Home » Kongkow » IPA » Kelebihan dan Kekurangan Energi Alternatif

Kelebihan dan Kekurangan Energi Alternatif

- Senin, 01 Maret 2021 | 11:00 WIB
Kelebihan dan Kekurangan Energi Alternatif

Energi alternatif adalah istilah yang digunakan untuk segala bahan atau sumber energi yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari energi fosil yang selama ini digunakan oleh manusia untuk berkehidupan. Energi alami ini disebut-sebut mampu mengurangi kerusakan pada lingkungan dan lebih ramah lingkungan.

Adapaun beberapa contoh energi alternatif meliputi energi matahari, energi air, dan energi angin.

Menurut data statistik dari Asosiasi Energi Tenaga Angin Kanada (CanWEA), dalam satu dekade terakhir, tingkat pertumbuhan pembangkit listrik tenaga angin di seluruh dunia telah mencapai 25%. Dan pada 2020 mendatang, total nilai investasi di sektor energi tenaga angin di seluruh dunia akan mencapai 1 triliun dolar AS, dengan kapasitas listrik tahunan mencapai lebih dari 6 triliun watt per tahun. Namun kendala tenaga angin adalah dibutuhkannya lahan yang sangat luas, yang biasanya sulit untuk mendapat izin dari pemerintah, dan sulit untuk menyimpan listrik yang dihasilkan. Berikut ini beberapa Kelebihan dan Kekurangan dari adaya Energi Alternatif, antara lain

Kelebihan dan Kekurangan Energi Alternatif

Kelebihan Energi Alternatif

Salah satu keuntungan menggunakan energi alternatif adalah energi bisa terbarukan. Maksud dari terbarukan disini, energi akan senantiasa baru dan tersedia sehingga tidak terjadi krisis kelangkaan.

Kelebihan energi alternatif dibandingkan dengan energi utama adalah sumber energi yang akan kita nikmati gratis alias tidak berbayar. Jadi, ketika kita ingin menikmati sumber energi alternatif, kita tidak perlu susah susah untuk mengeluarkan biaya untuk membayar seperti minyak bumi yang mempunyai harga yang sangat mahal.

 

Kelebihan lainnya adalah Persediaan Melimpah. Sumber energi alternatif tidak akan menyebabkan kelangkaan. Ini karena sumber tersebut merupakan energi terbarukan yang tidak akan pernah habis.

Kekurangan Energi Alternatif

 

 

Kekurangan menggunakan energi alternatif adalah biaya instalasi awal tinggi, Biaya instalasi awal untuk pembangkit listrik dari energi alternatif, misalnya, relatif tinggi. Contoh, bendungan perlu dibangun untuk membuat pembangkit listrik tenaga air. Membangun bendungan termasuk relokasi penduduk melibatkan biaya yang sangat tinggi.

Dan kekurangan lainnya diantaranya adalah belum efisien, hingga saat ini, pembangkit dari sumber energi alternatif belum bisa beroperasi seefisien sumber energi konvensional. Teknologi yang tersedia saat ini belum cukup mampu menggantikan energi konvensional dengan energi alternatif.

Sumber energi alternatif tidak bisa diandalkan sepenuhnya. Ini karena sumber energi tersebut bergantung dengan faktor alam yang tidak bisa diprediksi dan diatur. Misalnya, pembangkit listrik tenaga air yang kesulitan menghasilkan listrik ketika musim kemarau.

Cari Artikel Lainnya