Home » Kongkow » Fisika » Konsep dan Rumus Gerak Lurus

Konsep dan Rumus Gerak Lurus

- Kamis, 17 September 2020 | 06:00 WIB
Konsep dan Rumus Gerak Lurus

Hai Otakers… pada artikel hari ini kita akan mejelaskan tentang Gaya dan Percepatan yaitu Gerak Lurus. Nah sebelum Otakers mengetahui ap aitu Gerak Lurus, ada baiknya teman-teman mengetahui terlebih dahulu ap aitu Gerak. Yuk simak pembahasannya dibawah ini.

Apa Itu Gerak?

Gerak adalah perubahan posisi atau kedudukan yang mengalami perubahan terhadap titik acuannya. Titik acuan sendiri merupakan titik awal objek tersebut ataupun titik tempat pengamat berada. Suatu benda bisa bergerak atau berpindah dikarenakan adanya gaya, dimana Gaya sendiri adalah tarikan atau dorongan yang menyebabkan keadaan benda bisa berubah dari titik acuannya. Pengertian lainnya dalam Fisika, gaya dapat menyebabkan sebuah benda dengan massa berubah, baik dalam bentuk gerakan, arah, dan konstruksi geometris.

Baca Juga : 

Rumus Gaya Dalam Fisika

Pembahasan Hukum Newton 1, 2, 3 dan Penerapannya

Berdasarkan lintasannya, Gerak pada suatu benda terdapat 3 macam, yaitu  gerak lurus, gerak melingkar ataupun gerak parabola. Nah untuk materi Fisika SMP hanya membahas tentang gerak lurus saja, oleh karena itu kita akan membahas secara rinci apa itu Gerak Lurus. Gerak Lurus adalah gerak suatu benda yang lintasannya garis lurus.

Jarak dan Perpindahan

Dalam gerak terdapat istilah jarak dan perpindahan. Perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda beserta dengan arah geraknya dan perpindahan bisa dihitung dengan selisih antara kedudukan akhir dan kedudukan awal, sedangkan untuk keseluruhan lintasan yang ditempuh oleh suatu benda yang mengalami perpindahan disebut dengan Jarak.

Jika ingin mengetahui seberapa cepat suatu benda yang bergerak dapat kita tentukan dengan mengetahui kelajuan dan kecepatannya.

  1. Kelajuan

Kelajuan merupakan jarak yang ditempuh benda tiap satuan waktu dan kelajuan termasuk dalam besaran skalar, yaitu besaran yang hanya memiliki nilai.

  1. Kecepatan

Kecepatan adalah perpindahan suatu benda dibagi selang waktunya. Kecepatan termasuk besaran vector, yaitu besaran yang selain memiliki nilai juga memiliki arah.

Berikut ini adalah rumus Kelajuan dan Kecepatan :

Baca Juga : 

Memahami Konsep Gerak Lurus

Gerak Lurus

Gerak yang lintasannya berupa garis lurus dinamakan gerak lurus. Gerak lurus dapat kita lihat dari suatu benda, misalnya buah yang jatuh dari pohonnya dan pada mobil yang bergerak maju serta pada setiap objek yang bergerak pada lintasan lurus. Gerak Lurus dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Berikut ini penjelasannya .

  1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak lurus yang memiliki kecepatan yang tetap, sehingga nilai percepatan pada objek yang mengalami GLB adalah nol (a = 0). Misalnya ada sebuah mobil melaju dan menempuh jarak 5 meter dalam waktu 1 detik, maka untuk 1 detik selanjutnya mobil tersebut menempuh jarak 5 meter lagi, dan seterusnya. Dalam gerak lurus perlu dipahami perbedaan antara jarak dan perpindahan.

Berikut ini adalah rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB).

 

 

 

 

Keterangan :

S = Jarak (m)

T = waktu (s)

V = Kecepatan (m/s)

  1. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak benda pada lintasan lurus yang kecepatannya berubah secara teratur. Misalnya sebuah mobil melaju dengan kecepatan yang meningkat setiap detiknya, selain itu contoh GLBB yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi bisa dilihat dari buah apel yang jatuh dari pohonnya. Sehingga GLBB juga dapat dinyatakan sebagai sebagai gerak benda yang menempuh lintasan lurus dengan percepatan tetap.

Berikut ini adalah rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).

vt = vo + at

s = vo t + ½ at2

vt2 = vo2 + 2as

Keterangan :

vt = kecepatan akhir (m/s)

vo = kecepatan awal (m/s)

a = percepatan (m/s2)

t = selang waktu (s)

s = jarak tempuh (m)

Baca Juga:

Kumpulan Rumus Fisika Smp Lengkap

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Beserta Contoh 

 

Oke Otakerss itulah penjelasan singkat mengenai materi Gerak Lurus, jangan lupa baca artikel Fisika kelas 8 lainnya mengenai Gaya dan Percepatan.

 

 

 

Sumber :
materi fisika materi gaya fisika kelas 8 rumus gaya hukum newton newton 1 newton 2 newton 3 gaya gesek gaya berat gaya sejenis gerak lurus gaya lorentz medan magnet apa itu gaya contoh gaya adalah gaya dan contohnya simbol dari gaya satuan dari gaya gaya adalah besaran vektor jenis-jenis gaya gaya sentuh dan tak sentuh IPA SMP FISIKA SMP perbedaan kecepatan dengan kelajuan ciri ciri glb ciri ciri glbb ciri gerak jatuh bebas contoh gerak lurus beraturan contoh gerak lurus berubah beraturan contoh glb contoh glbb contoh glbb dalam kehidupan sehari hari contoh glbb dipercepat contoh hukum newton 1 contoh soal gerak lurus beraturan contoh soal gerak lurus smp kelas 8 contoh soal glb contoh soal glbb contoh soal glbb diperlambat contoh soal grafik glbb gambar dibawah melukiskan gerak empat mobil gerak jatuh bebas gerak lurus adalah brainly gerak lurus beraturan gerak lurus beraturan in english gerak lurus beraturan pdf gerak lurus berubah beraturan gerak lurus berubah beraturan in english gerak lurus zenius gerak melingkar adalah gerak parabola gerak parabola adalah gerak vertikal ke atas glb glbb kelas 8 glbb adalah glbb adalah brainly glbb dipercepat ticker timer glbb diperlambat grafik gerak lurus beraturan grafik glb grafik glbb grafik glbb dipercepat grafik glbb diperlambat hukum newton jarak dan perpindahan jelaskan dua macam gaya kecepatan awal sebuah benda adalah 5 m/s materi gerak lurus materi gerak lurus pdf pengertian gaya pengertian gerak jatuh bebas pengertian gerak lurus beraturan pengertian gerak lurus berubah beraturan pengertian glbb pengertian glbb diperlambat pengertian jarak perbedaan jarak dan perpindahan perbedaan kelajuan dan kecepatan percepatan adalah persamaan gerak glbb rumus gerak lurus rumus gerak lurus berubah beraturan rumus gerak vertikal ke atas rumus gjb rumus glb rumus glbb brainly rumus glbb dipercepat rumus glbb diperlambat rumus percepatan sebutkan dan jelaskan jenis jenis glbb
Cari Artikel Lainnya