Home » Kongkow » Matematika » Apa Itu Garis Istimewa Pada Segitiga ?

Apa Itu Garis Istimewa Pada Segitiga ?

- Selasa, 03 Mei 2022 | 10:00 WIB
Apa Itu Garis Istimewa Pada Segitiga ?

Segitiga merupakan salah satu bangun datar yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Didalam fikiran temen-temen sekarang pastinya juga sudah membayangkan bagaimana bentuk segitiga itu. Nah untuk lebih mengenal segitiga, Kali ini akan membahas garis istimewa, jadi apa itu garis istimewa pada segitiga? kita akan ulas bersama dalam artikel kali ini.

Apa Itu Garis Istimewa Pada Segitiga ?

Dalam sebuah segitiga, terdapat empat buah garis istimewa yang sudah sangat dikenal. Garis-garis istimewa tersebut yaitu garis tinggi, garis bagi, garis berat serta garis sumbu. Berikut ini pembahasan lengkap dari garis-garis istimewa pada segitiga.

1. Garis Tinggi Segitiga

Garis tinggi merupakan sebuah garis yang ditarik dari satu titik sudut sebuah segitiga serta tegak lurus terhadap sisi depannya.

4.9

Perhatikan gambar segitiga ABC diatas, CS merupakan garis tinggi dari segitiga ABC. Karena CS merupakan garis yang ditarik dari satu titik sudut segitiga dan tegak lurus sisi depannya.

2. Garis Bagi Segitiga

Garis bagi merupakan garis yang ditarik dari suatu titik sudut sebuah segitiga dimana garis bagi akan membagi dua sama besar sudut tersebut.

4.9

Perhatikan segitiga ABC diatas, manakah yang disebut dengan rais bagi ? garis CD merupakan garis bagi segitiga.

3. Garis Berat Segitiga

Garis berat merupakan garis yang ditarik dari titik sudut sebuah segitiga yang membagi dua sama panjang sisi depannya.

4.9

Perhatikan segitiga ABC diatas, garis CD merupakan garis berat dari segitiga ABC diatas.

4. Garis Sumbu Segitiga

Garis sumbu merupakan garis yang ditarik tegak lurus pada suatu sisi yang membagi dua sama panjang sisi segitiga tersebut.

4.9

Setelah temen-temen perhatikan segitiga KLM diatas, tentunya temen-temen sudah tahu mana yang termasuk garis sumbu. Sebuah garis yangtegak lurus KM serta membagi KM menjadi dua bagian yang sama panjang itulah yang disebut garus sumbu.

Setelah temen-temen membaca ulasan mengenai apa itu garis istimewa pada segitiga diatas. Semoga dapat membuat temen-temen semakin paham mengenai segitiga, khususnya garis istimewa yang ada pada segitiga.

Selamat Belajar.

Cari Artikel Lainnya