Home » Kongkow » Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan » Cara Melakukan Gerakan Memutar Badan

Cara Melakukan Gerakan Memutar Badan

- Rabu, 01 September 2021 | 06:00 WIB
Cara Melakukan Gerakan Memutar Badan

Banyak gerakan dalam olahraga yang membuat tubuh menjadi sehat, salah satunya dalah gerakan memutar badan. Memutar badan merupakan gerakan dasar yang dibutuhkan sebagai teknik dasar dalam beberapa permainan olahraga, sebut saja seperti sepakbola dan basket.

Banyak contoh gerakan memutar yang ada dalam permainan olahraga. Dan kali ini kosngosan akan memberikan panduan bagaimana cara memutar tubuh yang benar agar tidak mengalami cedera.

Apa yang disebut sebagai putaran adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan cara memutarkan tubuh dan kaki mu pada suatu ppsisi yang kamu kehendaki. Ketika kamu berputar berarti kamu mengubah arah baik searah jarum jam maupun berlawanan jarum jam.

Memutar badan berbeda dengan meliukkan badan. Meliukkan badan umumnya digunakan untuk pemanasan dan senam. Cara melakukan gerakan meliukkan badan cukup berdiri tegak, kemudian liukkan badan kedepan dengan tenang, hati hari jangan sampi keseleo.

Gerakan seperti memutar tangan dan kaki searah jarum jam bisa memberikan efek positif pada persendian. Untuk efek awal otot milikmu akan lelah dan terasa kaku. Akan tetapi setelah melakukannya secara rutin, secara perlahan tubuh kamu akan mulai bergerak dengan rileks dan fleksibel. Gerakan latihan ini sebaiknya kamu lakukan setiap hari untuk hasil yang terbaik.

Dalam ilmu pendidikan jasmani, ada 3 jenis gerakan dasar yang disebut sebagai gerakan lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. Gerakan lokomotor adalah gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling. Gerakan manipulatif yaitu gerakan yang memakai alat bantu seperti shuttlecock, bola dan lainnya.

Gerakan non lokomotor yaitu gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat, seperti misalnya meliuk, menggoyangkan pinggul dan bahu, menarik, menekuk, dan memutar badan. Jadi bisa dikatakan gerakan memutar badan termasuk dalam gerakan non lokomotor.

Teknik memutar badan yang benar

Cara melakukan gerakan memutar ada banyak ragamnya. Seperti gerakan melompat sambil berputar yang menjadi gerak dasarnya melompat biasa. Posisi awal tubuh berdiri tegak,kedua kaki lurus, kedua tangan direntangkan ke samping, putar tubuh ke sebelah kanan. Kemudian, putar ke sebelah kiri, Saat memutar tubuh,posisi kaki menghadap ke arah depan.

Dalam bola basket misalnya dikenal sebagai teknik pivot, yaitu teknik dasar gerakan memutar badan yang dilakukan pemain menggunakan salah satu kaki sebagai poros putaran setelah menerima bola. Beda lagi dengan olahraga renang, teknik berputar ini disebut tumble turn yang merupakan gaya yang digunakan ketika seorang perenang akan berbalik arah.

Teknik memutar badan secara umum dimulai dari :

  • Badan berdiri tegak
  • Kamu bisa menggunakan kaki kanan atau kiri sebagai tumpuan
  • Putar badan searah jarum jam hingga 180 derajat
  • Kaki kembali ke posisi awal dengan badan tetap berdiri tegak
  • Lakukan dengan hati-hati
Cari Artikel Lainnya