Home » Kongkow » Tutorial » 9 MANFAAT SAMPAH YANG TAK TERDUGA BERKAT DAUR ULANG

9 MANFAAT SAMPAH YANG TAK TERDUGA BERKAT DAUR ULANG

- Kamis, 05 September 2019 | 12:23 WIB
9 MANFAAT SAMPAH YANG TAK TERDUGA BERKAT DAUR ULANG

Selama ini kita tak begitu menyadari bahwa ternyata ada manfaat sampah lain yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Cara daur ulang di bawah ini menunjukkan manfaat tersebut. Mau tahu? Masalah sampah di muka bumi ini semakin pelik saja. Solusinya, selain diet kantong plastik, orang-orang pun banyak melakukan daur ulang sampah.

Bukan hanya mendaur ulang sampah menjadi pupuk, kamu pun bisa merubah benda-benda tak terpakai menjadi sesuatu yang kembali berguna. Tentunya, sampah-sampah ini bermanfaat banget! Hmmh.. mau tau manfaat sampah apa saja yang bisa kamu dapatkan dari benda-benda tak terpakai di sekitar rumah? Yuk, temukan idenya di bawah ini.

9 Manfaat Sampah Setelah Daur Ulang untuk Kehidupan Sehari-hari

1. Karton Dus Telur

Buat kamu yang senang membuat kue cupcake, enggak usah deh beli cupcake holder. Soalnya kamu bisa memanfaatkan karton dus telur yang tak lagi terpakai. Lihat saja contohnya di bawah ini.

manfaat sampah unik

Cupcake holder dari barang bekas ini bisa muat banyak, sampai 12 buah cup cake-lah kira-kira Kamu bisa menggunakannya saat akan menghias cup cake menggunakan frosting. Menjadikannya sebagai boks hantaran pun tak kalah cute.

2. Botol Saus Plastik

manfaat sampah unik

Suka gemas saat membuat kue dadar karena berantakan? Kini tak perlu khawatir lagi karena ada alat simpel yang dapat membantumu. Manfaatkan saja botol saus plastik yang sudah tak terpakai sebagai wadah menyimpan adonan pancake. Cukup buka penutup, kecrot kecrot isinya ke atas teflon, pancake pun jadi bundar sempurna. Welcom to anti repot repot club

3. Manfaat Sampah Kaleng Teh untuk Wadah Lilin

Tempat teh berbahan kaleng bisa kamu sulap jadi wadah lilin yang manis lho, Tidak percaya? Lihat saja contohnya di bawah ini.

manfaat sampah unik

Bahan-bahan yang kamu perlukan pun mudah di antaranya seperti lilin beeswax, minyak aromaterapi favorit, sumbu lilin, dan juga lidi.

4. Gelas Karton Kopi

manfaat sampah unik

Daripada tisu yang ada di meja belajar atau kerja berantakan, coba simpan di dalam gelas karton kopi. Tempat kopi ini berguna sebagai dispenser tisu simpel nan lucu. Lihat contohnya pada gambar di bawah ini. Tak disangka bukan manfaat sampah gelas karton kopi favoritmu?

5. Wadah Keju Parmesan

manfaat sampah unik

Punya wadah keju parmesan, merica, atau garam dengan lubang kecil-kecil? Jangan dibuang dulu! Kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan pupuk atau pelet ikan. Ingin menggunakannya sebagai tempat tusuk gigi untuk dapat dibawa-bawah pun ide yang oke!

6. Loyang Kue Muffins

manfaat sampah unik

Loyang-loyang kue dari material besi tidak boleh dipakai lagi bila sudah bolong dan berkarat parah. Tak usah dibuang, manfaatkan saja loyang besi, khususnya untuk muffin sebagai wadah perintilan perlengkapan hobi atau stasionary. Ga bakalan kececer lagi, deh!

7. Stoples Kaca Bekas

manfaat sampah unik

Bosan dengan stoples kue atau gelas Mason Jar yang ada, atau mungkin mereka sudah pecah dan tak dapat digunakan minum serta menyimpan kue? Ubah mereka menjadi pot mungil untuk tanaman herb atau tumbuhan mungil lainnya. Cucok meong, pokoknya!

8. Boks Set Coklat

manfaat sampah unik

siapa di sini yang sangat suka makan set coklat mahal yang dikemas apik dalam boks besar? Nah, boks yang sudah kosong melompong isinya bisa kamu isi kembali, lho! Misalnya dengan peralatan jahit seperti jarum, kancing, benang, hingga gunting pencukil kecil.

9. Kaos-Kaos Bolong dan Lusuh

manfaat sampah unik

Kaos lusuh memang nyaman dipakai, tapi masa iya kamu ingin terus menggunakannya hingga bertahun-tahun ke depan. Daripada masuk angin karena suka pakai kaos lusuh dan bolong sulap saja mereka menjadi keset.

semoga ulasan mengenai manfaat sampah di atas dapat menghilhamimu, ya!

Cari Artikel Lainnya