Home » Kongkow » Tematik » Keunikan Pakaian Adat bali, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Jambi Tema 7 Kelas 4 Sd

Keunikan Pakaian Adat bali, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Jambi Tema 7 Kelas 4 Sd

- Jumat, 11 Februari 2022 | 12:11 WIB
Keunikan Pakaian Adat bali, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Jambi Tema 7 Kelas 4 Sd

Sobat Otakers tentu sudah paham, betapa beragamnya Budaya dan Adat Istiadat di Indonesia, salah satunya Pakaian Adat. Bagi bangsa Indonesia, pakaian adat termasuk salah satu kekayaan budaya.

Setiap daerah memiliki ciri khas dan keunikan pakaian adat yang berbeda-beda. Penduduk daerah biasanya mengenakan pakaian adat dalam peringatan peristiwa atau acara tertentu.

Materi pada buku Tema 7 kelas 4 SD dan MI halaman 72, otakers perhatikan beberapa gambar pakaian adat berikut. Tuliskan keunikan yang terlihat dari setiap pakaian daerah pada gambar.

Baca juga: Daftar Lengkap Nama, Gambar dan Asal Pakaian Adat di Indonesia

Adapun pakaian adat tersebut dari daerah Bali, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jambi. 

Keunikan Pakaian Adat Bali

Untuk laki-laki, pakaian adatnya terdiri dari kain tradisional yang disebut kamen. Kain itu dibentuk simpul yang melambangkan pengabdian. Pakaian adat Bali untuk laki-laki dilengkapi ikat kepala yang disebut udeng.

Untuk perempuan, juga menggunakan kamen, namun tidak dibentuk simpul. Kemudian, perempuan dapat mengenakan kebaya Bali dan selendang yang diikat seperti sabuk. Saat mengenakan pakaian adat, rambut perempuan akan disanggul dan diberi hiasan bunga.

Keunikan Pakaian Adat Kalimantan Barat

Pakaian adat Kalimantan Barat disebut dengan pakaian perang. Laki-laki mengenakan celana sepanjang lutut dan baju berbentuk rompi dengan motif khas Suku Dayak serta dilengkapi dengan ikat kepala yang memiliki bulu burung enggang gading. Sementara untuk perempuan mengenakan kain panjang dan baju berbentuk rompi yang juga dilengkapi ikat kepala.

Keunikan Pakaian Adat Jawa Barat

Pakaian adat dari Jawa Barat adalah Kebaya Sunda. Kebaya dari daerah Jawa Barat ini memiliki warna terang seperti puti, merah, ungu muda, atau kuning. Kebaya ini kerap dipadukan dengan beragam aksesoris seperti kalung, gelang, cincin, tusuk konde, dan giwang agar nampak anggun. Hiasan mahkota yang digunakan wanita juga membuatnya lebih menawan. Sementara untuk laki-laki akan menggunakan jas beludru yang disulam dengan benang emas.

Keunikan Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Suku Bugis di Sulawesi Selatan memiliki baju adat yang tak kalah unik dan mempesona, yaitu Baju Bodo. Sebuah baju adat Suku Bugis yang diperuntukkan untuk wanita.

Ciri khas dari Baju Bodo adalah berbentuk segi empat dengan bagian lengan yang pendek. Baju Bodo biasanya terbuat dari kain muslin yang disebut baju dodo, menggunakan aksesoris kepala berbentuk selempang.

Pakaian pria terbuat dari kain lipa disebut baju balla dada, biasanya berwarna merah, biru, dan hitam, penutup kepala dari daun lontar yang dinamakan passapu. 

Keunikan Pakaian Adat Jambi

Pakaian terbuat dari kain beludru, menggunakan sarung songket untuk pria, penutup kepala pria terbuat dari kain beludru, penutup kepala wanita berbentuk duri pandan yang disebut pesangkon, sarung songket untuk wanita terbuat dari benang sutra, menggunakan selendang dan hiasan lain.

Nahh otakers, bagaimana dengan pakaian adat di provinsi tempat tinggalmu?

Sumber :
Cari Artikel Lainnya