Home » Kongkow » Pendidikan Agama Islam » Apa Saja yang Termasuk Rukun Haji?

Apa Saja yang Termasuk Rukun Haji?

- Jumat, 08 Juli 2022 | 10:00 WIB
Apa Saja yang Termasuk Rukun Haji?

Setiap muslim yang hendak menjalankan ibadah haji harus mengetahui rukun haji dengan seksama agar pelaksanannya dapat diterima oleh Allah SWT. Ibadah Haji memiliki rukun yang membentuk ibadah tersebut sebagaimana ibadah lain pada umumnya. 

Namun demikian ulama berbeda sedikit dalam menyebutkan rukun-rukun haji. Sebagian ulama menyebutkan ada 5 rukun haji dan sebagian lainnya menyebutkan ada 6 rukun haji. 

Baca juga:

Apa Perbedaan Haji Ifrad, Haji Qiran, dan Haji Tamattu

Sebagian ulama memisahkan ihram dan niat ihram sebagaimana keterangan berikut:

 وأركان الحج خمسة الإحرام والنية والوقوف بعرفة والطواف بالبيت والسعي بين الصفا والمروة 

Artinya, “Rukun haji ada lima: ihram, niat, wukuf di Arafah, tawaf di Ka’bah, dan sai pada Shafa dan Marwa,” (Taqrib pada Kifayatul Akhrar, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 2001 M/1422 H], halaman 301). 

Sebagian lagi menggabungkan ihram dan niat dalam satu hitungan rukun. Sementara mereka menyebutkan cukur sebagai rukun kelima haji.

 واركان الحج خمسة الإحرام مع النية والوقوف بعرفة والطواف بالبيت والسعي بين الصفا والمروة والحلق 

Artinya, “Rukun haji ada lima: ihram beserta niat, wukuf di Arafah, tawaf di Ka’bah, sai pada Shafa dan Marwa, dan cukur,” (Matan Abi Syuja). 

Banyak ulama menyebut wukuf sebagai puncak atau inti dari rangkaian ibadah haji. Mereka mendasarkan pandangannya pada hadits Nabi Muhammad saw. Ibadah haji mengharuskan jamaah haji hadir di tanah Arafah meski sesaat pada saat wukuf.

 الحج عرفة ومعنى الحج عرفة أي معظم أركانه كما تقول معظم الركعة الركوع ويحصل الوقوف بحضور بجزء من عرفات ولو كان مارا في طلب آبق أو ضالة أو غير ذلك 

Artinya, “Rasulullah saw bersabda, ‘Haji adalah Arafah.’ Pengertian ‘Haji adalah Arafah’ bermakna kebesaran rukunnya sebagaimana kau mengatakan, ‘kebesaran rakaat ruku.’ Wukuf telah hasil dengan menghadiri pada sebagian tanah Arafah meski hanya lewat mencari budak yang melarikan diri, hewan ternak yang hilang, atau lainnya.”

(Taqiyuddin Al-Hishni, Kifayatul Akhyar, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah: 2001 M/1422 H], halaman 302). 

Adapun ketentuan tawaf dan sa’i dapat ditemukan pada Al-Quran. Ketentuan tawaf dapat ditemukan pada Surat Al-Hajj ayat 29.

 وَلْيَطَّوَّفُوْا بِالْبَيْتِ الْعَتِيْقِ 

Artinya, “Kemudian, hendaklah mereka melakukan tawaf sekeliling rumah tua Baitullah. 

Sayyid Utsman bin Yahya membahas tuntas dasar-dasar ibadah haji dan umrah dalam karyanya, Manasik Haji dan Umrah, yang ditulis dalam bahasa Arab-Melayu atau Jawi. 

Sayyid Utsman bin Yahya menyebut ada enam rukun ibadah haji sebab memasukkan tertib dalam rukun haji.  Adapun enam rukun haji adalah sebagai berikut, “Rukun-rukun haji: ihram, wukuf, tawaf, sa’i, cukur, dan tertib.”

Jadi dapat menyimpulkan bahwa rukun haji ada 6 yaitu sebagai berikut:

1. Ihram

2. Wukuf di Arafah

3. Tawaf di Ka’bah

4. Sa’i pada Shafa dan Marwa

5. Cukur rambut  

6. Tertib. 

Sumber :
Cari Artikel Lainnya