Home » Kongkow » Tematik » Karakteristik Tempat Hidup Hewan Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Sd

Karakteristik Tempat Hidup Hewan Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Sd

- Sabtu, 18 September 2021 | 10:09 WIB
Karakteristik Tempat Hidup Hewan Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Sd

Ciri-ciri khusus hewan mempunyai hubungan yang erat dengan karakteristik tempat hidupnya. Perhatikan contoh berikut

1. Cicak

Karakteristik: 

Apakah kamu pernah mengamati cicak merayap di dinding rumahmu?

Mengapa cicak tersebut bisa merayap di dinding? Bagaimana cicak tersebut menangkap mangsanya?

Cicak mempunyai perekat pada telapak kakinya, sehingga dapat merayap di dinding atau langit-langit rumah. Cicak juga memiliki lidah yang panjang dan lengket, sehingga dapat menangkap serangga. Cicak mempunyai ukuran rata-rata 7 hingga 10 cm. Cicak dapat memutuskan ekornya untuk melindungi diri.

Terdapat beberapa jenis cicak, yaitu cicak rumah, cicak pohon hijau, dan tokek. Cicak pohon hijau dan tokek mempunyai ukuran yang lebih besar dari cicak rumah.

2. Kelelawar

Karakteristik:

Kelelawar hidup di tempat yang gelap, seperti di atap rumah dan gua. Kelelawar mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi. Selain itu, kelelawar juga memiliki pendengaran yang baik dan peka menerima bunyi pantulan. Kelelawar mampu mendeteksi benda-benda di sekitarnya dengan bunyi pantulan tersebut.

Kelelawar adalah hewan nokturnal karena melakukan kegiatan di malam hari. Ada dua jenis kelelawar, yaitu kelelawar pemakan buah dan kelelawar pemakan serangga.

Baca Juga:

Soal Matematika Tema 3 Kelas 4 Sd Halaman 72-74

Harimau Masuk Desa KUNCI JAWABAN Tema 3 Subtema 2 Kelas 4 SD Halaman 71-72

3. Bunglon

Karakteristik:

Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan warna benda yang ada di sekitarnya, misalnya ketika berada di atas daun yang berwarna hijau, maka warnanya bisa berubah menjadi hijau. Ketika berada di batang pohon yang berwarna cokelat, maka warnanya bisa berubah menjadi cokelat.

Bunglon mengubah warna kulitnya untuk melindungi diri. Bunglon mempunyai lidah yang panjang melebihi ukuran tubuhnya.

Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis hewan yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi).

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Sd halaman 76 dan 77

Apa yang kamu ketahui tentang karakteristik tempat hidup hewan-hewan tersebut? Tulis jawabanmu pada kolom yang telah disediakan.

1. Ayam

Ciri-ciri dan karakteristik tempat hidup: Ayam tinggal di darat. Umumnya ayam tinggal di dataran rendah yang kering. Ayam merupakan hewan ternak jenis unggas. Hewan ini memiliki paruh yang berguna untuk mencari makanan.

2. Bebek

Ciri-ciri dan karakteristik tempat hidup: Bebek tinggal di darat, namun bebek juga dapat berenang di perairan karena ia memiliki telapak kaki berselaput yang membantunya untuk berenang.

3. Kucing

Ciri-ciri dan karakteristik tempat hidup: Kucing hidup di darat. Kucing merupakan hewan berkaki empat yang memiliki cakar di kakinya yang dapat digunakan untuk berburu.

Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

4. Ikan

Ciri-ciri dan karakteristik tempat hidup: Ikan hidup di perairan. Ada ikan yang hidup di air tawar, air payau, dan air laut (air asin).

Kunci Jawaban Halaman 77

Jawab pertanyaan berikut.

Apa kesimpulanmu tentang karakteristik tempat tinggal hewan di atas?

Jawaban: 

Tempat tinggal hewan mempengaruhi kehidupan hewan.

Apa perbedaan antara tempat hidup kucing dan ikan?

Jawaban: 

Kucing hidup di darat sedangkan ikan hidup di air. Kucing bernapas menggunakan paru-paru, sedangkan ikan bernapas dengan insang.

Menurutmu, apakah kedua hewan tersebut dapat hidup di tempat yang sama? Mengapa? Jelaskan alasanmu.

Jawaban: 

Kucing dan ikan tidak dapat hidup bersama-sama jika kucing hidup di air dia tidak bisa bernapas, begitu pula sebaliknya ikan jika hidup di darat akan kesulitan bernapas.

Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) berpengaruh terhadap kehidupan hewan? Jelaskan!

Jawaban: 

Keadaan iklim dan bentuk muka bumi berpengaruh terhadap kehidupan hewan. Misalnya hewan yang hidup di daerah dingin harus menyesuaikan bentuk dan fungsi tubuhnya dengan udara yang dingin. Hewan yang hidup di daerah pegunungan juga berbeda dengan hewan yang hidup di dataran rendah.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya