Home » Kongkow » kongkow » 8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

- Senin, 14 Mei 2018 | 13:00 WIB
8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Ramadan tinggal menghitung hari, nih! Sebagai umat Islam tentunya kamu seneng banget kan menyambut bulan berlipat pahala ini? Anak muda muslim juga kudu punya target untuk mengisi bulan suci supaya lebih maksimal daripada tahun sebelumnya. Semakin bertambah usia, tentunya kamu juga ingin semakin baik, dong!

Salah satunya adalah dengan menghidupkan masjid. Jangan sampai kamu ketinggalan momen berharga ini dan melewatkannya begitu aja. Kalau biasanya kamu cuma ke masjid untuk shalat 5 waktu, bulan Ramadan kali ini gak ada salahnya untuk ikut andil dalam memakmurkan masjid dengan kegiatan positif sebagai bentuk pengabdian seorang hamba kepada Sang Khalik.

Bulan Ramadan yang penuh spirit ruhani, pasti bikin semangat menghidupkan masjid lebih mudah dibangun. Peranmu gak cuma bermanfaat bagi masyarakat sekitar, jauh lebih penting kamu sendiri bakal semakin baik dalam agama dan keimanan.

Yuk, tingkatkan kembali semangat beramal kita lewat 8 kegiatan asyik di masjid yang wajib masuk daftar targetmu di bulan Ramadan.

1. Jangan lewatkan shalat tarawih berjamaah satu bulan penuh, jangan cuma di awal Ramadan saja ya!

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Shalat tarawih berjamaah yang cuma ada di bulan suci, menjadi ibadah yang ditunggu umat muslim. Kamu pasti kangen dengan suasana masjid yang jamaahnya meluber sampai ke teras pas shalat Tarawih, kan? Semua itu menjadi kehangatan dan spirit luar biasa dari bulan Ramadan.

Selain memperoleh limpahan pahala, gerakan shalat juga memberi manfaat kesehatan fisik terutama setelah berbuka puasa. Tapi, usahakan biar semangatmu gak kendor di tengah-tengah, ya!

Jaga selalu keistiqomahan shalat tarawih supaya masjid gak hanya penuh di awal saja. Kamu bisa baca-baca  tentang keutamaan shalat tarawih untuk mengembalikan semangat ibadahmu.

2. Ajak teman tadarus Al-Quran bersama di masjid

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Spirit tadarus Al-Quran bersama-sama pasti akan lebih terbangun daripada sendirian. Minimal kamu gak bakal mudah mengantuk. Nah, ba'da Shubuh adalah momen yang tepat untuk tadarusan bersama. Kalau biasanya kamu sulit menahan diri dari rasa kantuk setelah sahur, tadarus Al-Quran di masjid usai shalat subuh bisa menjadi solusi yang jitu.

Kalau ternyata kegiatanmu cukup padat dan harus dimulai sejak subuh, kamu bisa mengagendakan kegiatan tadarus bersama ini di sore hari menjelang berbuka. Momen ngabuburit kamu pasti bakal bernilai lebih banyak pahala.

3. Menjadi relawan buat bersih-bersih masjid

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Ikut andil dalam menjaga kebersihan masjid  terutama di bulan suci juga menjadi bagian dari memakmurkan masjid yang gak boleh kamu lewatkan. Kalau kamu gak bisa terjun langsung, minimal kamu bisa memberi sumbangan berupa peralatan kebersihan, wewangian, sajadah, perlengkapan shalat yang baru dan lain sebagainya.

Gak cuma bagian dalam masjid yang kudu diperhatikan, halamannya juga harus terlihat rapi dan indah dong! Kamu bisa mengajak teman lain untuk sama-sama membersihkan rerumputan atau daun kering.

Bisa pula membuat taman kecil supaya suasana masjid menjadi lebih segar. Pokoknya, apapun yang membuat masjid makin bersih dan indah, lakukan saja dengan ikhlas.

4. Membentuk program ‘Remaja Masjid’ untuk membimbing pesantren kilat anak-anak sekitar lingkungan

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Nah, untuk kegiatan satu ini kamu perlu persiapan yang matang baik dari strategi agenda dan spiritualmu sendiri. Tapi, kamu gak perlu minder karena target dari program ini adalah anak-anak yang masih sangat butuh bimbingan orang yang lebih dewasa. Justru dengan terjun langsung membina mereka, kamu bakal mendapat pelajaran tersendiri yang membuatmu lebih lurus memandang hidup.

Gak ada kebaikan apalagi ibadah yang sia-sia. Waktumu di bulan berkah ini justru bakal lebih bernilai dan penuh manfaat lewat program masjid ini. Apalagi makin sedikit anak muda yang peduli pada kegiatan keagamaan di zaman ini. Kalau kamu salah satu yang bisa aktif, kamu keren banget!

5. Buat kamu yang belum pernah nyoba jadi muadzin, bulan Ramadan ini adalah momen yang tepat untuk berlatih

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Kalau shalat ke masjid saat adzan berkumandang, itu udah biasa. Tapi kalau kamu menjadi muadzin dengan duduk menunggu waktu shalat tiba, itu baru muslim yang luar biasa. Momen Ramadhanmu pasti bakal makin spesial dengan kegiatan baru satu ini. Ditambah lagi limpahan pahala yang kamu peroleh sebagai muadzin.

Kamu bisa berlatih mengumandangkan adzan sebelum mencobanya langsung saat waktu shalat di masjid. Jangan lupa untuk meminta izin terlebih dulu pada  takmir atau marbot masjid sebelum memulai niat baikmu ini.

6. Ikut berperan dalam mengadakan pengajian umum untuk masyarakat

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Masjid gak cuma menjadi sarana ibadah shalat saja, fungsi masjid juga sebagai tempat orang-orang muslim mengkaji ilmu lewat pengajian. Biasanya sudah ada pengajian rutin di setiap masjid yang dihadiri oleh anggota ‘itu-itu’ saja. Nah, bulan Ramadan ini adalah momentum yang tepat untuk mengadakan pengajian yang melibatkan masyarakat luas.

Agar kegiatan ini terlaksana, kamu perlu membentuk panitia. Selain menambah pahala dan membuat dirimu berguna, kamu juga bakal belajar banyak dari pengalaman ini.

Seperti bagaimana menyusun acara, menggalang dana dan lain sebagainya. Dan yang jauh lebih penting lagi, kamu bakal menjadi hambaNya yang semakin shaleh.

7. Itikaf di masjid pada sepuluh hari terakhir Ramadan

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Dalam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terdapat malam yang sangat spesial dan paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Kamu tentunya tahu tentang keutamaan malam Lailatul Qadar, kan? Ya, ialah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Beritikaf di masjid demi mendapatkan keistimewaannya adalah anjuran dari Rasulullah. Kesempatan emas yang cuma ada setahun sekali ini memang sayang banget kalau dilewatkan.

Supaya kamu termotivasi untuk beritikaf di mesjid, kamu bisa bergabung dengan teman yang sudah sering itikaf supaya semangatnya menular padamu. Kamu juga bisa membaca tentang keutamaan Lailatul Qadarsupaya imanmu bertambah.

Yuk, kuatkan azzam dari sekarang untuk memperoleh Lailatul Qadar lewat beritikaf dan menghidupkan mesjid dipenghujung Ramadhan.

8. Ikut meramaikan takbiran

8 Kegiatan Asyik Generasi Millennial Hidupkan Masjid di Bulan Ramadan

Ini dia momen yang paling ditunggu umat muslim setelah sebulan penuh berpuasa. Kamu juga pasti sangat menantikan euforia takbiran dimana sukacita membahana dimana-mana, kan? Takbiran dimulai setelah maghrib pada malam menjelang tanggal 1 Syawal, sampai selesai dilaksanakannya shalat Ied.

Takbiran memang gak harus terpaku di masjid, kamu pasti sering lihat banyak juga muslim yang menyemarakkan takbir di jalanan dan lapangan. Nah, Ramadan tahun ini coba deh kamu kontribusikan waktu untuk ikut mengisi takbiran di masjid terdekat. Tentunya menghidupkan masjid dengan untaian takbir bakal menjadi penyempurna ibadahmu di bulan suci.

Nah, itulah beberapa kegiatan seru yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan masjid di bulan Ramadan. Semakin banyak ibadah, semakin berlipat pula ganjarannya. Jadi gak sabar nunggu Ramadan tiba, ya!

Cari Artikel Lainnya