Home » Kongkow » Film » Film Kartun Anak-anak yang Mendidik

Film Kartun Anak-anak yang Mendidik

- Kamis, 24 Desember 2020 | 10:00 WIB
Film Kartun Anak-anak yang Mendidik

Mendidik anak-anak memiliki karakter positif bisa dilakukan melalui berbagai cara ya, Ma. Terkadang orangtua pun memiliki media tersendiri dalam memberikan gambaran berperilaku yang baik agar bisa diterapkan oleh anaknya.

Film menjadi salah satu media yang cukup bisa diberikan. Melalui film, si Kecil bisa melihat berbagai visual gambar yang menarik sekaligus mendapatkan berbagai pesan positif dari tontonannya.

Jika Mama ingin mengetahui jenis film kartun apa saja yang paling mendidik untuk si Kecil, berikut rangkumannya.

Yuk, luangkan waktu untuk menonton bersama si Kecil

1. Zootopia 

1. Zootopia 

IMDb.com/Zootopia

Zootopia termasuk film kartun anak-anak yang menceritakan mengenai seekor kelinci bernama Judy Hoppps yang masuk akademi kepolisian di Zootopia Police Department (ZPD). 

Berbeda dengan teman-temannya Judy seperti seekor badan dan macan yang cocok untuk masuk akademi kepolisian, Judy dianggap lemah karena bertubuh mungkin. Judy pun selalu hanya diberikan tugas yang mudah yaitu sebagai petugas parkir. 

Selain lucu, Zootopia yang ditonton oleh anak-anak memberikan pesan mendidik seperti berusaha melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh, tidak menganggap remeh orang lain dan selalu percaya dengan kemampuan sendiri. 

2. The Good Dinosaur

2. The Good Dinosaur

IMDb.com/The Good Dinosaur

Film The Good Dinosaur menceritakan tentang persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus berjenis Apatosaurus. Dinoasurus bernama Arlo ini harus menempuh perjalanan panjang yang mengharuskan dirinya lebih berani. 

Namun, Arlo tidak sendiri dalam menempuh perjalanannya karena ada anak manusia yang ikut membantu. Beberapa pesan moral yang terdapat di film The Good Dinosaur, seperti: 

  • Belajar mengelola rasa takut.

  • Memberikan gambaran mengenai sahabat sejati.

  • Menanamkan tanggung jawab kepada anak-anak.  

  • Memberikan pemahaman bahwa keluarga adalah segalanya. 

  • Sabar menanti karena semua akan indah pada waktunya. 

  • Membantu anak-anak menanamkan kebaikan di setiap perbuatannya ke orang lain.

3. Inside Out

3. Inside Out

IMDb.com/Inside Out

Inside Out termasuk salah satu film yang cukup digemari anak-anak karena memiliki cerita menarik. Film ini menggambarkan tentang apa yang terjadi dalam pikiran seorang anak manusia bernama Riley.

Gadis kecil berusia 11 tahun ini menghadapi kegelisahan karena dirinya harus ikut pindah ke San Francisco mengikuti kepindahan kerja dari sang Ayah. 

Saat pindah bersama ayahnya, Riley perlu menyesuaikan diri dengan suasana baru. Mulai dari lingkungan rumah baru, sekolah baru hingga teman-teman barunya. Kondisi inilah yang membuat Riley merasakan beragam emosi di dalam dirinya seperti bahagia, sedih, marah, takut hingga perasaan jijik bercampur menjadi satu. 

Kelima perasaan ini digambarkan hidup dan memiliki markas yang berpusat pada pikiran Riley. Beberapa pesan moral yang terdapat di film Inside Out, seperti: 

  • Memperkenalkan jenis-jenis perasaan kepada anak. 

  • Memberikan arahan dalam mengelola emosi yang baik agar tetap terkendali.

  • Belajar menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam situasi apapun.

4. How To Train Your Dragon

4. How To Train Your Dragon

IMDb.com/How To Train Your Dragon

Mama sudah mengajak nonton film How To Train Your Dragon bersama si Kecil belum nih? Film ini berceritakan mengenai kisah seorang remaja bernama Hiccup yang memiliki calon penerus tahta kepemimpinan. 

Dalam kepemimpinaannya, Hiccup cukup dilema karena dirinya bersahabatan dengan seekor naga bernama Toothless. Padahal penduduk yang dipimpinnya sangat membenci naga dan selalu berkeinginan dalam berperang dengan naga. 

Dilema yang terjadi pada Hiccup untuk selalu memercayai kata hatinya dan mencari cara yang tepat untuk memenangkan hati para penduduk.Beberapa pesan moral yang terdapat di film How To Train Your Dragon, seperti: 

  • Belajar untuk mendengarkan kata hati sendiri.

  • Selalu membutuhkan kehadiran orang lain yang bisa dipercaya untuk bertukar pikiran. 

  • Berusaha untuk berjuang dan berani dalam mengejar mimpi. 

5. Coco

5. Coco

IMDb.com/Coco

Coco termasuk film animasi yang identik sebagai hiburan keluarga apalagi diperankan oleh anak-anak. Film ini menceritakan tentang seseorang anak laki-laki bernama Miguel, dirinya digambarkan sebagai anak yang mencintai musik.

Namun, sayangnya Miguel tumbuh di keluarga yang sangat membenci musik dan percaya bahwa musik adalah sebuah kutukan. Dalam film ini, Miguel berjuang mempertahankan mimpinya hingga berpetualangan ke dunia orang yang sudah mati. 

Coco bukan hanya film animasi yang menggambarkan kelucuan atau keceriaan saja, namun tersimpan pesan moral tersembunyi. Beberapa pesan moral yang terdapat di film Coco, seperti: 

  • Mengingatkan mengenai kejujuran pada anak.

  • Belajar menghibur diri sendiri dan orang lain untuk menghilangkan suasana duka.

  • Semakin memperkenalkan bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga.

  • Mengajarkan untuk meraih mimpi dan cita-cita. Setiap mimpi layak untuk diperjuangkan. 

6. Kung Fu Panda

6. Kung Fu Panda

IMDb.com/Kung Fu Panda

Kung Fu Panda termasuk salah satu film yang menggemaskan. Dibalik kelucuan dari Po, dirinya memiliki kekuatan yang luar biasa. Po digambarkan tidak hanya memiliki kekuatan fisik saja, namun memiliki impian serta kemauan untuk bekerja keras agar bisa menjadi sosok yang luar biasa. 

Saat menonton film Kung Fu Panda beraama si Kecil, Mama dapat memberikan pembelajaran mengenai mimpi dan cita-cita. Saat anak mama sudah memiliki cita-cita atau impian tertentu, maka teruslah dikejar. Usahakan tidak menghiraukan pandangan orang lain mengenai hidup serta cita-cita tersebut karena semuanya ada di tanganmu. 

7. Cars

7. Cars

IMDb.com/Cars

Film Cars yang menceritakan berbagai karakter mobil cukup disenangi oleh anak-anak. Dalam dalam film ini akan menceritakan mengenai persahabatan serta perselisihan antar karakter mobil-mobil. 

Jika diperhatikan, ada adegan yang cukup menyentuh yaitu saat McQueen berusaha mengerem dan menghampiri The King lalu mendorongnya hingga ke garis finish. Padahal di kesempatan tersebut McQueen bisa saja tidak perlu membantu The King, sehingga dirinya bisa berkesempatan untuk menjadi juara. 

Dalam film ini memberikan pembelajaran bahwa kemenangan bukanlah segalanya. Perlu disadari bahwa ada hal yang lebih berharga daripada sekadar kemenangan. 

Sama seperti film animasi lainnya, film Cars memiliki pesan moral tersendiri. Salah satunya untuk tidak selalu bergantung dengan orang lain. Berusahalah yakin dengan kemampuan diri sendiri. 

Selain itu anak mama akan belajar kalau saat memiliki keinginan atau impian luar biasa, ada baiknya selalu berjuang untuk mendapatkannya.

Itulah beberapa film kartun yang mendidik dan memberikan berbagai pembelajaran baru kepada anak-anak. Semoga hanya dengan menonton film, anak mama bisa terus memiliki perilaku positif sesuai harapan. 

Cari Artikel Lainnya