Home » Kongkow » Rekayasa Perangkat Lunak » Fungsi Tombol FN pada Keyboard Laptop dan Kegunaannya

Fungsi Tombol FN pada Keyboard Laptop dan Kegunaannya

- Rabu, 03 Maret 2021 | 13:00 WIB
Fungsi Tombol FN pada Keyboard Laptop dan Kegunaannya

Dalam banyak hal, fungsi keyboard pada laptop mirip dengan tombol pada keyboard standar. Perbedaan datang dalam penggunaan kunci "F", atau fungsi tombol. Kegiatan aktual dan ikon tombol ini mungkin berbeda dengan desain komputer.

Kunci “FN” bekerja sebagai pengubah. Perubahan ini atau memodifikasi fungsi kunci lain, seperti kunci “shift”. Ketika menekan tombol pengubah ini yang dikombinasikan dengan tombol fungsi dari baris atas keyboard komputer laptop Anda, Anda dapat mengontrol beberapa proses komputer.

Wireless Off / On

Tekan tombol FN dan tombol F1 pada saat yang sama. Ini akan mengaktifkan layanan nirkabel pada laptop Anda dan mematikannya. Ikon dapat terlihat seperti garis vertikal dengan setengah lingkaran meniru gelombang radio.

Mute

Tombol mute untuk kebanyakan laptop disertakan dengan tombol F3. Ketika Anda menekan tombol FN pada saat yang sama dengan F3, suara Anda akan mute (bisu). Ikon akan muncul gambar speker dengan “X” di atasnya.

Volume

Menekan pada tombol F4 dengan tombol FN akan mengubah volume laptop Anda ke turun. Tekan tombol F5 dengan tombol FN untuk mengubah volume suara laptop naik. Ikonnya adalah gambar speker dengan arah panah yang menaik.

Touch Pad (penel sentuh)

Panel sentuh pada komputer Anda adalah kotak kecil tenpat Anda menjalankan jari Anda di atasnya untuk memindahkan kursor di layar. Untuk beralih dan mematikan, tekan tombol FN sambil menekan F6. Gambar yang mewakili fungsi pada tombol tersebut tampak seperti mouse komputer.

Kecerahan

Menekan F8 dan F9 dengan FN akan mengatur kecerahan pada layar laptop Anda. F8 meredupkan layar, sementara F9 membuatnya cerah. Ikon dengan gambar matahari dengan panah atas dan bawah.

Monitor

Tombol F10 ditambah FN bekerja jika Anda memiliki monitor eksternal terpasang pada laptop Anda. Kunci ini akan memungkinkan Anda untuk beralih antara dua layar. Setelah memasukkan monitor eksternal ke laptop Anda, Anda harus menggunakan fungsi ini sehingga komputer akan mengaktifkan layar eksternal, mematikan layar built-in pada laptop. Gambar pada tombol diwakili dengan ikon monitor.

Kipas

F11 dirancang untuk menempatkan kipas komputer ke mode silent. Ketika Anda menekan tombol FN dan F11 bersama-sama, ini akan menurunkan kecepatan kipas Anda, membuatnya lebih tenang tetapi kurang efektif. Ini bekerja dengan baik jika Anda tidak menggunakan komputer Anda untuk aplikasi kinerja tinggi. Ikon akan ditunjukan dengan gambar kipas.

Sleep

Tombol F12 menempatkan komputer Anda ke mode sleep saat ditekan dengan FN. Ini adalah jalan pintas untuk menghemat energi jika Anda tidak akan bekerja pada komputer untuk sementara waktu. Ikonnya merupakan sebuah gambar bulan.

Cari Artikel Lainnya