Home » Kongkow » Geografi » Macam-macam Bentang Alam di Pulau Sumatera

Macam-macam Bentang Alam di Pulau Sumatera

- Senin, 09 Agustus 2021 | 16:33 WIB
Macam-macam Bentang Alam di Pulau Sumatera

Sumatra atau Sumatera menjadi pulau terbesar keenam di Indonesia. Pulau ini juga memiliki julukan lain yakni pulau Andalas, Percha, dan Suwarnadwipa yang berarti Pulau Emas karena memiliki kekayaan alam yang terbentang luas.

Berikut ini adalah macam-macam bentang alam di Pulau Sumatra. Mulai dari gunung, lembah, bukit hingga pantai di Pulau Sumatra. 

1. Lembah 

Nama-nama lembah di Pulau Sumatra yaitu Lembah Anai Sumatra Barat, Lembah Ngarai Sianok Bukittinggi, Lembah Harau Payakumbuh.

2. Gunung 

Nama-nama gunung di Pulau Sumatra yaitu Gunung Kerinci, Gunung Ambun, Gunung Kembar, Gunung Arjuna, dan Gunung Sibayak.

3. Bukit

Nama-nama bukit di Pulau Sumatra yaitu Bukit Barisan di Bengkulu, Bukit Pasai di Aceh, Bukit Kayangan di Jambi, Bukit Minangkabau Sumatra Barat, dan Bukit Lebon Jambi.

4. Dataran Rendah 

Nama-nama Dataran Rendah yaitu Dataran Rendah Airhitam di Sumatra Selatan, Dataran Rendah Danau Emas di Bengkulu, Dataran Rendah Anggi Giji di Aceh, Dataran Rendah Dipacampat Jambi, dan Dataran Rendah Anggi giji Aceh.

 

5. Sungai

Nama-nama sungai di Pulau Sumatra yaitu Sungai Musi di Palembang, Sungai Alas di Bengkulu, Sungai Bangko di Riau, Sungai Angkola Sumatra Utara, dan Sungai Basai Lampung.

Itulah macam-macam kenampakan alam di pulau Sumatera yah otakers, semoga bermanfaat dan terim kasih!

Sumber :
Cari Artikel Lainnya