Home » Kongkow » Matematika » Jenis-jenis Bangun Datar Segitiga

Jenis-jenis Bangun Datar Segitiga

- Selasa, 19 April 2022 | 14:12 WIB
Jenis-jenis Bangun Datar Segitiga

Jenis-jenis bangun datar Segitiga dapat diklasifikasikan menurut besar sudut dan panjang sisinya. Segitiga sendiri merupakan bangun datar yang memiliki 3 buah sisi dan mempunyai 3 buah titik sudut.

Jenis-jenis Segitiga Menurut Besar Sudut

Jenis bangun datar segitiga menurut besar sudut terdiri dari segitiga lancip, segitiga siku-siku, dan segitiga tumpul.

a. Bangun Datar Segitiga Lancip

Jenis segitiga berdasarkan sudutnya yang pertama adalah segitiga lancip. Segitiga lancip merupakan segitiga yang sudurnya memiliki besar sudut antara 0° hingga kurang dari 90°. Sudut ini lebih kecil dari sudut siku-siku.

b. Bangun Datar Segitiga Siku-Siku

Jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya yang kedua adalah segitiga siku-siku. Pada setiap segitiga siku-siku, berlaku aturan (teorema) Pythagoras yang berbunyi “kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya”. Atau apabila panjang sisi miring adalah c, dua sisi siku-siku lainnya adalah a dan b maka hubungannya adalah: c2= a2+ b2.

c. Bangun Datar Segitiga Tumpul

Jenis-jenis segitiga berdasarkan sudutnya yang ketiga adalah segitiga tumpul. Segitiga tumpul adalah segitiga yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°. 

Baca juga:

Gambar Bangun Datar Persegi Panjang dan Rumusnya

Kekongruenan dan Kesebangunan Bangun Datar

Simetri Lipat Bangun Datar

Jenis-Jenis Bangun Datar Segitiga Menurut Panjang Sisinya

Klasifikasi segitiga menurut panjang sisinya terdiri dari segitiga sembarang, segitiga sama kaki, dan segitiga sama sisi.

1. Segitiga Sembarang

Segitiga sembarang adalah segitiga yang panjang sisi-sisinya tidak ada yang sama (kongruen). Segitiga sembarang mungkin masuk ke dalam jenis segitiga lancip atau segitiga tumpul.

2. Segitiga Sama Kaki

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang paling sedikit terdapat dua sisi yang saling sama panjang (kongruen). Segitiga sama kaki mungkin jenis segitiga lancip, siku- siku atau segitiga tumpul. Besar dua sudut pada kaki-kaki sebuah segitiga sama kaki adalah sama. Sebuah segitiga sama kaki yang siku-siku besar sudut-sudut kakinya adalah 45 derajat.

3. Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang (kongruen). Segitiga sama sisi bentuknya selalu segitiga lancip. Besar sudut-sudut dalam segitiga sama sisi adalah sama. Setiap sudut dalam sebuah segitiga sama sisi besarnya sama dengan 60 derajat.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya