Home » Kongkow » Kesehatan » 7 MANFAAT COCOR BEBEK UNTUK MASALAH SEHARI-HARI. AYO, COBA!

7 MANFAAT COCOR BEBEK UNTUK MASALAH SEHARI-HARI. AYO, COBA!

- Jumat, 02 Agustus 2019 | 10:25 WIB
7 MANFAAT COCOR BEBEK UNTUK MASALAH SEHARI-HARI. AYO, COBA!

Belum banyak orang yang tahu manfaat cocor bebek untuk masalah sehari-hari. Kebanyakan, orang-orang mengetahui tumbuhan sekulen ini karena sering tumbuh subur di pekarangan atau teras rumah. Tanaman ini ternyata dikenal sebagai tumbuhan herbal yang kandungannya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Meskipun sering tumbuh liar di kebun, tanaman dengan bentuk seperti paruh bebek ini juga dikenal sebagai tanaman hias. Tertarik untuk memanfaatkannya? Langsung saja disimak yuk ulasan lengkapnya!

Manfaat Cocor Bebek untuk Masalah Sehari-hari

1. Antiseptik untuk Menyembuhkan Luka

manfaat cocor bebek

Cocor bebek memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri alama yang sang cocok sebagai pengganti antiseptik untuk menyembuhkan luka. Selain itu, antibakteri di dalamnya pun bisa mencegah iritasi yang diakibatkan oleh luka. Untuk memanfaatkannya, cukup tumbuk daun cocor bebek hingga halus, campurkan sedikit air, dan tempelkan pasta tersebut pada luka selama beberapa jam.

2. Meredakan Sakit Kepala

Daun tumbuhan yang satu ini sangat aman untuk dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Mengunyah daun cocor bebek yang habis dipetik ternyata mampu meredakan sakit kepala lho.Pasalnya, tanaman ini mengandung asam fomiat, magnesium, glucoside, dan kalsium yang baik untuk meredakan otot kepala yang menegang. Jika kamu tidak terbiasa mengunyah langsung tanaman, kamu merebus daun tersebut dan minum air rebusan serta makan daunnya sebagai lalapan.

3. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

manfaat cocor bebek

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cocor bebek mengandung antibakteri dan antiinflamasi yang ternyata bisa juga digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengolahnya:

  1. Lumat daun cocor bebek hingga halus.
  2. Campur dengan air mawar secukupnya (atau air biasa jika tidak ada).
  3. Usapkan campuran tersebut pada wajah.
  4. Diamkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Pemakaian secara teratur akan menyembuhkan jerawat dan menghilangkan bekasnya.

4. Meredakan Demam

Manfaat cocor bebek juga meliputi fungsinya sebagai alternatif obat kompres. Untuk pengaplikasiannya, ikut langkah-langkah sederhana berikut ini:

  1. Lumatkan 2-4 helai daun cocor bebek.
  2. Tempelkan daun cocor bebek yang sudah halus pada dahi atau kepala sebagai kompres.

Selain itu, airnya juga bisa kamu balurkan pada tubuh sebagai kompres badan.

5. Mengatasi Sakit Gigi

manfaat cocor bebek

Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang bisa mengganggu produktivitas sehari-hari. Untungnya, tanaman yang satu ini bisa menjadi solusi cepat untuk mengatasinya. Inilah beberapa langkah-langkah yangh harus diikuti untuk membuat obat alternatif:

  1. Siapkan 4-6 helai daun cocor bebek.
  2. Lumatkan daun tersebut hingga halus.
  3. Tempelkan di atas pipi gigi yang sakit.

Lakukan langkah di atas sesering mungkin hingga rasa sakit pada gigi hilang dan tak kembali.

6. Mengeringkan Bisul

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membuat obat bisul adalah 7-8 helai daun cocor bebek. Lumatkan daun tersebut hingga menjadi satu dan campurkan dengan madu serta air hangat. Minum air tersebut sebagai antiseptik dan tempelkan sisa lumatannya pada bisul. Lama-kelamaan, bisul akan segera pecah dan mengering.

7. Mengatasi Gigitan Nyamuk

manfaat cocor bebek

Ternyata, lumatan cocor bebek juga ampuh untuk mengobati gigitan nyamuk. Lumatkan 5-10 helai daun dan peras hingga keluar air. Gunakan air tersebut sebagai obat oles untuk mengatasi gigitan nyamuk.

***

Inilah beberapa manfaat cocor bebek yang harus kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya,

Cari Artikel Lainnya