Home » Kongkow » kongkow » Apakah Tumbuhan Merasakan Sakit Ketika Terluka?

Apakah Tumbuhan Merasakan Sakit Ketika Terluka?

Apakah Tumbuhan Merasakan Sakit Ketika Terluka?

Tumbuhan tidak merasakan sakit seperti hewan dan manusia, kata Anke Steppuhn. Dia adalah ahli ekologi molekuler di Freie University of Berlin.

Apakah Tumbuhan Merasakan Sakit Ketika Terluka


Seekor kumbang lily merah sedang memakan daun lily. Apakah tanaman merasakan sakit ketika digigit, patah, atau sobek? Ilmuwan Anke Steppuhn mengatakan tidak

Nyeri Adalah Sensasi Sistem Saraf
“Apa yang kita definisikan sebagai rasa sakit biasanya berkaitan dengan sistem saraf,” ia menjelaskan. Ketika Anda meletakkan tangan Anda terlalu dekat dengan kompor panas, sel-sel saraf mengirimkan peringatan ke otak Anda. Otak Anda menerjemahkan sinyal itu sebagai rasa sakit yang membakar, yang menyebabkan Anda menarik tangan Anda sebelum kerusakan serius terjadi.

Tumbuhan tidak memiliki saraf atau otak, sehingga mereka tidak bisa merasakan sakit seperti kita. “Tapi tanaman pasti mengenali ketika ada sesuatu yang menyakitinya,” kata Steppuhn. Dan karena mereka tidak dapat melarikan diri dari situasi yang berpotensi berbahaya, mereka membutuhkan cara lain untuk melawan balik.


Prof. Dr. Anke Steppuhn

Ancaman terbesar terhadap kehidupan tanaman adalah dimakan. Beberapa tanaman mencegah herbivora mengunyahnya dengan menumbuhkan duri atau rambut kecil yang tajam, seperti mawar atau kaktus. Tanaman lain menghasilkan bahan kimia yang tidak enak atau bahkan beracun. Ini memaksa calon penyerang untuk meninggalkan makanannya.

Tetapi tanaman bernama nightshade pahit melakukan sesuatu yang lebih cerdik, Steppuhn menemukan. Ketika siput mengunyah lubang di daun nightshade, cairan mulai menetes keluar dari tepi luka, hampir seolah-olah tanaman berdarah. Cairan itu adalah nektar yang manis, dan itu adalah makanan favorit semut.

Dalam upaya mereka untuk mengumpulkan nektar, semut berkerumun di seluruh tanaman nighthade yang terluka dan menyerang apa pun yang menghalangi mereka – termasuk siput yang merusak tanaman di tempat pertama. Singkatnya: Serangan tanaman siput; menanam panggilan tentara semut untuk membunuh siput.
“Tanaman dapat membantu dirinya sendiri dengan memanggil musuh dari musuhnya sendiri,” kata Steppuhn.

Apakah Tumbuhan Merasakan Sakit Ketika Terluka


Tanaman nightshade pahit

Sistem Pertahanan
Nektar bukan satu-satunya cara tanaman menarik pengawal. Mereka juga memancarkan bahan kimia tertentu ke udara ketika mereka dimakan. Orang biasanya tidak dapat mendeteksi bau tak sedap ini. 

Tapi tahukah Anda apa yang bisa? Tawon parasit. Ketika seekor tawon mendeteksi tangis penciuman untuk meminta bantuan, ia mengejar ke TKP. Jika ia menemukan jenis serangga yang tepat memakan tanaman, tawon menyela makan serangga dengan meletakkan telurnya di dalam tubuh serangga.

Tanaman mungkin terlihat seperti korban pasif. Tetapi mereka memiliki pasukan pembunuh berdarah dingin di depan dan panggilan mereka

Cari Artikel Lainnya