Home » Kongkow » Seni Budaya & Prakarya » Bernyanyi Secara Kelompok

Bernyanyi Secara Kelompok

- Kamis, 27 Januari 2022 | 08:00 WIB
Bernyanyi Secara Kelompok

Bernyanyi adalah salah satu materi kesenian yang cukup banyak peminatnya. Bernyanyi atau olah vokal merupakan aktifitas pembelajaran yang membutuhkan teknik agar tidak merusak pita suara. Bernyanyi bisa dilakukan perseorangan atau kelompok. 

Menyanyikan suatu lagu secara berkelompok dapat dilakukan dalam bentuk paduan suara atau koor. Paduan suara adalah istilah yang menunjuk kepada ansambel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan ansambel tersebut.

Menyanyi secara berkelompok dapat dilakukan dengan satu suara, dua suara, atau lebih. Menyanyi berkelompok dengan menggunakan satu suara disebut juga unisono. Secara etimologi, kata unisono berasal dari kata “uni” yang berarti satu dan “sono” yang berarti suara.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (kemdikbud), bernyanyi secara unisono tidak dapat dilakukan seorang diri, tetapi dilakukan oleh sekumpulan orang dengan satu suara. Saat menyanyi unisono dibutuhkan kerja sama dan saling peduli sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni.

Dalam paduan suara jika menggunakan unisono maka mengharuskan seluruh penyanyinya menyuarakan nada yang sama. Demikian juga dalam musik ansambel, semua alat musik dimainkan dengan nada sama. Unisono atau lagu dengan satu suara ini biasanya diciptakan oleh penciptanya dalam pola yang sederhana.

Lagu unisono terdiri atas satu melodi utama. Melodi merupakan rangkaian dari nada-nada yang telah dipilih untuk mewakili keinginan pencipta lagu agar sesuai dengan tema dan makna lagu tersebut.

Mengapa penguasaan materi lagu anggota kelompok vokal harus sesuai dengan naskah partitur?

Partitur adalah tulisan musik dimana pada tulisan tersebut terdapat nada dan not yang saling dipertukarkan untuk menciptakan sebuah musik. 

Kelompok vokal atau disebut juga paduan suara ini memiliki beberapa orang yang memiliki suara berbeda tapi dalam hal ini mereka bernyanyi dengan nada yang sama sehingga perbedaan suara tersebut dapat indah didengar. Penguasaan naskah lagu penting bagi setiap individu di kelompok ini agar pada saat menyanyi tidak terjadi kesalahan. Pada partitur sendiri ada bagian tersendiri untuk setiap suara. 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya