Home » Kongkow » Religi Islam » Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an dan Amalan yang Baik Dilakukan

Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an dan Amalan yang Baik Dilakukan

- Jumat, 29 April 2022 | 10:00 WIB
Keutamaan Malam Nuzulul Qur'an dan Amalan yang Baik Dilakukan

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam.

Jika digabungkan, arti nuzulul quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Secara lengkap, nuzulul quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di muka bumi.

Malam Nuzulul Qur’an dimana bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran Yakni diturunkan seluruhnya dari Lauh mahfudh ke langit dunia. Pendapat lain mengatakan : ayat pertama dari al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan di malam lailatul qadr. Tafsir Al-Muyassar.

Ada lima keutamaan pada malam Nuzulul Quran diantaranya:

1. Lebih baik dari seribu bulan. Hal ini sesuai dengan firman allah SWT. “malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (QS.Al-Qadr : 3 ) Disebut lebih baik maksudnya adalah amalan dan ibadah yang kita lakukan selama satu malam dimalam nuzulul qur’an lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

2. Diampuninya dosa seseorang yang menghidupkan malam Nuzulul Qur’an. Bagaikan bayi baru lahir ke dunia, seseorang yang menghidupkan malam nuzulul Qur’an akan diampuni dosanya yang telah lalu. Hal ini sesuai dengan hadits nabi. مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه. Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”(HR. Bukhari).

3. Malam Penuh Keberkahan. Malam Nuzulul Quran juga menjadi salah satu malam yang penuh keberkahan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.” (QS. Al-Dukhan : 3) Disebut sebagai malam penuh berkah adalah karena di salah satu malam di bulan Ramadan, al-Quran diturunkan ke bumi dan malam tersebut menjadi malam yang penuh dengan keberkahan.

4. Banyaknya Malaikat Yang Turun Ke Bumi. Keberkahan malam Nuzulul Qur’an juga ditandai dengan banyak nya malaikat yang turun ke bumi termasuk malaikat jibril.

5. Malam Dimana Takdir Tahunan Dicatat. “Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Al-Dukhan : 4). Urusan yang dimaksud di sini meliputi rezeki, hidup, mati, untung, dan sebagainya. Jika pada malam Nuzulul Quran kita bisa menghidupkannya sepanjang malam, dijamin kita bukan hanya mendapatkan keberkahan sepanjang tahun tetapi juga takdir baik. Insya Allah. Itulah tadi keutamaan malam Nuzulul Quran jika kita bisa menghidupkannya di bulan Ramadan ini. Semoga kita bisa menjadi salah satu umat yang beruntung yang dapat menikmati malam Nuzulul Quran.

 

Menyambut malam Nuzulul Quran, umat muslim dianjurkan untuk berkumpul di masjid membagi satu jus per orang untuk membaca Al Quran.

Ada beberapa amalan mengisi malam Nuzulul Quran, diantaranya:

1. Membaca Al Quran

2. Tadabur Al Quran

3. Mendirikan solat malam

4. Itikaf

Sumber :
Cari Artikel Lainnya