Home » Kongkow » Matematika » Cara Menghitung KPK Lengkap Dengan Contoh

Cara Menghitung KPK Lengkap Dengan Contoh

- Sabtu, 09 April 2022 | 15:57 WIB
Cara Menghitung KPK Lengkap Dengan Contoh

Kelipatan Persekutuan Terkecil atau KPK merupakan suatu faktor dari dua bilangan bulat terkecil yg dapat habis dibagi oleh kedua bilangan tersebut. KPK merupakan kebalikan dari Rumus Matematika FPB yg sudah kami jelaskan sebelumnya. Jika FPB adalah faktor terbesar yang dapat Membagi 2 atau lebih bilangan bulat, sedangkan KPK adalah faktor yang dapat Dibagi oleh 2 bilangan atau lebih.

Rumus Mencari KPK Matematika sendiri masih menggunakan metode yg sama dengan Rumus Menghitung FPB karena Rumus KPK ini juga menggunakan Metode Faktorisasi Prima dan Metode Tabel dalam mencari dan menghitung nilai suatu KPK Matematika. Untuk itu mari kita sama – sama simak penjelasan dari kami tentang Penjelasan Rumus KPK berikut ini.

Baca Juga: Cara Menghitung Rumus FPB Matematika

Cara Mencari KPK dengan Faktorisasi Prima

Untuk Menentukan Rumus KPK menggunakan faktorisasi prima ialah mengalikan semua bilangan faktor yg ada dan apabila ada yg sama ambil nilai yg terbesarnya serta apabila keduanya sama maka ambil salah satunya. Untuk contoh Soal Matematika KPK Dengan Faktorisasi Prima ada dibawah ini.

Carilah KPK dari nilai 8, 12 dan 30

Jawaban

Cara Mencari KPK dengan Metode Tabel

Penjelasan dan cara Menentukan KPK dengan Metode Tabel prinsipnya masih sama dengan apa yang ada di dalam Rumus Matematika FPB sehingga jika anda ingin mengetahui penjelasan dari Rumus Menentukan Nilai KPK tinggal lihat dibawah ini.

Nahh otakers demikian penjelasan singkat mengenai cara menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih lengkap dengan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat yah dan terima kasih sudah mengunjungi website utakatikotak.com

Cari Artikel Lainnya