Home » Kongkow » Kesehatan » Keseringan Konsumsi Makanan Ini dengan Susu Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Keseringan Konsumsi Makanan Ini dengan Susu Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

- Rabu, 13 Mei 2020 | 11:00 WIB
Keseringan Konsumsi Makanan Ini dengan Susu Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya

Siapa yang tak suka dengan susu. Bisa dibilang hampir semua orang menyukainya. Mungkin hanya segelintir orang saja yang tak suka susu karena beberapa hal, misalnya tak suka dengan baunya atau alergi susu. Susu merupakan salah satu produk olahan protein hewani dari sapi yang sangat sehat untuk dikonsumsi.

Meski susu indentik dengan hasil perahan sapi, namun olahan dari susu sudah dapat dinikmati dan tetap menghasilkan sumber protein bagi tubuh. Misalnya, manfaat susu kedelai yang mengandung protein nabati. Setiap 100 gram susu mengandung sekitar 75 kalori.

Selain itu, susu juga mengandung protein, kalsium, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin K, natrium, magnesium, dan kalium. Kandungan-kandungan itu bermanfaat bagi banyak hal kesehatan, misalnya meningkatkan kekuatan tulang, membantu pembentukan otot dan sebagainya.

Namun, di balik sehatnya susu, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan minuman sehat ini karena bisa menyebabkan berbagai penyakit. Lalu, apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan susu? Simak penjelasan berikut!

# Susu dan teh

Mencampurkan susu dan teh sering dilakukan sebagian besar. Rasanya akan sangat berbeda dan lezat. Saat ini, terdapat banyak produk minuman yang mencampurkan susu dan teh.

Namun ada hal yang perlu diwaspadai sebab ada manfaat yang hilang. Kandungan antioksida pada teh tidak akan terserap dengan baik oleh tubuh, karena diikat oleh protein susu. Sementara, antioksidan pada teh baik untuk mencegah diabetes dan penyakit jantung.

# Susu dengan cokelat

Cokelat, jika disatukan dengan susu memang memiliki rasa yang enak. Tapi jika memiliki kebiasaan ini, mulai sekarang cobalah untuk menghentikannya. Kandungan asam oksalat pada coklat tidak cocok dengan zat kalsium yang terkandung di susu. Jika dicampurkan, kalsium tidak akan bisa larut.

Hal itu bisa menimbulkan efek perut sakit alias diare. Selain itu rambut akan mengering dan bisa memperlambat pertumbuhan tubuh.

# Susu dan pisang

Kebanyakan orang suka dan sering mengkombinasikan susu dan pisang. Dua-duanya memiliki rasa yang sangat lezat. Tapi tak banyak yang tahu, mengkombinasikan keduanya sangat tidak dianjurkan. Susu mengandung banyak protein, vitamin dan mineral seperti riboflavin, kalsium, dan vitamin B 12. Sedangkan pisang adalah buah yang diperkaya oleh vitamin B6, mangan, vitamin C, serat makanan, kalium, dan biotin.

Kalau begitu, mengonsumsi bersamaan pisang dan susu memiliki manfaat yang besar untuk tubuh, kan? Anggapan itu tidak benar. Menurut penelitian, mengonsumsi pisang dan susu bersama akan mengganggu sistem pencernaan. Bukan hanya itu, konsumsi pisang dan susu bersamaan akan menyebabkan gangguan sinus.

# Susu dan alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi. Jika dikombinasikan dengan susu yang kaya akan protein, akan menyebabkan kelebihan protein. Hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena bisa menyebabkan asam urat dan diabetes.

# Susu dan nangka atau nanas

Mencampur nangka atau nanas dan susu bukanlah solusi terbaik untuk kesehatan tubuh. Bromelain yang terkandung pada nangka dan nanas dapat memperburuk berbagai zat gizi dalam susu. Lebih baik untuk menghindari kebiasaan buruk ini agar pencernaan dan kondisi tubuh dapat terjaga dengan baik.
 

Cari Artikel Lainnya