Home » Kongkow » Catatan » Guru Idola Bagi Para Siswanya

Guru Idola Bagi Para Siswanya

Guru Idola Bagi Para Siswanya

Guru merupakan sebuah kata yang agung, guru merupakan orang berpengalaman, orang yang mampu mengubah seseorang dari yang tidak bisa menjadi bisa, orang tidak penting menjadi penting, orang bodoh menjadi pintar, orang tidak berguna menjadi berguna. Tiada kata yang dapat diungkapkan lebih baik, lebih berjasa dan agung dari seorang guru.

Berkaca dari sudut pandang seorang yang mempunyai jabatan guru, dia merupakan pekerjaan mulia, dan sangat dipandang dan dihormati di tengah masyarakat, guru apapun baik guru mengajar di tempat formal maupun informal, guru merupakan panutan, yang sepatutnya ditiru dan diteladani.

Baca juga: Sejarah Lahirnya Hari Guru Nasional Tiap 25 November

Penuntun merupakan sebuah kewajiban dan keharusan yang diemban seorang guru, penuntun dalam melaksanakan kewajiban, penuntun dalam beribadah, penuntun dalam ilmu keduniawian, gurulah yang mampu menghantarkan seseorang ke dalam jalan lebih baik dari sebelumnya. Penuntun merupakan tempat bersandar bagi seseorang yang memiliki kekurangan, sehingga dengan adanya penunutun, mampu menutupi kekurangan tersebut.

Bagi yang mengajar di madrasah atau di mana pun, menjadi sebuah tanggug jawab untuk memberikan bimbingan dan penuntun bagi siswanya dalam menimba ilmu pengetahuan. Namun alangkah indah dan mulianya, apa yang diajarakan menjadi sebuah amal perbuatan yang selalu dikenang siswa sepanjang hidupnya.

Ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum mempunyai nilai yang sama, pada setiap sumber pelajaran tersebut. Selalu mengerucut kepada sang pencipta, sebagai finis dari sebuah mata pelajaran. Tetapi untuk guru yang mengajar di tingkat dasar, pandai-pandailah mengaitkan pelajaran ke arah ilmu agama, pelajaran matematika, jadikanlah metematika agama, Pkn, IPS, IPA, Pjok, Sbdb, dan semua mata pelajaran umum, kaitkanlah semua mata pelajaran tersebut, agar selalu bersentuhan ke arah agama.

Baca juga: Makna Hari Guru Sedunia di Masa Pandemi

Semua pelajaran berkaitan dengan hidup dan kehidupan, mampu menuntun peserta didik memperoleh kebahagian dunia dan akhirat.

Di sinilah guru perlu menjadi tontonan yang mampu membelokan kekaguman mereka pada artis-artis yang seharusnya tidak mereka kenal, guru harus mampu menghadirkan pada setiap pertemuan. Bahkan setiap hari pertemuan dengan gurunya, adalah merupakan kesempatan menyenangkan bagi siswa.

Guru tidak perlu tampil bak artis sinetron, guru hanya diharuskan mampu memahami dan mengerti apa yang siswanya inginkan dan dapatkan. Ketika guru paham dan terjalin perasaan emosi saling memahami, maka kebutuhan siswa terhadap guru akan terpenuhi. Siswa akan merasa gurunya adalah jalan keluar permasalahannya, gurunya adalah penolongnya, pemerhatinya, dan jalan keluar bagi setiap kesusahannya.

Maka guru seperti ini akan mampu menjadi idola, yang selalu diharapkan dan dinantikan bagi siswanya.

Tak kalah penting kepribadian guru, di hadapan para siswanya, sepatutnya guru menampilkan sesuatu yang dikagumi siswa sambil diberikan arahan ketika menjadi penuntun dan tontonan dalam kehidupan siswa.

Intinya guru sebagai penuntun dan yang ditonton siswanya, mampu menjadi figur yang wajib dicontoh bagi siswanya dan orang sekelilingnya. Berbuat sesuai apa yang dikatakannya, bertingkah polah sopan, santun, dan bijaksana, mampu menyenangkan orang- orang sekelilingnya. Terlebih siswanya, penuh kasih sayang pada sesama, arif dan bijaksana dalam memutuskan suatu perkara. Semoga semua guru mampu menjadi idola bagi para siswanya.

Cari Artikel Lainnya