Home » Kongkow » Fisika » Contoh Soal dan Pembahasan Rangkaian Listrik

Contoh Soal dan Pembahasan Rangkaian Listrik

- Jumat, 06 Agustus 2021 | 10:22 WIB
Contoh Soal dan Pembahasan Rangkaian Listrik

 

 

 

1. Terdapat hambatan listrik dalam sebuah rangkaian listrik. Di dalam sebuah rangkaian listrik disamping itu sebuah baterai dipasang pada rangkaian listrik tersebut meski demikian rangkaian listrik tersebut tidak dialiri oleh arus listrik. Mengapa demikian? Jelaskan alasanmu!

Jawaban:

Hal ini dikarenakan baterai tidak mampu untuk bertahan lama dan memakai banyak energi selain itu juga energi listrik dan baterai tidak bisa digunakan secara bersamaan.

2. Rangkaian listrik dibedakan menjadi 2 macam, yaitu rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup. Yang dimaksud rangkaian listrik terbuka adalah ....

Jawaban:

Rangkian listrik terbuka adalah rangkaian listrik yang dirangkai dengan sedemikian rupa, dimana salah satu bagian arusnya terbuka sehingga tidak terjadi aliran listrik di dalam nya

Penjelasan: Rangkaian listrik disebut juga uraian listrik/ hubungan listrik rangkaian listrik adalah hubungan antar sejumlah alat-alat listrik seperti misalnya stop kontak, sakelar, dll. Rangkaian listrik dibedakan menjadi 2 yaitu rangkaian listrik terbuka dan tertutup.

Rangkaian tertutup adalah rangkaian alat-alat listrik yg di susun sedemikian rupa sehingga arus listrik dalam rangkian dapat mengalir (saklar tertutup). Sedangkan Rangkaian terbuka adalah rangkaian alat-alat listrik demikian rupa sehingga tidak terjadi aliran listrik dalam rangkaian di sebut juga rangkaian terputus (saklar terbuka).

3. Dalam suatu rangkaian listrik, arus listrik hanya akan mengalir dalam rangkaian yang?

Jawaban:

Arus listrik hanya mengalir pada rangkaian tertutup.

Pembahasan: Syarat arus listrik dapat mengalir adalah ada beda potensial antara dua kutub. Kedua kutub dihubungkan dengan konduktor (penghantar) listrik dalam rangkaian tertutup.

Arus listrik yang dihasilkan oleh sumber tegangan listrik dengan perbedaan potensial antar dua ujung penghantar (atau konduktor), akan mempunyai arah dari tempat dengan potensial listrik tinggi ke rendah. Atau, arus listrik bergerak dari kutub positif ke kutub negatif melalui pengantar dalam rangkaian terutup.

Rangkaian tertutup artinya rangkaian ini menghubungkan kutub postif dan negatif sumber arus listrik.Arus listrik akan terus mengalir selama masih ada perbedaan potensial atau muatan listrik dari sumber listrik. Bila semua elektro sudah mengalir dari kutub negatif ke kutub positif, maka arus listrik akan berhenti.

4. Rangkaian listrik yang di gunakan di rumah adalah rangkaian listrik

Jawaban:

Paralel

Pembahasan: Rangkaian paralel adalah rangkaian listrik yang disusun secara berdampingan, kutub positif bertemu dengan kutub positif. Rangkaian listrik di rumah rumah sebagian besar menggunakan rangkaian paralel.

Hal ini karena tidak semua perangkat listrik dinyalakan secara bersamaan. Karena itu digunakan rangkaian paralel agar bisa dinyalakan dan dimatikan secara bergantian. Rangkaian paralel pun tidak memengaruhi perangkat listrik lain saat salah satunya dinyalakan atau dimatikan. Karena itu sangat cocok untuk penggunaan listrik di rumah.

5. Rangkaian listrik yang dimulai dari satu titik dan berakhir pada titik itu pula disebut....

Jawaban:

Rangkaian listrik tertutup

Pembahasan: Rangkaian tertutup adalah rangkaian alat-alat listrik yg di susun sedemikian rupa sehingga arus listrik dalam rangkian dapat mengalir (saklar tertutup).

6. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel‚Äč

Jawaban:

Perbedaan rangkaian seri dan paralel adalah: Rangkaian seri memiliki hambatan total yang lebih besar dari pada rangkaian paralel. Besar kuat arus di setiap hambatan pada rangkaian seri sama besar, sedangkan pada rangkaian paralel berbeda di setiap hambatan.

7. Sebutkan 3 masing-masing kelebihan dan kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel

Jawaban:

a. Rangkaian Seri

Kelebihan Listrik Seri:

  • Jumlah kabel penghantar yang dibutuhkan pada rangkaian seri lebih sedikit atau hemat kabel.

  • Biaya pemasangan lebih murah.

  • Meskipun hambatan pada masing-masing beban tidak sama, beban tetap dilalui besar arus yang sama.

Kekurangan listrik seri:

  •  jika salah satu mati, maka beban yang lain juga ikut mati

  • Pembagian arus listrik yang tidak merata

  • Nyala lampu lebih redup.

b. Rangkaian Paralel

Keuntungan rangkaian paralel

  •  Jika salah satu beban mati, maka beban yang lain tidak ikut mati

  • Dapat manaikkan arus pada sumber listrik

  • efisien dalam menghantarkan tegangan

  • pembagian listrik lebih merata

Kerugian rangkaian paralel

  • Biaya lebih mahal

  • Kurang efisien dalam menghantarkan arus listrik

  • Arus yang mengalir besarnya berbeda

  • Rangkaian yang dibuat lebih sulit dan analisa kerusakan sukar

8. Apakah perbedaan antara rangkaian listrik tertutup dan rangkaian listrik terbuka?

Jawaban:

Rangkaian listirik terbuka tidak dapat mengalirkan arus karena jalannya arus diputus (dibuka). Contoh: lampu tak menyala.
Sedangkan rangkaian tertutup dapat dialiri listrik pada beban dan juga pada sumber. Contoh: lampu menyala.

Sumber :
Cari Artikel Lainnya