Home » Kongkow » Tutorial » Cara Pasang CCTV Sendiri

Cara Pasang CCTV Sendiri

- Senin, 15 Februari 2021 | 16:18 WIB
Cara Pasang CCTV Sendiri
Cara menginstal CCTV Anda sendiri - Saat membeli kamera CCTV, Anda dapat membayar dengan layanan instalasi sekaligus. Ini karena Anda tidak ingin menjadi repot harus menginstalnya sendiri dan ingin menggunakannya. Bahkan, harga layanan instalasi CCTV cukup tinggi, jadi bagi Anda yang memiliki anggaran minimal harus menginstalnya sendiri. Nah, dalam artikel ini akan membahas cara menginstal CCTV sendiri untuk kamera tipe kubah untuk menghemat biaya Anda ketika Anda akan menginstal CCTV.

Pilih lokasi instalasi CCTV yang tepat
Langkah pertama adalah memilih lokasi di mana CCTV akan diinstal. Ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih lokasi instalasi CCTV. Karena, jika Anda hanya memasang kamera kubah, selain tidak mendapatkan titik pemantauan yang tepat, perangkat juga akan rusak sehingga akan membahayakan Anda. Berikut adalah beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat memilih lokasi instalasi CCTV.


Perhatikan apa yang ingin Anda pantau dan di mana Anda bisa mendapatkan titik pemantauan terbaik.
Perhatikan bagaimana Anda akan menghubungkan tipe kamera CCTV inframerah Dome ke dalam sistem pemantauan. Harus diingat bahwa kabel dan koneksi CCTV harus dijauhkan dari cuaca buruk juga. Karena jika tidak, koneksi kamera akan rusak dan bahkan kerusakan.
Pastikan untuk memasang kamera CCTV dalam posisi tinggi untuk menghindari kerusakan seperti diperas dan sebagainya.
Cobalah penempatan kamera Anda dekat dengan area yang ingin Anda tonton.
Pastikan kamera Anda tidak menangkap banyak cahaya sehingga semua peristiwa dapat ditangkap dengan jelas
Anda dapat menerapkan lima poin di atas untuk mendapatkan titik pemantauan yang tepat dan juga rekaman yang baik nanti.

Merakit dan memasang kamera kubah
Cara menginstal CCTV sendiri selanjutnya adalah merakit CCTV dan juga menginstalnya pada titik yang Anda tentukan sebelumnya. Sebelum Anda CCTV pada lokasi yang telah ditentukan, tentu saja Anda harus merakit komponen agar berfungsi dengan baik, bersama dengan langkah-langkahnya.


Hubungkan output video dan juga kabel daya DC pada kamera dengan koneksi yang disesuaikan.
Hubungkan ujung kabel setiap koneksi ke input video yang ada pada DVR.
Pastikan ujung kabel dikunci dengan sangat baik sehingga proses perekaman tidak mengalami gangguan.
Hubungkan adaptor daya ke outlet.
Jika Anda menggunakan banyak kamera di beberapa titik, gunakan kabel daya tipe splitter.
Setelah proses perakitan selesai, lalu instal kamera di lokasi yang ditentukan. Ini langkah-langkahnya.

Posisikan kamera di lokasi yang telah Anda tentukan sebelumnya, setelah menandai posisi lubang ke sekrup pada permukaan menggunakan pensil atau sejenisnya. Gunakan sekrup kanan sesuai dengan permukaan tempat pemasangan sehingga kamera dapat terpasang dengan benar.
Jika memang Anda menginstal kamera tipe CCTV kubah menggunakan kayu, sekrup kamera langsung ke permukaan kayu.
Untuk dapat mengarahkan kamera, cobalah untuk mendukung tiga sekrup yang terletak di basis kamera. Kubah penutup pada kamera akan diputar atau benar.
Kamera juga dapat diarahkan ke hampir semua arah. Jika Anda telah selesai menyesuaikan posisi tampilan kamera, kencangkan semua sekrup untuk mengunci posisi kamera di tempatnya.
Ketika akan memasangkan kabel CCTV, cobalah untuk menghindari menekuk tali di sudut yang tajam. Hindari kabel listrik. Karena arus listrik dapat menghasilkan kebisingan yang pasti akan mengganggu sinyal pada kamera CCTV Anda.
Begitulah cara menginstal CCTV sendiri yang dapat Anda terapkan ketika Anda akan CCTV di rumah Anda atau di kantor Anda agar tidak menghabiskan lebih banyak dana untuk menyewa layanan instalasi CCTV.
Cari Artikel Lainnya