Home » Kongkow » Sosiologi » Contoh Kesenjangan Sosial di Masyarakat dan Bentuk-bentuknya

Contoh Kesenjangan Sosial di Masyarakat dan Bentuk-bentuknya

- Selasa, 06 September 2022 | 19:00 WIB
Contoh Kesenjangan Sosial di Masyarakat dan Bentuk-bentuknya

Kesenjangan sosial adalah gejala yang muncul karena adanya perbedaan baik dalam hal keuangan atau yang lainnya di antara masyarakat suatu daerah tertentu.

Beberapa faktor penyebab terjadinya kesenjangan sosial diantaranya adanya perbedaan Sumber Daya Alam, kebijakan pemerintah, pengaruh Globalisasi, kondisi demografis, letak dan kondisi geografis daerah.

Dampak dari adanya kesenjangan sosial yang paling menonjol adalah banyaknya pengangguran dan kemiskinan. Kedua dampak tersebut pada akhirnya bisa memicu dampak lainnya yaitu maraknya kasus kejahatan di masyarakat. Selain itu, kesenjangan sosial juga menyebabkan target pasar menjadi tidak jelas.

Bentuk - bentuk Kesenjangan Sosial

Dilihat dari bentuknya, kesenjangan sosial memiliki 4 bentuk antara lain.

1. Kesenjangan Sosial antara Desa Dan Kota

Kesenjangan sosial antara orang desa dengan orang kota tentu saja berbeda jauh. Sebagai contoh masyarakat di desa, tidak banyak memiliki alternatif pekerjaan menjanjikan yang bisa mereka lakukan. Salah satu pilihan mereka adalah bertani. Padahal kita tahu bahwa hasil panen petani dihargai murah, padahal perawatannya mahal. 

Sedangkan dari pihak pemerintah atau investor besar tidak tertarik menginvestasikan usaha mereka di kawasan pedesaan. Banyak perusahaan cenderung tertarik berinvestasi di sektor industri, dimana banyak ditemukan di perkotaan. Maka tidak heran jika orang yang tinggal di daerah perkotaan memiliki banyak alternatif pekerjaan yang lebih menjanjikan secara finansial. 

2. Kesenjangan Sosial Kualitas SDM

Bentuk kesenjangan sosial yang kedua adalah masalah kualitas SDM. Jika suatu daerah mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik, maka kualitas hidup dan perekonomian di daerah tersebut akan berjalan lancar. 

Berlaku sebaliknya, jika suatu daerah tidak mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik. Maka daerah tersebut secara perekonomian akan jalan ditempat sehingga akan semakin banyak orang miskin.

3. Kesenjangan Sosial Antar Pulau

Kita melihat dari pertumbuhan pembangunan infrastruktur di pulau jawa sangat pesat dan banyak Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang dimanfaatkan sedemikian rupa. 

Sementara, banyak pulau-pulau lain di Indonesia tidak mendapatkan perhatian secara optimal, seperti halnya di pulau jawa. Maka tidak heran jika banyak masyarakat merantau di pulau jawa dengan harapan bisa memperbaiki nasib keluarga mereka. 

4. Kesenjangan Sosial Ekonomi di Masyarakat

Bentuk kesenjangan sosial kekayaan atau ekonomi lebih menekankan pada kesenjangan pendapatan dan jumlah kekayaan dari individu dengan individu yang lain. Sehingga terkesan memberikan tembok penghalang yang tinggi. Meskipun di mata Tuhan keduanya sama-sama mahluk ciptaannya. Tetapi di mata manusia, strata ekonomi tetap menjadi patokan untuk memberikan penghormatan. 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya