Home » Kongkow » Tematik » Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Sd halaman 95 Penyakit Organ Peredaran Darah Manusia Beserta Cara Pencegahannya

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Sd halaman 95 Penyakit Organ Peredaran Darah Manusia Beserta Cara Pencegahannya

- Senin, 18 Oktober 2021 | 11:06 WIB
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Sd halaman 95 Penyakit Organ Peredaran Darah Manusia Beserta Cara Pencegahannya

Siti, Dayu, dan Lina telah melakukan salah satu bentuk olahraga yang bisa memperlancar peredaran darah mereka yaitu bersepeda santai. Tahukah kamu bahwa bersepeda santai dapat menjaga kesehatan organ peredaran darah, khususnya jantung?

Sebagaimana ditegaskan dalam sebuah penelitian di Inggris tepatnya British Medical Association (BMA) bahwa bersepeda sejauh 20 mil dalam seminggu akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 50%. Bersepeda dengan santai akan mengatur detak jantung sehingga otot- otot jantung bekerja dengan baik. Jantung sangat berperan dalam peredaran darah manusia, yaitu sebagai pemompa. Selain jantung, organ peredaran darah manusia lainnya adalah pembuluh darah. Pembuluh darah manusia memiliki fungsi sebagai pengangkut makanan dan berbagai zat sisa-sisa metabolisme tubuh.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 5 Sd Halaman 80 - 81 Gangguan pada Organ Peredaran Darah Manusia dan Penyebabnya

Pembuluh darah dan jantung bertanggung jawab untuk mengalirkan darah yang mengandung nutrisi, oksigen, hormon, dan gas-gas lain. Organ peredaran darah manusia, dapat mengalami gangguan oleh penyakit maupun berbagai kelainan, di antaranya jantung koroner. Oleh karena itu, jantung perlu dijaga kesehatannya. Apa itu jantung koroner? Jantung koroner merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh tersumbatnya arteri koroner, yaitu pembuluh yang menyuplai darah ke jantung. Penyumbatan pembuluh tersebut dapat terjadi karena adanya endapan lemak, terutama berupa kolesterol pada lapisan dalam dinding pembuluh. Penyumbatan pembuluh arteri dikenal dengan
istilah arteriosklerosis.

Kunci jawaban tema 4 kelas 5 Sd halaman 95

Selain jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah. Sekarang, tugas kamu untuk mencari contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya. Kamu bisa mencari informasi tersebut dari berbagai sumber bacaan, termasuk internet. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut!

Jawaban:

1. Penyakit: Hipertensi
Cara Pencegahan: Penderita hipertensi dianjurkan tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, diet rendah garam dan rendah lemak, olahraga teratur, dan istirahat jika lelah atau tegang.

2. Penyakit: Anemia
Cara Pencegahan: Untuk menghindarinya, mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti hati, daging, dan sayuran hijau.

3. Penyakit: Hipotensi
Cara pencegahan: Memperbanyak mengkonsumsi air putih dan garam, menghindari mengkonsumsi minuman berakohol, hindari tempat bertemperatur tinggi, serta tidak makan dalam porsi berlebih.

4. Penyakit: Varises
Cara Pencegahan: Melakukan olahraga teratur, tidak duduk dengan menyilangkan kaki, serta menjaga berat badan ideal.

5. Penyakit: Miokarditis
Cara Pencegahan: Sering melakukan vaksinasi, rutin melakukan hubungan suami istri, serta menjaga kebersihan tempat tinggal makanan, dan kebersihan diri.

Peredaran darah juga sangat erat kaitannya dengan kerja dari jantung. Semakin baik kondisi jantung, maka peredaran darah di dalam tubuh juga menjadi semakin baik. Namun demikian, tidak semua orang memiliki kondisi peredaran darah yang normal dan dapat berfungsi dengan baik. Ada beberapa orang yang memiliki kelainan dan juga penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah mereka.

Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor timbulnya penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah manusia. Beberapa penyebab yang dimaksud seperti faktor keturunan, obesitas, pengaruh timbulnya suatu penyakit kronis, gaya hidup tidak sehat, dan karena asap rokok, baik pada perokok aktif maupun perokok pasif.

Berdasarkan penyebab yang ada, kamu tentunya bisa mengidentifikasi cara mencegah timbulnya penyakit seperti berikut.

1. Berolahraga secara teratur.

2. Tidur yang cukup.

3. Atur pola makan.

4. Hindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya