Home » Kongkow » kongkow » Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana dan Contohnya

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana dan Contohnya

- Kamis, 10 September 2020 | 08:00 WIB
Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana dan Contohnya

Kali ini kami akan berbagi ide cara membuat tanaman hidroponik di rumah. Bercocok tanam di rumah sangat menyenangkan dan bermanfaat, selain bisa menghijaukan rumah kita juga bisa mengambil manfaatnya buah atau sayur yang kita tanam. Hidroponik merupakan cara yang cocok untuk bertanam tanaman sayuran di rumah. Tanaman hidroponik tidak memerlukan lahan dan tempat yang luas. Cukup kreasikan ide kita. Contohnya kali ini kami akan memberikan ide cara membuat tanaman hidroponik sederhana dari botol bekas dan contoh lainnya.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dan Contohnya

Cara menanam hidroponik yang relatif mudah dan sederhana adalah dengan sistem wick, untuk konsep dasarnya silahkan di baca dulu di sini Cara Bertanam Hidroponik Sistem Wick. Cara ini bisa kita kreasikan menggunakan wadah apapun yang bisa kita temui di sekitar kita di sekitar rumah kita. Coba perhatikan gambar-gambar di bawah ini, dan sesuaikan dengan metode sistem wick.

Cara membuat tanaman hidroponik dengan sistem wick ini dianggap paling mudah dan sangat sesuai untuk mereka yang baru belajar mulai melakukan hidroponik. Sistem ini tidak memerlukan peralatan yang rumit karena cara membuat tanaman hidroponik dilakukan dengan mengalirkan nutrisi melalui sumbu. Cara ini sangat sederhana dan sesuai untuk dilakukan di rumah dalam skala kecil.


Cara Membuat Tanaman Hidroponik - Persiapan Media Tanam dan Nutrisi Hidroponik

Sebelum melakukan cara membuat tanaman hidroponik, Anda harus terlebih dulu menyiapkan nutrisi yang diperlukan. Untuk membuat larutan nutrisi, Anda memerlukan Urea sebanyak 1000 gram, KCL juga sebanyak 1000 gram, pupuk NPK sebanyak 100 gram dan pupuk daun atau gandasil sebanyak 50 gram. Nantinya semua pupuk ini akan dilarutkan sebagai sumber nutrisi tanaman. Ketersediaan nutrisi ini akan menjamin pertumbuhan tanaman yang dilakukan dengan cara membuat tanaman hidroponik berlangsung maksimal. Jika tidak mau repot silahkan beli saja nutrisi hidroponik di toko pertanian atau di tokopedia yang jual buanyak hehehe

Selain nutrisi, pilihan media sebagai cara membuat tanaman hidroponik juga tidak kalah penting. Media tanaman hidroponik yang bisa digunakan untuk adalah arang, sekam, spons, rock wool hingga pecahan batu bata. Media tanam dari batu kerikil pasir malang juga dapat digunakan untuk tanaman hidroponik ini. Anda hanya perlu mencari media tanam yang paling mudah dan cukup murah di dapatkan di sekitar Anda. Dengan demikian Anda tidak mengeluarkan banyak dana untuk mempraktekkan cara membuat tanaman hidroponik.

Untuk wadah silahkan anda menyiapkan sendiri sesuai kreatifitas anda di bawah ini kami berikan beberapa gambar yang dapat menjadi ide untuk anda. Ini hanya sebagian yang bisa kami share, silahan googling jika informasi ini masih belum cukup. kami harap artikel tentang Cara Membuat Tanaman Hidroponik ini bermanfaat untuk Anda semua.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dari Botol Bekas

Cari Artikel Lainnya