Home » Kongkow » Materi » 7 Macam Bangun Ruang Lengkap Dengan Rumusnya

7 Macam Bangun Ruang Lengkap Dengan Rumusnya

- Selasa, 15 Desember 2020 | 09:12 WIB
7 Macam Bangun Ruang Lengkap Dengan Rumusnya

Dibawah ini adalah beberapa macam bangun ruang yang akan kami jelaskan dan juga kami sediakan rumus bangun ruang agar ketika anda akan menghitung soal bangun ruang anda bisa hafal rumus-rumus sederhana ini

Balok

Balok

Balok itu merupakan bangun ruang yang memiliki 3 (tiga) dimensi yang terbentuk oleh 6 (enam) buah persegi panjang yang saling tegak lurus, jika anda melihat lemari es di rumah anda atau bisa juga melihat lemari pakaian itu merupakan salah satu bangun ruang balok yang ada di sekitar kita.

Kubus

Kubus

Kubus merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki panjang rusuk yang sama atau bangun yang memiliki enam buah sisi yang sama dan juga sebangun, dan kubus ini juga termasuk didalam bangun ruang tiga dimensi.

Limas

Limas

Limas itu termasuk dalam 7 macam bangun ruang, limas sendiri memiliki alas segi n dan sisi-sisi yang tegak berbentuk segitiga, limas juga termasuk kedalam bangun ruang tiga dimensi, limas itu memiliki n + 1 sisi, 2n rukuk dan juga n + 1 titik sudut.

Prisma segitiga

Prisma segitiga

Dan selanjutnya dalah prisma segitiga yang ikut masuk kedalam bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas dan juga atap yang memiliki bentuk segitiga yang berukuran sama.

Kerucut

Kerucut

Kerucut itu merupakan salah satu bangun ruang yang memiliki alas yang berbentuk lingkaran dengan selimut yang memiliki irisan dari lingkaran.

Tabung

Tabung

Tabung juga merupakan 7 macam bangun ruang, tabung ini dibatasi sisi lengkung dengan dua buah lingkaran, tabung sendiri juga merupakan bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai tutup dan juga alas yang berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sama, sedangkan bagian selimutnya memiliki bentuk persegi panjang.

Bola

Bola

Bola itu merupakan salah satu bangun ruang 3 (tiga) dimensi, yang permukaannya memiliki jarak yang sama terhadap titik pusatnya, dan bola ini merupakan bangun ruang yang dibatasi oleh sisi lengkung.

Dan itulah 7 Macam bangun ruang yang bisa kami bahas saat ini, anda bisa mempelajari mengenai macam bangun ruang ini agar anda bisa membedakan satu  sama lainnya.

Cari Artikel Lainnya