Home » Kongkow » Rekayasa Perangkat Lunak » Fungsi Logika dalam Microsoft Excel

Fungsi Logika dalam Microsoft Excel

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 13:00 WIB
Fungsi Logika dalam Microsoft Excel

Fungsi Logika Pada Excel

Fungsi logika digunakan jika kita memerlukan suatu pernyataan logika. Untuk menggunakan pernyataan logika ini diperlukan salah satu operator logika sebagai berikut.

  • = sama dengan

  • < lebih kecil dari

  • > lebih besar dari

  • <= lebih kecil sama dengan

  • >= lebih besar dari

  • <> tidak sama dengan

  • #AND# logika DAN

  • #OR# logika ATAU

  • #NOT# logika TIDAK

Pada Microsoft Excel terdapat fungsi logika IF. Fungsi logika IF merupakan fungsi untuk mengambil keputusan berdasarkan alternatif yang ada. Pada umumnya fungsi logika IF mempunyai bentuk berikut ini. =IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false]). Bila kondisi benar atau sesuai logical_test maka perintah value_if_true yang dilaksanakan, tapi jika salah maka perintah value_if_false yang akan dilaksanakan.

Baca Juga:

Jenis Fungsi Statistik dalam Ms Excel dan Contohnya

Formula Operator Aritmatik Pada Ms Excel Beserta Fungsi dan Contohnya

Fungsi logika yaitu digunakan untuk membandingkan dua atau lebih suatu kondisi tertentu, fungsi-fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut :

1.  Fungsi IF

IF untuk memberikan ketentuan dari membandingkan dua kriteria, sedangkan jika lebih menggunakan rumus IF bertingkat.

Fungsi IF ini mungkin adalah salah satu fungsi rumus excel yang paling sering digunakan. Fungsi ini membantu membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.

Rumus IF berguna untuk mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE.

Rumus fungsi IF:

=IF (logical_test, value_if_true, value_if_false)
=IF(C5<6;”Tidak Lulus“;”Lulus“)

2. Fungsi OR

Fungsi OR yaitu digunakan untuk  membandingkan dua atau lebih suatu kondisi sehingga menghasilkan nilai TRUE jika semua terpenuhi dan FALSE jika salah satu tidak terpenuhi.
contoh : 

=OR(logical1; logical2; ...)
=IF(OR(C4<60;D4<60;E4<60);”Tidak Lulus“;”Lulus“)

3. Fungsi AND

 

AND merupakan rumus fungsi logika pada Excel yang berguna untuk menghasilkan nilai TRUE, jika semua argument yang diuji bernilai benar. Jika FALSE, maka semua atau salah satu argument bernilai salah.

Rumus fungsi AND:

=AND (logical1; logical2; ...)

=IF(AND(C4<60;D4<60;E4<60);”Tidak Diterima“;”Diterima“)

4. Fungsi NOT

Fungsi NOT memang terbilang unik, yaitu digunakan untuk mengembalikan keadaan jika logikanya bernilai TRUE berubah jadi FALSE dan sebaliknya jika fungsi logikanya FALSE jadi TRUE.

contoh :

=NOT(A4=B4) 

5. Fungsi IFERROR

Fungsi IFERROR yaitu digunakan untuk mengecek jika terjadi kesalahan atau eror, bila terjadi kesalahan pada rumus excel maka akan muncul pesan eror seperti #DIV/0, # VALUE, #N/A dst, untuk menghilangkan atau menganti pesan error tersebut kita bisa menggunakan fungsi IFERROR.

contoh :

=IFERROR(A8/B8;””)

Terimakasih semoga bemanfaat.

 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya