisakarida yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa melawan dan membunuh sel kanker. Bukan itu saja, daun gingseng juga memiliki kandungan siklofosfamid yaitu senyawa yang digunakan sebagai pengobatan anti kanker.

  4. Keempat adalah kandungan anti hiperglikemia yang dapat meningkatkan kemampuan sekresi glukosa pada insulin darah sehingga tidak akan terjadi kelebihan gula darah ataupun kekurangan gula darah. Bagi penderita diabetes tentunya bisa menjadikan gingseng sebagai obat yang alami.

Manfaat Som Jawa untuk kesehatan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa som Jawa menjadi salah satu jenis gingseng yang bisa dijadikan obat herbal. Hal ini tentunya sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Lantas apa sajakah manfaat Som Jawa untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan apabila mengkonsumsinya? Berikut adalah ulasannya.

  1. Manfaat Som Jawa yang pertama adalah untuk melancarkan sirkulasi darah dan untuk mengatur system syaraf pusat dan tepi serta sebagai anti inflamasi dengan kandungan saponinnya. Saponin tersebut juga bermanfaat untuk menguatkan paru-paru. Anda bisa mengolah daun Som Jawa ini untuk dijadikan sayur atau dijadikan bahan rebusan.

  2. Manfaat Som Jawa kedua adalah untuk mengatasi pembengkakan dan mengobati luka. Hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid, antioksidan tinggi, anti bakteri alami, antiviral dan anti histmin yang akan memberikan kekebalan tubuh lebih extra dari berbagai serangan bakteri atau virus.

  3. Manfaat Som Jawa ketiga adalah untuk meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. Hal ini karena terdapat kandungan steroid yang bisa mersangang nafsu makan. Jadi jika anda merasa tidak nafsu makan, anda bisa mengkonsumsi Som Jawa ini secara rutin. Otomatis dengan nafsu makan yang tinggi Som Jawa ini juga dapat meningkatkan berat badan. Minumlah air rebusan daun som Jawa 7 lembar setiap harinya untuk dapatkan hasil yang maksimal.

  4. Keempat adalah manfaat Som Jawa untuk menyembuhkan bisul atau jerawat. Kandungan minyak atsiri pada tanaman ini bersifat seperti steroid yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sebagai anti bakteri. Caranya dengan menumbuk daun som Jawa lalu ditambah dengan gula merah. Selanjutnya adalah menempelkan tumbukan tersebut pada bagian yang berbisul atau berjerawat.

  5. Manfaat Som Jawa adalah untuk meningkatkan ASI. Ini adalah salah satu manfaat Som Jawa terbaik bagi ibu yang sedang menyusui. Cara menggunakannya adalah dengan menumis daun som Jawa dan mengkonsumsinya 2-3 kali dalam sehari.

Pengolahan Som Jawa yang tepat

Secara keseluruhan untuk mengolah manfaat Som Jawa ini tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu pertama dengan membuatnya menjadi teh.

  1. Caranya adalah dengan mengambil beberapa daun som Jawa lalu dikeringkan. Setelah itu tumbuk daun yang sudah kering hingga menjadi bubuk teh.

  2. Cara kedua adalah dengan menjadikannya olahan masakan seperti tumis atau sayuran berkuah. Dan cara yang ketiga adalah dengan merebusnya dan mengambil air rebusan untuk diminum. Ketiga cara tersebut digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan dalam, sedangkan jika digunakan sebagai obat luar maka caranya seperti untuk mengobati bisul di atas. Caranya adalah dengan menumbuknya dan menempelkan daun pada bagian yang terluka.

Itulah beberapa informasi mengenai som Jawa mulai dari ciri tanamannya, kandungan nutrisi, manfaat Som Jawa untuk kesehatan serta cara pengolahan yang baik. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk berbagai jenis penyakit, baik penyakit berat maupun ringan yang tentunya sangat aman dan terbukti ampuh. Beberapa ramuan dari Som Jawa ini juga sudah diperjual berlikan di beberapa toko obat herbal dengan harga yang cukup terjangkau.

Cari Artikel Lainnya