Home » Kongkow » Materi » Apa itu Lentisel?

Apa itu Lentisel?

- Senin, 13 Desember 2021 | 09:00 WIB
Apa itu Lentisel?

Jika Anda pernah melihat batang sebuah pohon dengan garis atau bercak hitam melintang secara horizontal dan berwarna gelap yang terdapat pada kulitnya. Itulah yang disebut sebagai lentisel. Nanti saya akan sertakan gambarnya biar lebih jelas.  Lenti sel berasal dari bentuk lenticular. Bentuk dari lenti sel ini yang akan dijadikan patokan / karakter untuk mengidentifikasi jenis suatu pohon. Jadi di setiap pohon memiliki lenti sel yang berbeda beda.

Lentisel adalah jaringan berpori – pori yang terdiri dari sel sel yang berada di periderm dari kulit batang kayu dan akar tanaman berbunga yang menebal. Fungsi lentisel adalah sebagai pori – pori pertukaran gas secara langsung antara jaringan atmosfer dan jaringan internal melalui kulit kayu. Dan tidak tembus terhadap gas.

Fungsi Lentisel

Baik pada batang, pada daun, dan pneumatofor serta dalam system organ tumbuhan atau tanaman akan kami jelaskan pada pembahasan di bawah ini

Fungsinya Pada batang

Fungsi dan kegunaan lentisel pada batang antara lain sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah sebagai alat pernapasan pada batang

  • Membantu proses pertukaran gas antara jaringan pada batang, akar dengan udara bebas di atmosfer.

  •  Membantu kelangsungan hidup atau proses perkembangan batang suatu pohon itu sendiri.

Selain pada daun, proses pernapasan tumbuhan juga terjadi pada batang.  Pada batang suatu tumbuhan / pohon oksigen yang masuk melalui lenti sel, yang selanjutnya beredar ke sel – sel tumbuhan lainnya. Kemudian untuk proses keluarnya yakni karbondioksia juga dikeluarkan melalui lenti sel ini.

BACA JUGA : Pengertian Fungsi Sifat Jenis dan Struktur Batang

Contoh tumbuhan yang bernafas dengan lentisel

Alat pernapasan pada tumbuan ada 3 yakni melalui akar, stomata dan lentisel. Jika stomata adalah metode atau cara pernapasan tumbuhan melalui mulut daun, kalau untuk lentisel bernapas menggunakan batang.

Beberapa tumbuhan yang bernapas menggunakan lentisel adalah tumbuhan anggrek. Bakau dan beringin.

Untuk alat pernapasan menggunakan stomata 

BACA JUGA : Stomata : Pengertian, Letak, Fungsi dan Tipe Stomata Pada Daun Tumbuhan Lengkap

Kenapa bisa ada lentisel pada suatu batang tumbuhan?

Lentisel pada batang tumbuhan terbentuk akibat adanya aktivitas apa?

Pertanyaan ini sering muncul, bagaimana proses terjadinya lentisel pada tumbuhan. Seperti penjelasan saya diatas, lentisel adalah lubang lubang kecil pada batang tumbuhan sebagai tempat keluar masuknya udara / sebagai tempat pernapasan. Pada tumbuhan dikotil, terdapat lapisan gabus yang akan menggantikan epidermis. Lapisan inilah yang terdiri dari sel mati dan melindungi batang. Baik parenkim gabus, cambium gabus dan lapisan gabus akan mengelupas dan lepas dari kulit. Karena lepas, maka batang tumbuhan mengeluarkan lubang / pori – pori. Proses ini lah yang mengakibatkan terjadinya lenti sel.

Itulah contoh beberapa tumbuhan yang bernapas serta proses terbentuknya lenti sel juga pengertian nya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa masukkan email pada formulir subscribe disamping, agar anda mendapat pemberitahuan setiap kami update artikel.

BACA JUGA : Jaringan Tumbuhan: Epidermis, Parenkim, Penyokong, Endodermis, Pengangkut

Cari Artikel Lainnya