Home » Kongkow » Materi » Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

- Rabu, 04 Agustus 2021 | 05:00 WIB
Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Nama sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur benda sampai tingkat ketelitian 0,01 mm. Melalui halaman ini, kalian akan mempelajari apa itu mikrometer sekrup dan bagaimanan cara membaca mikrometer sekrup. Sebelumnya akan diulas sedikit tentang fungsi mikrometer sekrup.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak pembahasan video di bawah ini yah !

 

Bentuk mikrometer seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas membuat kalian harus sangat teliti dalam membaca angka pada skala yang ditunjukkan dan juga harus teliti juga dalam cara membaca mikrometer sekrup.

Fungsi mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur panjang sebuah benda hingga ketelitian 0,01 mm. Pada awal penggunaannya, mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur jarak dusut antar bintang-bintang atau ukuran benda-benda langit melalui teeskop.

Mikrometer sekrup memiliki tingkat ketelitian yang lebih tinggi dari jangka sorong dan penggaris. Prinsip kerja mikrometer sekrup adalah memperbesar jarak yang terlalu kecil pada pengukuran secara langsung menjadi lebih besar, yang kemudian dilihat skalanya. Mikrometer sekrup akan sangat berguna untuk mengukur ketebalan suatu benda dengan ukuran yang sangat tipis atau kecil, seperti ketebalan kertas, diameter kabel, kawat, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian mikrometer sekrup adalah bingkai/frame (berbentuk seperti Huruf C atauU), poros tetap mikrometer, poros gerak, pengunci (lock), sleeve (tempat letaknya skala utama), thimble (tempat skala nonius/skala putar), dan rachet knop (pemutar spindle/poros gerak). Bagian-bagian mikrometer sekrup dapat dilihat melalui gambar di bawah.

cara membaca mikrometer sekrup
 

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Seperti pada jangka sorong, skala yang dimiliki mikrometer sekrup juga dibedakan menjadi dua, yaitu skala utama dan skala nonius. Skala utama dapat dibaca di bagian sleeve dan skala nonius dapat dibaca di bagian thimble. Sebelum masuk dalam pembahasan cara membaca mikrometer sekrup, sebaiknya simak langkah-langkah menggunakan mikrometer sekrup yang akan diulas pada pembahasan di bawah.

Langkah-langkah Menggunakan Mikrometer Sekrup:

  1. Letakkan objek yang akan diukur, sehingga poros geser dan poros tetap dapat mengapit benda tersebut dengan cara menutar thimble.
  2. Selanjutnya putar ratchet untuk mendapatkan perhitungan yang lebih presisi. Caranya adalah menggerakkan poros geser secara perlahan.
  3. Setelah objek yang akan diukur benar-benar terjepit, lakukan pengamatan pada skala utama dan skala nonius.
  4. Cara membaca mikrometer sekrup akan dibahas lebih detail di bawah.

Langkah-langkah di atas merupakan cara menggunakan mikrometer sekrup. Untuk mengetahui hasil ukuran yang ditunjukkan pada skala mikrometer sekrup, sobat idschool perlu mengetahui cara membaca mikrometer sekrup. Caranya akan dibahas pada penjelasan di bawah.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Proses yang perlu dilakukan untuk mengetahui ukuran benda yang diukur dengan mikrometer sekrup adaah mengamati dengan teliti angka yang ditunjukkan pada skala utama dan skala nonius/vernier. Selanjutnya, kalian hanya perlu menjumlahkan skala utama dan skala nonius yang terlah terbaca sebelumnya.

Hasil ukuran menggunakan mikrometer sekrup = skala utama + skala nonius

Baca Juga :

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Lengkap dengan Contoh Soal

Contoh Soal Mikrometer Sekrup dan Pembahasannya

Untuk memudahkan pemahaman sobat idschool dalam menentukan ukuran menggunakan mikrometer sekrup, akan diberikan sebuah soal beserta pembahasannya.

Perhatikan gambar di bawah!

contoh soal cara membaca jangka sorong

Berdasarkan gambar di atas dapat diperoeh informasi bahwa skala utama menunjukkan angka 4,5 dan skala nonius menujukkan angka 29. Hasil pengukuran objek tersebut adalah sebagai berikut.

  \[ \textrm{Hasil ukur} = 4,5 \; \textrm{mm} + \left(29 \times 0,01 \right) \; \textrm{mm} \]

  \[ \textrm{Hasil ukur} = 4,5 \; \textrm{mm} + 0,29 \; \textrm{mm} \]

  \[ \textrm{Hasil ukur} = 4,79 \; \textrm{mm} \]

Bagaimana cara membaca mikrometer sekrup pada pembahasan di atas, mudah bukan? Untuk menambah pemahaman tentang cara membaca mikrometer sekrup, berikut ini akan diberikan lagi contoh soal dan pembahasan cara membaca mikrometer sekrup.

Contoh Soal dan Pembahasan

Perhatikan gambar berikut ini!

soal cara membaca jangka sorong

Sebuah benda diukur menggunakan mikrometer sekrup dan ukuran benda dapat dilihat seperti gambar di atas. Ukuran benda tersebut adalah ….
A.     5,19 mm
B.     5,69 mm
C.     7,19 mm
D.     7,69 mm
 
Pembahasan:
Berdasarkan gambar hasil pengukuran, diperoleh informasi bahwa:
Skala utama = 7,5 mm
Skala nonius = 19 \times 0,01 mm
 
Maka hasil pengukurannya adalah

  \[ \textrm{Hasil ukur} = 7,5 \; \textrm{mm} + \left( 19 \times 0,01 \right) \; \textrm{mm} \]

  \[ \textrm{Hasil ukur} = 7,5 \; \textrm{mm} + 0,19 \; \textrm{mm} \]

  \[ \textrm{Hasil ukur} = 7,69 \; \textrm{mm} \]

 Jawaban: D

Sekian pembahasan mengenai bagian-bagian mikrometer sekrup, cara menggunakan mikrometer sekrup, dan cara membaca mikrometer sekrup. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel Lainnya