Home » Kongkow » kongkow » [BREAKING NEWS] 2 Orang di Indonesia Positif Virus Corona. Sudah Dikonfirmasi Sendiri oleh Presiden

[BREAKING NEWS] 2 Orang di Indonesia Positif Virus Corona. Sudah Dikonfirmasi Sendiri oleh Presiden

- Senin, 02 Maret 2020 | 20:16 WIB
[BREAKING NEWS] 2 Orang di Indonesia Positif Virus Corona. Sudah Dikonfirmasi Sendiri oleh Presiden

Saat sudah banyak negara di dunia mengumumkan kasus Covid-19 di wilayahnya, Indonesia masih dinyatakan bersih dari virus corona. Sempat ada pikiran-pikiran negatif soal penanganan virus ini di Indonesia, seperti alat-alat pendeteksi yang kurang valid, atau ketidaksiapan pemerintah dalam menanganinya. Pihak-pihak dari negara lain juga nggak sedikit yang skeptis.

Hari ini, Jokowi mengumumkan sendiri kalau sudah ada dua orang warga negara Indonesia, di wilayah RI yang positif virus corona. Kabar ini disampaikan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 2 Maret 2020. Kami sudah mengumpulkan berbagai fakta sementara tentang kabar mengejutkan ini. Mari simak bersama.

Menkes Terawan menyebut kedua pasien positif corona ini tinggal di dekat Depok. Ia juga menyatakan kalau pihaknya sudah melakukan isolasi rumah dan menjaga rumahnya sesuai prosedur.

Penularan terjadi diduga saat ibu-anak itu melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang sempat bertandang ke Indonesia. Saat ini WN Jepang itu berada di Malaysia dan dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya diberitakan kalau sudah ada beberapa WNI yang positif Covid-19, tapi mereka nggak berada di wilayah RI. Salah satunya adalah WNI di Singapura, seorang wanita yang bekerja sebagai pramuniaga. Ia tertular virus corona diduga dari wisatawan yang berkunjung ke toko tempatnya bekerja. Selain itu ada juga sejumlah WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess, mereka juga dilaporkan positif virus corona.

Adanya kabar positif corona di wilayah Indonesia ini sebaiknya nggak bikin kita takut berlebihan hingga melupakan langkah-langkah wajib yang mesti kita lakukan, terutama untuk lebih RAJIN CUCI TANGAN. Virus ini sebenarnya menular lewat percikan-percikan cairan dari tubuh pasien, salah satunya air liur yang biasanya dikeluarkan lewat bersin. Dan sebenarnya semua itu bisa dicegah (atau setidaknya diminimalisir) dengan cara rajin cuci tangan. Penting juga buat kita untuk melakukan self-quarantine terutama yang sudah merasa ada tanda-tanda akan sakit. Lebih lengkapnya bisa baca di sini (Hayo, jangan malas baca ya!).

Khawatir boleh, tapi kalau sampai berlebihan dan malah bikin parno sendiri, terus jadi abai sama hal-hal penting lainnya, ya malah nggak ada gunanya. Yuk, jaga kebersihan dan kesehatan lebih serius lagi!

Cari Artikel Lainnya