Home » Kongkow » Religi Kristen » Apa itu Nasrani? Apa bedanya dengan Kristen

Apa itu Nasrani? Apa bedanya dengan Kristen

- Sabtu, 11 April 2020 | 07:49 WIB
Apa itu Nasrani? Apa bedanya dengan Kristen
Pada zaman pernah orang orang yang berasal dari Nazareth disebut sebagai Nazarios. Sebutan ini merupakan sebuah ejekan yang ditujukan bagi orang-orang Nazareth karena pada masa itu Nazareth bukanlah sebuah daerah yang bergengsi. Dari istilah inilah pada akhirnya keluar kata Nasrani karena ke dua kata tersebut dianggap mirip. Padahal kata Nasrani sendiri telah ada sebelum lahirnya Yesus Kristus.

Namun, Nasrani lebih banyak digunakan sebagai julukan yang ditujukan oleh orang Yahudi kepada pengikut Yesus. Pengikut Yesus yang ditujukan disini bukanlah orang yang mirip bersama murid Yesus melainkan orang-orang yang bukan merupakan orang Yahudi namun mengikut Yesus di mana julukan ini diberikan oleh jemaat di luarKristen.
Apa itu Nasrani

Dalam Kisah Para Rasul 25:5 disebutkan bahwa Nasrani merupakan sekte Yahudi yang telah ada sebelum Yesus lahir di mana sekte ini menganut mistik gnostik. Gnostik merupakan suatu sekte yang mempercayai bahwa tubuh memang adalah penjara jiwa yang mengatasi tubuh bersama roh. Pemahaman yang ada di dalam sekte ini dipengaruhi oleh filsafat Platonis. Sebenarnya orang Kristen yang berada di kira-kira Arab pada masa awal termasuk menganus keyakinan gnostik ini karena mereka yakin bahwa Yesus hanyanlah manusia pura-pura di mana luarnya saja yang keluar seperti manusia. Akhirnya kekristenan pada masa itu sering disebut sebagai Nasrani. Sekte Nasrani ini merupakan jemaat Kristen perdana di mana Ephipanius memberitakan bahwa sekte ini ada kira-kira 400 th. awal kekristenan.
Baca Juga
6 Alasan Pengkhianatan Yudas Iskariot dan Makna dibaliknya
10 Makna Kenaikan Isa Almasih (Yesus Kristus) Ke Surga
Apa itu Umat Gereja? Apakah mirip bersama Artinya Umat Allah

Kata Nasrani lantas berubah jadi kata Kristen.Kata Kristen sendiri pertama kali disebutkan di dalam Kisah Para Rasul 11:26 supaya kata ini baru dikenal pada selagi Perjanjian Baru.Pada masa itu, kata Kristen merupakan julukan yang diberikan kepada murid-murid Yesus di Antiokhia.
Kata Kristen sendiri berasal dari kata Khristianos yang artinya serdadu atau pengikut Kristus. Namun tak sedikit pula yang mengatakan bahwa Khristianos sendiri merupakan bentuk dimutive dari kata Khristos yang secara lazim merupakan julukan yang bersifat ejekan yang miliki arti Kristus Kecil. Pada masa itu, julukan ini diberikan kepada pengikut Kristus mula-mula. Namun pada th. 60 Masehi kata Kristen jadi kata baku dan digunakan oleh Herodes untuk menyindir Paulus. Pada masa Romawi, nama Kristen dipakai untuk mengejek orang yang dipandang sebagai budak.

Perbedaan Nasrani bersama Kristen

Nasrani sendiri sering kali disamakan bersama Kristen namun memang keduanya menyadari berbeda. Dalam Perjanjian Baru khususnya Kisah Para Rasul 25:5 kata Nasrani pernah disebutkan satu kali. Kata Nasrani ini ditujukan bagi mereka yang seringkali mengundang kekacauan apalagi orang Nasrani sering dikatakan sebagai penyakit sampar di dalam masyarakat. Selain itu, orang Nasrani seringkali dideskripsikan sebagai orang-orang yang berupaya untuk melanggar kekudusan bait Allah supaya mereka seringkali ditangkap dan diadili menurut hukum Taurat.

Istilah Nasrani ini merupakan julukan dari orang Yahudi untu pengikutYesus karena Yesus berasal dari Nazareth supaya pengikutNya dinamakan Nasrani. Kristen sendiri di di dalam Alkitab khususnya Perjanjian Baru disebutkan sebanyak tiga kali. Dalam Alkitab, kata Kristen ditujukan kepada murid-murid yang memberitakan bahwa Yesus adalah Tuhan. Berikut merupakan perbedaan pada Nasarani denga Kristen.

Nasrani

Merujuk pada ajaran sekte Yahudi yang telah ada sebelum Yesus lahir di mana sekte ini menganut mistik gnostik. Pada masa itu pengikutnya disebut bersama Nashara atau Hawariyun.
Masih menjalankan hukum Taurat.


Kristen

Keyakinan yang mempercayai bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat
Mengikuti ajaran Yesus Kristus.

Demikianlah artikel ini tentang apa memang itu Nasrani. Kiranya artikel ini sanggup beri tambahan informasi untuk kita semua.
Cari Artikel Lainnya