Home » Kongkow » Tips & Trik » Agar Kerja Makin Produktif dan Efisien Ikuti 7 Tips Inspiratif Berikut

Agar Kerja Makin Produktif dan Efisien Ikuti 7 Tips Inspiratif Berikut

- Sabtu, 09 Maret 2019 | 10:25 WIB
Agar Kerja Makin Produktif dan Efisien Ikuti 7 Tips Inspiratif Berikut

Hampir setiap hari kita bergelut dengan waktu dalam hal pekerjaan. Idealnya kita di Indonesia bekerja 8-9 jam sehari. Untuk itulah kita harus pandai mengatur waktu agar tidak sampai melebihi batas kemampuan kita. Siapa sih yang nggak ingin pekerjaannya cepat selesai? Semuanya pasti ingin tentunya. Namun tidak sedikit pula banyak yang cepat selesai tapi hasilnya tidak sesuai bahkan jauh dengan harapan.

Seorang pakar dunia kerja dan produktivitas, Grace Marshall seperti dilansir dari laman Kompas.com mengemukakan jika setiap orang sebenarnya bisa bekerja secara efisien. Nah, agar pekerjaan kita lebih efisien, produktif dan sesuai dengan harapan ada beberapa tips inspiratif yang bisa kamu simak. Berikut 7 diantaranya :

1. Susun Rencana Kerja

Pekerjaan yang baik adalah dapat terlaksana dengan baik. Untuk itulah kita harus mengatur rencana kerja kita agar tidak berantakan. Rencana ini bisa bersifat jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang. Dengan menyusun rencana kerja kita bisa mengetahui apa saja yang kita butuhkan serta menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dan jangan lupa ya awali dengan niat yang baik pula.

2. Menetapkan Prioritas

Setelah rencana kerja tersusun nih, langkah berikutnya adalah membuat prioritas. Ada pekerjaan yang harus kamu dahulukan dan mana yang bisa dipending. Namun bukan berarti meninggalkan pekerjaan luar prioritas ya guys. Lebih baik lagi jika kalian menggunakan listdalam catatan dan smartphone agar tidak lupa dan mudah mengatur pekerjaan utama.

3. Budayakan Disiplin

Musuh utama dalam pekerjaan adalah rasa malas. Pernah kan kita menyepelekan suatu pekerjaan atau menundanya?. Barang semenit, dua menit dan seterusnya sampai akhirnya lupa hingga kita pun keteteran di kemudian hari. Stop lakukan hal seperti ini, karena akan banyak waktu terbuang percuma. Ingat kata pepatah ’time is money’.

4. Fokuskan Diri

Terkadang ada orang beranggapan bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dalam satu waktu alias multitasking. Namun faktanya, justru sebaliknya. Seseorang bisa melakukan pekerjaan dengan baik karena fokus pada satu hal secara bergantian. Jadi nih, alangkah baiknya jika kita mengalokasikan energi dan waktu untuk pekerjaan yang kita hadapi.

5. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Baik dan Kondusif

Lingkungan bukan hanya soal tempat saja, tapi juga dengan situasi dan orang-orang disekitar kita. Ruang nyaman tak akan maksimal jika tidak tercipta chemistryantara rekan kerja. Nah, menciptakan chemistry bisa dilakukan dengan saling bercengkerama, koreksi diri dan interaksi serta memotivasi sesama. Yang penting lagi nih, jangan bawa urusan pribadi di kantor ya.

6. Jangan Terlalu Memaksakan Diri

Kerja keras sih boleh saja, asal jangan memaksakan diri ya. Tubuh juga perlu istirahat walaupun sejenak. Lakukan hal kecil di sela-sela aktivitas kerja seperti peregangan otot, minum air putih dan makanan bergizi secukupnya seperti buah-buahan tiap 1-2 jam sekali. Selain menyegarkan mood, istirahat sejenak membantu kita untuk rileks sehingga tubuh kembali fit mengerjakan sesuatu.

7. Gunakan Gadget dengan Fitur yang Mendukung

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu praktekkan agar kerja makin efisien dan produktif

Cari Artikel Lainnya