Home » Kongkow » Kesehatan » 9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Sehari

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Sehari

- Sabtu, 09 November 2019 | 11:00 WIB
9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Sehari

Salah satu olahraga yang cukup mudah dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya bagus untuk menurunkan dan menjaga berat badan ideal, jalan kaki juga punya manfaat lainnya lho.

Setidaknya dalam sehari, kamu harus meluangkan waktumu untuk berjalan kaki. Nih, 9 manfaat yang bisa kamu dapatkan, kalau sehari kamu mampu berjalan kaki 15 menit.

1. Bisa memaksimalkan metabolisme

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Seharipopsugar.com.au

Salah satu dampak terburuk dari gaya hidup yang tidak sehat adalah sindrom metabolik. Yakni tumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang, tingginya kolesterol dan tekanan darah, dan tingginya kadar gula darah. Kondisi ini bisa saja berlanjut menjadi serangan diabetes, penyakit jantung, hingga kematian.

Oleh sebab itu, jalan kaki bisa menjadi solusinya. Menurut sebuah studi di Nigerian Medical Journal, perkembangan sindrom metaboilik dapat berkurang hingga 29 persen jika setiap hari berjalan kaki minimal satu jam.

2. Kreativitasmu akan meningkat

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Seharimedicalnewstoday.com

Pikiranmu buntu? Segera lah keluar kamar dan mulai berjalan kaki. Minimal di lingkungan sekitar rumahmu. Sebab, jalan kaki juga bisa memunculkan kreativitas.

Sebuah penelitian dari Stanford University menemukan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas hingga 60 persen, baik di dalam maupun di luar ruangan.

3.Tidur jadi lebih nyenyak

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Seharithehealthy.com

Salah satu kunci kesehatan dan hidup yang panjang adalah istirahat cukup dan berkualitas. Sayangnya, hal sesederhana ini nyatanya tak semudah yang terlihat.

Bila kamu mengalami gangguan ini, berjalan cepat bisa membantumu untuk beristirahat dengan cukup dan berkualitas. Menurut Sleep Foundation, peneliti telah menemukan bahwa orang yang berolahraga (termasuk berjalan) secara rutin akan lebih mudah untuk tidur dengan nyenyak dibandingkan mereka yang bahkan berolahraga angkat beban atau jenis latihan berat lainnya.

4. Menenangkan pikiran dan mengurangi stres

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Seharikiplinger.com

Menurut Anxiety and Depression Association of America, berjalan kaki selama 10 menit saja bisa sama efektifnya dengan olahraga di gym selama 45 menit dalam urusannya dengan mengurangi gangguan kecemasan dan depresi. Hal ini karena berjalan dapat menekan kortisol keluar dari sistem tubuh sehingga kamu pun jadi minim stres. 

5. Menguatkan tulang

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Sehariprevention.com

Rajin berjalan kaki akan membuatmu memiliki risiko pengeroposan tulang lebih kecil. Bahkan tak hanya osteoporosis, olahraga simpel ini juga bisa mencegahmu dari fraktura dan penyusutan tulang, lho.

Peneliti dari American Bone Health Association pun mengamini hal ini ini dengan temuannya bahwa berjalan kaki secara rutin selama setidaknya enam bulan dapat memberikan efek positif yang signifikan pada kepadatan tulang.

6. Menjaga kesehatan mata

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Sehariwallhere.com

Menurut sebuah penelitian di The Journal of Neuroscience, peneliti menemukan bahwa aktivitas aerobik termasuk berjalan kaki yang dilakukan setiap hari membuat bola mata jadi lebih sehat. Kamu pun tidak lebih rentan untuk mengalami berbagai gangguan pada mata seperti degenerasi retina dan isu penglihatan lainnya.

7. Meredakan nyeri pinggang

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Seharisagmind.com

Saat merasa sakit, berjalan kaki tentu akan jadi opsi terakhir yang ingin kamu lakukan. Namun, sebuah studi di Annals of Rehabilitative Medicine menemukan bahwa berjalan kaki secara rutin justru menghilangkan keluhan sakit di area pinggang. Setidaknya meski tak sembuh total, rasa nyeri dan tak nyaman yang kamu alami dapat berkurang dengan olahraga ringan ini.

8. Memperbaiki suasana hati

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Sehariawol.junkee.com

Kalau sedang merasa suntuk, berjalan kaki terutama di area outdoor dapat membuatmu merasa lebih baik sebagaimana dinyatakan oleh American Journal of Preventive Medicine. Berdasarkan riset yang dilakukan, partisipan yang melakukan olahraga moderat seperti tenis, golf, kelas aerobik, berenang, dan menari selama sekitar 150 menit dan berjalan selama 200 menit setiap minggunya mempunyai level energi yang lebih tinggi, kesehatan emosional lebih baik, dan kehidupan sosial yang lebih baik pula.

9. Olahraga murah meriah

9 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Bila Berjalan Kaki 15 Menit Sehariparenting.firstcry.com

Di antara berbagai jenis olahraga, berjalan kaki merupakan salah satu yang paling murah dan mudah. Kamu bahkan tak harus memiliki outfit khusus untuk melakukannya dan dapat mewujudkannya di mana pun dan kapan pun. 

Nah, sudah tahu kan manfaat berjalan kaki 15 menit sehari? Gampang bukan? So, luangkan dirimu untuk berjalan kaki. Kalau membawa efek positif buat kesehatan, gak ada alasan buat mager kan!

Cari Artikel Lainnya