Home » Kongkow » Bahasa Indonesia » BI Tema 6 Subtema 3-4

BI Tema 6 Subtema 3-4

4 months 'ago'

Ringkasan Materi

  1. Subtema 3 : Buku Siswa hal. 103-106, 114-116, 122-123, 130-131, 136-140, dan 143-145.
  2. Subtema 4 : Buku Siswa hal. 151-154, 161-163, 176-178, 183-184, dan 189-190.

 

  1. Materi BI Tema 6 Subtema 3 (Energi Alternatif)

 

Di manakah negeri kincir angin? Negeri kincir angin merupakan julukan untuk negara Belanda. Belanda terletak di benua Eropa. Dahulu, Belanda menggunakan kincir angin untuk mengeringkan daratan di negerinya yang lebih rendah dari laut. Nah, mengeringkan daratan dengan kincir angin adalah salah satu manfaat energi alternatif.

  1. Energi Alternatif

Energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM) disebut energi alternatif. Sejak dahulu, manusia selalu mengupayakan pencarian sumber energi alternatif. Akan tetapi, upaya tersebut belum membuahkan hasil yang maksimal. Energi alternatif akan digunakan sebagai pengganti bahan bakar yang makin langka. Hal ini dikarenakan BBM yang bersifat tidak dapat diperbarui.

B. Sumber energi energi alernatif

Berikut beberapa sumber energi alternatif

  1. Matahari

Adanya energi alternatif ini mampu menggerakkan seperti kendaraan listrik bahkan perahu listrik yang dipasang panel surya. Sayangnya, penggunaan panel surya masih terbatas karena biaya per wattnya masih relatif tinggi. Sinar matahari juga  dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), bermain layang-layang, menggerakkan perahu layar, dan sebagainya.

Hasil gambar untuk panel surya gambar

  1. Angin

Hembusan angin rupanya mampu diubah dari energi kinetik menjadi energi mekanik yang dihubungkan ke mesin generator sehingga menghasilkan energi listrik. Di Belanda, penggunaan energi ini sudah dimanfaatkan dengan memiliki kincir angin besar untuk memompa air irigasi ke pertanian dan penghasil listrik/ Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu(PLTB).

Angin memiliki energi gerak. Energi gerak inilah yang dapat menggerakkan kincir angin. Kincir angin dibangun pada daerah-daerah yang memiliki hembusan angin kencang agar mudah bergerak. Energi gerak dari angin akan memutar baling-baling pada kincir angin. Gerakan baling-baling lincir angin akan memutar turbin di dalam kincir yang dihubungkan generator. Gerakan turbin diubah oleh generator menjadi energi listrik.

 

Hasil gambar untuk kincir

Kincir angin di Belanda dimanfaatkan untuk memompa air irigasi ke pertanian dan penghasil listrik, menggiling biji-bijian menjadi tepung, memeras minyak sayur, memotong kayu, menguras air meleawi tanggul sehingga tanah bisa direklamasi dan ditanami.

  1. Air

Seperti halnya angin, air juga bisa menggerakkan kincir atau turbin air. Di Indonesia yang merupakan negara kepulauan, air yang mengalir juga banyak ditemukan. Contohnya air terjun yang diolah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Selain air terjun, ada juga arus sungai, ombak, dan pasang surut laut yang mampu menghasilkan listrik.

Pemanfaatan energi gerak air pada umumnya terdapat di bendungan air. Biasanya, ada beberapa turbin dipasang di bendungan air. Gerakan air memutar turbin yang terhubung dengan generator. Generator yang berputar akan menghasilkan energi listrik.

Hasil gambar untuk bendungan

  1. Panas bumi

Panas bumi (Geothermal) berasal dari energi dari dalam bumi yang berasal dari aktivitas vulkanik gunung berapi, seperti uap alam, air panas dan bebatuan kering. Panas bumi juga dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB)

5. Briket

Briket adalah sebuah blok bahan yang dapat dibakar yang digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket dapat terbuat dari bambu, serbuk gergaji, atau batok kelapa. Briket yang paling umum digunakan adalah briket batu bara, briket arang, briket gambut, dan briket biomassa. Kelebihan briket dapat mengurangi pencemaran akibat bahan bakar fosil, mudah terbakar, dan tidak cepat habis.

Hasil gambar untuk memasak dengan briket

5. Biogas

Kotoran sapi atau hewan lainnya mulai diupayakan pemanfaatannya sebagai sumber energi alternatif. Kotoran sapi atau hewan lainnya dapat dimanfaatkan gasnya. Energi alternatif yang bersumber dari gas kotoran hewan disebut biogas. Biogas sangat cocok digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan pengganti minyak tanah, elpiji, dan batubara.

Hasil gambar untuk biogas adalah

 

  1. Materi BI Tema 6 Subtema 4 (Penghematan Energi)
  1. Penghematan Energi
  1. Cara menghemat energi listrik
  1. Tidak menonton televisi hingga larut malam.
  2. Memadamkan lapu ketika tidur.
  3. Mematikan alat-alat elektronik jika tidak digunakan.
  4. Menggunakan lampu hemat energi.
  5. Memadamkan lampu di siang hari, dan sebagainya.
  1. Cara menghemat air
  1. Menutup keran air ketika menggosok gigi.
  2. Menutup keran air ketika bak penampung sudah penuh.
  3. Memanfaatkan air bekas mencuci sayur dan buah untuk menyiram tanaman, dan sebagainya.
  1. Cara menghemat bahan bakar minyak (BBM)
  1. Membudayakan berjalan kaki untuk perjalanan yang dekat.
  2. Bersepeda
  3. Menggunakan alat transportasi umum.
  4. Meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi, dan sebagainya.

 

utakatikotak
0
utakatikotak
111
Halo Otakers, salam kenal semuanya.
Di "Hai Otakers" ini mimin ingin berinteraksi dengan otakers semua. "Salam Sabang sampai Merauke"
Jangan lupa subscribe channel youtube kita ya guys.
Cari materi lainnya :