Home » Kongkow » Tips & Trik » 9 Cara Gampang Belajar Bahasa Korea Sendiri. Nggak Perlu Ikut Les, yang Penting Disiplinkan Diri

9 Cara Gampang Belajar Bahasa Korea Sendiri. Nggak Perlu Ikut Les, yang Penting Disiplinkan Diri

- Rabu, 06 Mei 2020 | 13:15 WIB
9 Cara Gampang Belajar Bahasa Korea Sendiri. Nggak Perlu Ikut Les, yang Penting Disiplinkan Diri

Siapa yang nggak tahu Korea Selatan? Setelah menyebarkan virus K-Pop dan drama Korea ke Amerika sampai Asia Tenggara, negeri Ginseng ini dalam sekejap jadi tujuan banyak anak muda. Barangkali kamu pun bercita-cita untuk berlibur atau bahkan belajar di Korea Selatan. Karena itulah banyak orang yang nggak segan untuk mempelajari bahasanya. Tapi belajar Hanguego alias bahasa Korea memang nggak mudah. Saking sulitnya, nggak sedikit yang putus belajar di tengah jalan. Tapi jangan menyerah! Meskipun bahasa Korea bukan yang paling gampang dipelajari, setidaknya 9 cara fun ini bisa membantumu Otakers!

1. Awali dengan pengucapan salam dan sapaan yang benar. Annyeonghaseyo adalah kata yang sering banget diucapkan sama orang Korea asli

Bungkukkan badan 90 derajat sambil Annyeonghaseyo

Saat mempelajari bahasa apa pun, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kata sapaan. Seperti bahasa Inggris yang menggunakan “hi” dan “hello” dalam setiap sapaan, bahasa Korea juga ada, yaitu “annyeonghaseyo”. Kata ini mutlak untuk kamu hafal. Kamu bisa menyapa siapa saja dengan kata ini. Katakanlah pada ayah, ibu, adik, kaka, teman, guru, dosen, atau bapak rektor kamu sambil membungkukkan badan 90 derajat. Kalau kamu ingin menyapa dengan nada santai, bisa pakai “annyeong” saja . Tapi, ini cuma bisa dipakai untuk menyapa teman atau orang yang lebih muda, ya. Kata ini bisa kamu ucapkan kapanpun tanpa harus bingung waktu pagi, siang, atau malam.

“Annyeonghigaseyo” adalah kata yang diucapkan ketika berpisah dengan seseorang, memiliki arti yang sama seperti “good bye”. Cukup mudah dipelajari, kan?

2. Kuasai bahasa kasualnya dulu, baru beralih mempelajari bahasa yang lebih formal

Bahasa casual buat ngobrol sama temen.

Mempelajari bahasa yang formal memang menuntut kemampuan lebih. Maka dari itu, baiknya kamu mulai menghapal kosakata yang kasual aja. Karena kita nggak perlu pake imbuhan-imbuhan seperti -imnida, -seyo, dan lain-lain. Maka dari itu, bahasa sehari-hari mudah untuk dipelajari bagi pemula seperti kamu.

Contoh: kamu bilang satu kata “baegopa” yang punya arti “lapar”, orang Korea akan tahu kalau kamu lagi butuh asupan nasi untuk tubuhmu.

3. Sering-sering lihat drama dan film Korea akan menambah banyak kosakata juga, lho

Buat kamu yang nggak pernah ketinggalan nonton drama Korea, itu adalah keuntungan buatmu. Walaupun masih harus nonton dengan bantuan subtitle, secara nggak sadar kamu akan mengingat kosakata yang sering banget dipakai buat percakapan. Yang paling sering dipakai adalah. Mungkin secara nggak sadar kata-kata itu akan terlontar dari mulutmu. Jadi, kosakata itu sudah menancap di alam bawah sadar kamu. Hehehehe.

4. Mau belajar hangul? Coba hafalkan huruf vokalnya dulu yang jumlahnya sedikit, baru ke huruf konsonan

Hangul adalah sebutan untuk aksara atau abjad Korea. Sekilas memang tampak sama seperti huruf Mandarin dan Jepang. Tapi, kalau kamu lihat dengan seksama, kamu akan tahu perbedaannya. Yap, hangul terlihat lebih rapi dengan garis-garis lurus.

Tips untuk mempermudah hafal huruf-huruf Korea adalah memulai dari huruf vokal yang terdiri dari 11 buah. Lebih banyak dari alfabet biasa memang. Tapi, semuanya gampang kok buat diinget. Setelah kamu sudah merasa hafal dengan vokal, kamu bisa memulai dengan huruf konsonannya. Kuncinya adalah sabar dan pelan-pelan, Guys.

5. Latih skill membaca dan menulis hangul-mu setiap hari. Pokoknya sering diasah biar nggak mudah lupa

Pusing juga ya bacanya.

Setelah kamu sudah bisa menghafal macam hurufnya, jangan lupa latihan menulis Hangul. Memang harus telaten ya, karena saat mempelajari bahasa baru, kita akan kembali menjadi bayi yang harus belajar mulai dari awal.

Coba kamu tulis namamu dalam Hangul. Hayo bisa nggak? Nggak masalah kok kalau kamu masih banyak salah. Kesalahan dalam belajar itu perlu. Diiringi dengan latihan, skill-mu akan terasah dengan sendirinya.

6. Grammar bahasa Korea memang agak ribet. Tapi kamu bisa cari materinya dari internet, Guys

Sering-sering browsing materi.

Mempelajari tata bahasa memiliki tantangan tersendiri memang. Dalam menyusun sebuah kalimat, pasti ada aturan-aturan paten yang harus dipenuhi. Kalau dalam bahasa Indonesia, harus ada subjek, predikat, dan objek. Sama halnya dengan bahasa Korea. Walaupun memiliki susunan yang berbeda, kamu harus telaten untuk menyusunnya. Jangan mudah menyerah, kamu pasti bisa menemukan solusinya. Kamu bisa browsing materi-materi grammar untuk pemula yang bisa membantumu. Banyak juga lho orang baik yang berbagi ilmu dengan siapa saja di internet. Kamu pasti bisa. Hwaiting!

7. Sering-seringlah dateng ke acara budaya Korea yang diadakan di kotamu. Banyak pelajaran baru yang akan kamu dapat

Semakin populernya budaya Korea Selatan di Indonesia, berjalan beriringan dengan bertambahnya orang-orang yang memiliki kesamaan di hal tersebut. Kalau kamu mau cari, pasti ada event yang bertema budaya Korea Selatan yang diadakan di kotamu. Sempatkanlah untuk datang. Kamu akan disuguhkan dengan rangkaian acara yang Korea banget, membahas tentang fakta-fakta di Korea Selatan yang akan menambah wawasanmu, dan pastinya dimanjakan dengan kuliner asli Korea seperti kimchi, ddokboekki, odeng, dan banyak lainnya. Dengan mencicipi rasa Korea, kamu akan makin semangat untuk belajar tentang bahasa dan budayanya.

8. Punya temen yang jago bahasa Korea? Jangan sia-siakan kesempatan emas untuk mengasah conversation-mu

Belajar bersama eonni cantik.

Seperti mempelajari bahasa-bahasa lainnya, kamu nggak boleh malu buat mempraktikkan ilmu yang kamu punya. Selain untuk mengasah kemampuan conversation dan nyali, kosakata yang kamu pelajari nggak akan sia-sia. Ada temen yang bahasa Koreanya lebih jago dari kamu? Jangan segan buat ajak dia ngobrol pakai bahasa Korea. Dibilang orang aneh dan sok? Jangan dipedulikan lah, Guys. Komentar mereka hanyalah ujian kecil untuk mengetes seberapa niatnya kamu untuk terus belajar.

9. Cari bule Korea yang lagi liburan di kotamu, lalu ajak ngobrol. Barangkali kamu nanti diboyong ke sana

Kalau kamu sedang tinggal di kota besar dan lagi punya banyak waktu luang, sering-seringlah nongkrong di tempat yang menjadi ikon terkenal di sana. Buat apa? Buat mencari bule Korea Selatan yang lagi mengunjungi tempat terkenal itu, buat diajak ngobrol. Kelihatan agak aneh dan berlebihan memang, tapi usaha nggak ada batasannya kan? Coba ajak mereka kenalan dan ngobrolin tentang Korea Selatan. Siapa tahu kalian bisa jadi sahabat dan diajak buat liburan ke sana juga. Impianmu bisa benar-benar terwujud, kan? Hehehehe.

Cari Artikel Lainnya