Home » Kongkow » Bahasa Indonesia » Identifikasi Bagian Surat

Identifikasi Bagian Surat

4 months 'ago'

Surat Resmi

Surat resmi atau surat dinas merupakan surat yang ditujukan untuk keperluan dinas atau kelembagaan. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh sebuah lembaga pemerintah atau swasta. Bahasa surat resmi terikat oleh ketentuan-ketentuan baku. Jenis surat resmi antara lain surat undangan, surat surat pemberitahuan, surat permohonan, surat perjanjian, surat tugas, dan surat lamaran kerja.

 

Ciri-ciri surat resmi antara lain :

  • Menggunakan kop surat apabila dikeluarkan organisasi
  • Ada nomor surat, lampiran, dan perihal
  • Menggunakan salam pembuka dan penutup yang lazim
  • Penggunaan ragam bahasa resmi
  • Menyertakan cap atau stempel dari lembaga resmi
  • Ada aturan format baku

 

Bagian-bagian surat resmi adalah sebagai berikut

https://lh5.googleusercontent.com/proxy/gtvIbR4yApIK36l4CDyxdI-8je3Zvztg9tWZVFoTu5mVF9VI5phoPdO8CQ5Icm27XNjubL2RT_r67WAvqgLA6WUbmQFH_KDs6DW9QCfq3uYO7zJ6SeHx=s0-d

KETERANGAN
1. Kepala surat.
2. Tanggal surat.

3. Nomor surat

4. Lampiran

5. Perihal
6. Alamat surat.
7. Salam pembuka.
8. Isi surat.
9. Penutup.
10. Identitas pengirim
.

 

Perbedaan Surat Resmi dan Tidak resmihttps://1.bp.blogspot.com/-xqFUQBoMzBw/X1jwuoBQBvI/AAAAAAAACCI/W-huk9EL0kk7yTJ3hbGQH7crLs4LlqLzACLcBGAsYHQ/s602/4.png

Kalimat Efektif dalam Surat Undangan
Surat undangan adalah Surat yang berisi ajakan atau mengundang dari orang lain kepada sekelompok orang atau masyarakat umum. Surat udangan dapat di pakai untuk keperluan resmi/ setengah resmi atau tidak resmi. Salah satu kemampuan yang ingin diujikan pada soal melengkapi surat undangan adalah mengenai penggunaan kalimat efektif.


Kalimat efektif adalah kalimat yang memperhatikan EYD dan tidak berbelit-belit, kalimat ini memiliki enam syarat Kesatuan, Kehematan, Keparalelan, Kelogisan, Kepaduan dan Ketepatan.

Kalimat efektif adalah kalimat yang tersusun sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku dan memperhatikan penempatan tanda baca serta pemilihan kata yang tidak memiliki maksud yang rancu atau berbelit-belit.

Kalimat efektif termasuk dalam kalimat yang baik karena pembaca dapat memahami apa yang dipikirkan atau dirasakan oleh penulis dengan jelas tanpa menimbulkan salah paham.

utakatikotak
0
utakatikotak
165
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :