Home » Kongkow » kongkow » Apa yang Menyebabkan Kita Bersin?

Apa yang Menyebabkan Kita Bersin?

- Sabtu, 20 Juni 2020 | 10:25 WIB
Apa yang Menyebabkan Kita Bersin?

Bersin pada dasarnya adalah mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan materi atau partikel asing dan berbahaya dari dalam hidung. Tujuannya adalah untuk mencegah pertikel tersebut masuk ke paru-paru dan menyebabkan kerusakan lebih parah.

Partikel atau obyek asing yang dimaksud di antaranya adalah:

Yang pertama adalah virus yang menular melalui pernapasan. Seperti contohnya virus flu. Virus ini bisa mengganggu selaput lendir yang ada di hidung dan tubuh akan berusaha mengeluarkan virus ini. Jadilah saat mau terserang flu kita akan bersin-bersin.

Kedua adalah alergi. Nah, salah satu reaksi tubuh terhadap alergi ini adalah bersin. Beberapa material penyebab alergi yang umum diantaranya adalah serbuk sari tumbuhan, bulu binatang, atau bahkan udara dingin.

Ketiga iritan dari bahan kimia berbahaya, seperti polusi udara dan asap, bisa dari rokok maupun dari aktivitas pembakaran yang lain.

Keempat adalah partikel dari lingkungan sekitar kita. Ini contohnya adalah debu, jamur, maupun cendawan.

Tapi apapun penyebabnya, sebaiknya kamu menutup mulut dan hidung ketika sedang bersin ya. Sebab ketika kamu bersin, ada jutaan partikel kotor yang keluar bersama-sama dari hidungmu.

Kasihan kan jika sampai terkena orang lain. Kalau ternyata kamu mengeluarkan virus, bisa-bisa orang di sekitarmu ikut tertular deh!

Orang Bersin

Info Tambahan

Berikut beberapa fakta tentang bersin yang layak diketahui:

1. Saat bersin, kita akan menyemburkan material yang berbentuk cairan dan lendir dengan kecepatan 150 Km per jam! Wow…

2. Seperti yang sudah kita tahu, secara refleks kita akan menutup mata ketika bersin. Jika kita memaksakan diri membuka mata, besar kemungkinan bola mata kita akan melompat keluar! Hii…

3. Beberapa orang kesulitan mengontrol suara yang ditimbulkan ketika sedang bersin. Jadi jangan heran saat kita mendengar seseorang mengeluarkan suara sangat keras ketika sedang bersin. Bukan karena sengaja menarik perhatian, tapi memang sulit untuk dikendalikan!

4. Ada kasus langka yang membuat seseorang akan bersin-bersin setiap kali perutnya penuh, alias kekenyangan. Istilah untuk kondisi ini adalah “snatiation“.

Cari Artikel Lainnya