Home » Kongkow » Tematik » Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Sd Halaman 74 -76 Gangguan Sistem Pencernaan

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Sd Halaman 74 -76 Gangguan Sistem Pencernaan

- Jumat, 01 Oktober 2021 | 08:22 WIB
Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Sd Halaman 74 -76 Gangguan Sistem Pencernaan

Iklan Elektronik Demam Berdarah

Pak RT: “Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, perkenankan saya menyampaikan maksud pertemuan kita kali ini. Tepat pada hari Sabtu nanti, saya mengharapkan bantuan bapak dan ibu untuk secara serentak melakukan langkah 3M Plus di lingkungan rumah kita masing-masing.”
Ibu : “Apa, Pak, 3M Plus itu? Mengapa kita harus melakukannya?” (Para ibu kemudian berbisik-bisik dan suasananya menjadi agak riuh)
Pak RT: “Akhir-akhir ini di lingkungan sekitar kita sedang banyak warga yang terkena demam berdarah, Bu. Bulan lalu saja saya mencatat ada tiga orang yang terkena. Penyebabnya adalah nyamuk dan nyamuk itu menyukai tempat yang kotor. Oleh karenanya diperlukan langkah 3M Plus untuk mengatasinya. Langkah 3M tentunya adalah menguras, menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk. Ditambahkan Plus karena diperlukan upaya dari kita secara pribadi untuk mengatasinya seperti memakai lotion anti nyamuk, kelambu di tempat tidur, menggunakan obat penyemprot nyamuk baik yang alami atau buatan, dan lain-lain.”
Ibu : “Oh, begitu, Pak RT. Kami siap, Pak!
Bapak: “Baik, pak, akan segera kami laksanakan. Para ibu membantu dengan cara menyediakan makanan ringan saja, ya? Hahahaha.” (Semua orang tertawa)

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Sd Halaman 74 

Tentukan kata-kata kunci yang terdapat dalam iklan di atas.

Jawaban:

Kata Kunci:
1. Demam Berdarah
2. Langkah 3M Plus
3. Menguras, menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk
4. Lotion anti nyamuk
5. Obat penyemprot nyamuk

Kunci Jawaban:

Faktor Penyebab Diare secara Umum Tema 3 Kelas 5 Sd

Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang perlu dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita memperoleh nutrisi melalui sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan kita baik, maka penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Sd Halaman 75

Lengkapi peta pikiran di bawah ini mengenai penyebab gangguan pada sistem pencernaan!

Jawaban:

Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan:

- MAKAN TIDAK TERATUR
Menunda makan, ketika makan menjadi terlalu kenyang.

- MAKANAN TIDAK HIGIENIS
Mengkonsumsi jajanan yang kurang bersih dan tidak higienis, tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

- MENUNDA BAB
Sering menunda untuk Buang Air Besar 

- KURANG MAKANAN BERSERAT
Jarang mengkonsumsi Sayur dan Buah untuk kebutuhan serat dan Vitamin

- KONSUMSI MAKANAN ASAM DAN PEDAS
Terlalu banyak makan makanan yang bersifat asam seperti halnya makanan yang pedas.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Sd Halaman 76

Ada beberapa penyebab gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh beberapa penyebab di atas. Kita sudah membahas mengenai beberapa gangguan. Coba kita mengulas kembali mengenai beberapa gangguan sistem pencernaan tersebut (ulas mengenai definisi, gejala, cara pencegahan, dan penyembuhannya).

1) Mag

Definisi: Gangguan sistem pencernaan yang terjadi pada kondisi peradangan lapisan lambung

Gejala: Terasa nyeri atau sakit pada perut bagian atas, mual, muntah, rasa tidak enak pada tenggorokan karena naiknya asam lambung

Cara pencegahan: Mengurangi makan makanan yang bersifat asam, menjaga pola makan dan sarapan setiap pagi, serta konsumsi buah dan sayur.

Cara penyembuhan: Minum air hangat, menjaga pola makan, dan minum obat mag sesuai anjuran dokter.

2) Kolera

Definisi: Gangguan atau penyakit sistem pencernaan akibat infeksi bakteri Vibrio Cholerae.

Gejala: Nyeri pada perut, diare berat, mual dan muntah, kekurangan cairan atau dehidrasi, feses berair.

Cara pencegahan: Menghindari jajan sembarangan, menjaga kebersihan tangan dan makanan sebelum dimakan (higienis), menghindari makanan laut yang tidak dimasak sempurna.

Cara penyembuhan: Pemberian obat dengan resep dokter, pemberian cairan penyeimbang elektrolit tubuh, dan mengkonsumsi makanan sehat dan higienis.

3) Diare

Definisi: Gangguan sistem pencernaan pada daerah usus besar pada proses buang air besar yang teksturnya lebih encer dan berair serta frekuensinya lebih sering dari biasanya.

Gejala: Buang air besar terlalu sering, feses berwujud encer atau berair, perut kembung, nyeri pada perut, demam, dan bisa jadi ada darah pada tinja yang keluar.

Cara pencegahan: Mencuci tangan sebelum dan setelah makan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta mencuci bersih sayur dan bahan makanan yang hendak dimasak.

Cara penyembuhan: Minum oralit, minum air putih yang cukup, menjaga kebersihan makanan, tidak makan makanan yang terlalu pedas dan tidak membeli jajanan atau makanan sembarangan.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya