Home » Kongkow » Olahraga » Firman Utina, Pahlawan Timnas Indonesia di Piala AFF

Firman Utina, Pahlawan Timnas Indonesia di Piala AFF

- Senin, 22 Maret 2021 | 22:34 WIB
Firman Utina, Pahlawan Timnas Indonesia di Piala AFF

SEBAGAI negara terbesar di Asia Tenggara dan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia, kadang pencinta sepak bola nusantara menjadi ciut kalau berbicara soal prestasi. 

Bagaimana tidak, prestasi terbaik Indonesia sampai detik ini hanya dua medali emas sepak bola di SEA Games 1987 dan 1991. 

Selebihnya adalah cerita nyaris-nyaris. Nyaris lolos ke Piala Dunia setelah tidak lagi bernama Hindia Belanda, hingga nyaris juara Piala AFF. 

Di tengah keringnya prestasi sepak bola Timnas Indonesia, ternyata menyempil satu tinta emas. 

Tepatnya di Piala AFF, turnamen regional paling ingar-bingar di Asia Tenggara. Kita bisa melirik ke cerita indah Firman Utina yang dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala AFF 2008. 

Perannya di lapangan tengah Timnas Indonesia saat itu dianggap memberi warna tersendiri. 

Mampu mempengaruhi secara keseluruhan permainan skuat nasional. Bermain di posisi gelandang serang, Firman Utina adalah jaminan mutu lapangan tengah Indonesia. Hingga sekarang belum ada pemain Indonesia lagi yang terpilih sebagai pemain terbaik Piala AFF. 

Ada yang pernah menjadi topscorer Piala AFF seperti Ilham Jaya Kesuma dan Bambang Pamungkas. 

Tapi rasanya label pahlawan sepak bola Indonesia di lapangan hijau untuk Piala AFF lebih tepat diberikan kepada Firman Utina. 

Walaupun sekali lagi prestasi individu Firman Utina ketika itu, tidak dibarengi dengan gelar juara karena Indonesia lagi-lagi hanya menjadi runner-up.***

Sumber : .
Cari Artikel Lainnya