Home » Kongkow » Bahasa Indonesia » BI Tema 7 Subtema 1-2 (Perkembangan Teknologi Pangan dan Sandang)

BI Tema 7 Subtema 1-2 (Perkembangan Teknologi Pangan dan Sandang)

4 months 'ago'

Ringkasan Materi

  1. Subtema 1 : Buku Siswa hal. 1-3, 6-8, 12-14, 21-23, 34-36, 39-44, 51-53, dan 56-57.
  2. Subtema 2 : Buku Siswa hal 61-64, 74-79, 85-87, 91-94, dan 98-101.

 

  1. Materi BI Tema 7 Subtema 1(Perkembangan Teknologi Produksi Pangan)

 

  1. Teknologi Pangan

Teknologi pangan adalah teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan. Teknologi pangan menggunakan ilmu pengetahuan untuk mengolah bahan pangan menjadi lebih bernilai. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru yang bervariasi. Teknologi pangan juga dapat menemukan cara supaya makanan tidak cepat busuk/lebih tahan lama.

 

Bahan pangan yang dapat diolah contohnya kedelai, buah, daging, dan susu sapi. Kedelai dapat diolah menjadi tahu, tempe, keripik tempe, susu kedelai, taoco, miso, oncom, kembang tahu, kecap dan sebagainya. Buah dapat diolah menjadi manisan, keripik, sari buah, asinan, selai, salad, dodol, dan sebagainya.  Daging sapi dapat diolah menjadi bakso, rendang, kornet, dan sebagainya. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, yoghurt, permen susu, keju, es krim, custard, selai susu, dan lain-lain

 

Hasil gambar untuk kembang tahuHasil gambar untuk dodol buahHasil gambar untuk kornet

                         Kembang tahu                                                     Dodol buah                                                                    Kornet                                  

B. Teknologi Pembuatan Telur

Membuat Telur Asin                       

Telur asin adalah salah satu makanan berbahan dasar telur. Telur yang diasinkan umumnya adalah telur bebek. Kelebihan dari telur asin adalah dapat disimpan dalam jangka waktu lama.

Untuk membuat telur asin, pilihlah telur bebek yang berkualitas. Siapkan juga 500 gram garam, 4 batu bata, 1 liter air, dan ember. Batu bata dapat diganti dengan abu gosok.

Hasil gambar untuk telur asin

Cara membuat telur asin

    1. Rendam telur dalam air selama 2 menit, lalu keringkan telur.
    2. Campurkan remukan bata yang sudah benar-banar halus dengan air.
    3. Aduk rata dan jangan sampai encer.
    4. Masukkan garam kemudian aduk lagi.
    5. Lumuri telur dengan campuran batu bata sampai menggumpal seperti tanah liat (kira-kira tebalnya 2-3 cm).
    6. Masukkan telur dalam ember satu per satu.
    7. Diamkan selama 14 hari.

Setelah selesai, bersihkan telur dari gumpalan bata. Kemudian, rebus telur dengan api kecil. Jangan samapai airnya mendidih agar tidak merusak telur. Rebus selama 1 jam sampai telur matang. Telur asin siap disajikan.

C. Menentukan Kalimat Utama Paragraf

Paragraf adalah suatu rangkaian kalimat yang memiliki suatu gagasan utama. Paragraf terdiri dari kalimat-kalimat. Paragraf memiliki satu kalimat utama, yaitu kalimat yang berisi gagasan utama. Kalimat utama tersebut kemudian dijelaskan oleh kalimat-kalimat lainnya yang disebut dengan kalimat penjelas.

Contoh ;

Bacalah bacaan berikut dengan saksama!

Teknologi Pengolahan Ikan

Ikan adalah salah satu jenis bahan makanan yang membutuhkan pengolahan khusus. Ikan mudah membusuk jika tidak segera diolah. Oleh karena itu, ikan harus segera diawetkan agar tetap dapat di konsumsi.

Salah satu cara pengawetan ikan adalah dengan pengasapan. Hasilnya disebut dengan ikan asap. Sebelum dilakukan pengasapan, ikan direndam dalam air garam selama 15 menit. Kemudian, dilakukan pengasapan selama kurang lebih 2-4 jam.

Ikan yang diasapi akan berbau sedap dan tahan lama. Dengan pengasapan, ikan menjadi lebih awet untuk tetap dapat dikonsumsi. Selain itu, nilai gizi ikan tetap terjaga.

Hasil gambar untuk ikan asap
                            Ikan asap

Tulislah kalimat utama setiap paragraf pada bacaan “Teknologi Pengolahan Ikan”!

Paragraf 1 : Ikan adalah salah satu jenis bahan makanan yang membutuhkan pengolahan khusus.

Paragraf 2 : Salah satu cara pengawetan ikan adalah dengan pengasapan. Hasilnya disebut dengan ikan asap.

Paragraf 3 : Ikan yang diasapi akan berbau sedap dan tahan lama.

  1. Materi BI Tema 7 Subtema 2 (Perkembangan Teknologi Produksi Sandang)

 

  1. Mengenal Bahan Dasar Pakaian dan Cara Merawatnya

Barang sandang adalah barang yang berupa pakaian. Pakaian termasuk kebutuhan manusia sehari-hari. Pakaian termasuk kebutuhan manusia sehari-hari. Bahan dasar pembuatan pakaian berasaal dari serat. Ada dua jenis serat, yaitu serat alam dan serat buatan. Serat alam berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Serat yang berasal dari tumbuhan, misalnya kapas dan kapuk. Serat yang berasal dari hewan, misalnya wol yang berasal dari rambut domba dan sutra yang berasal dari kepompong ulat sutra. Serat buatan adalah serat yang dibuat dengan bantuan manusia, contohnya rayon dan nilon.

 

Pakaian yang terbuat dari serat kapas adalah katun. Kain katun banyak digemari karena sifat bahannya yang dapat menyerap keringat, lembut dan nyaman digunakan tetapi sifatnya mudah kusut. Jadi, proses penyimpanannya lebih baik digantung, bukan dilipat.

Hasil gambar untuk randuHasil gambar untuk kapas

                 pohon randu/kapuk                                                      pohon kapas

Pakaian hangat atau sweater terbuat dari kain wol. Bahan wol umumnya terbuat dari rambut domba. Sifat dari bahan wol adalah elastis. Untuk proses penjemuran, cukup letakkan di bidang datar dengan alah handuk. Hindari penggunaan gantungan ketika menjemur karena dapat merusak bentuk pakaian.

Hasil gambar untuk dombaHasil gambar untuk proses kain wol

Hasil gambar untuk domba                                                                                              Rambut domba   

Pakaian yang terbuat dari serat sutra termasuk pakaian istimewa. Pakaian yang terbuat dari serat sutra sebaiknya dicuci dengan hati-hati karena sifat serat sutra yang lembut dan mudah rapuh. Saat mencuci kain sutra hindari penggunaan sikat karena dapat merusak kain. Jangan memeras kain sutra dengan memelintirnya. Cukup dengan cara menekan pakaian dari atas ke bawah. Proses menyetrika kain sutra pun perlu diperhatikan.

Hasil gambar untuk kepompong ulat sutra sangat menguntungkan bagi masyarakat karenaHasil gambar untuk benang sutra

            Kepompong Ulat Sutera                                   Benang Sutra

Penulisan yang benar adalah sutra. Arti kata sutra menurut KBBI adalah: benang yang halus dan lembut yang berasal dari ulat sutera.

  1. Pengolahan Bahan Dasar Pakaian

Pada zaman dalulu, pengolahan bahan dasar pakaian masih sangat sederhana. Daun dijemur hingga kering. Kayu dipukul-pukul hingga tipis. Kulit hewan direndam dan dikeringkan. Begitulah cara mereka membuat pakaian.

Sekarang ini, pengolahan bahan dasar pakaian sudah menggunakan teknologi modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semuanya diproses dengan mesin yang canggih.

Hasil gambar untuk memintal

                 Alat pintal tradisional

Memintal adalah proses mengumpulkan dan memilin serat-serat tanaman atau binatang, seperti rami, kapas, wol, dan bulu kambing, menjadi benang atau benang pintalan. Benang yang dipintal digunakan untuk menenun, menjahit, menyulam, atau untuk membuat tali.

Hasil gambar untuk menenun

Menenun adalah proses pembuatan barang-barang tenun (kain) dari persilangan dua set benang dengan cara memasuk-masukkan benang pakan secara melintang pada benang-benang lungsin (benang lusi).


Cara mengolah kain menjadi pakaian juga makin modern. Dahulu, kain hanya dijahit dengan tangan. Sekarang, kain dijahit menggunakan mesin jahit yang digerakkan kaki. Hingga saat ini, kain dijahit menggunakan mesin jahit modern. Begitulah teknologi bekerja dan membantu pekerjaan kita.

                        Hasil gambar untuk mesin jahit kaki     Hasil gambar untuk menjahit pakaian dengan mesin modern

                                                    Mesin jahit kaki                                                        Mesin jahit modern

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat Tenun

Menenun adalah proses pembuatan barang-barang tenun (kain) dari persilangan dua set benang dengan cara memasuk-masukkan benang pakan secara melintang pada benang-benang lungsin (benang lusi).

utakatikotak
0
utakatikotak
250
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :