Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Trik Merawat Tas Kulit Biar Nggak Jamuran dan Pudar Warnanya. Harga Mahal Bukan Jaminan

5 Trik Merawat Tas Kulit Biar Nggak Jamuran dan Pudar Warnanya. Harga Mahal Bukan Jaminan

- Senin, 20 April 2020 | 12:31 WIB
5 Trik Merawat Tas Kulit Biar Nggak Jamuran dan Pudar Warnanya. Harga Mahal Bukan Jaminan

Tas berbahan kulit hingga saat ini masih banyak diminati masyarakat. Meski harganya terbilang cukup mahal, namun kualitasnya tak usah diragukan lagi. Supaya awet, tas kulit harus dirawat dengan benar. Jika tidak, tas kulit bakal rentan kena jamur dan warnanya tak cantik lagi.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan guna menghindari pertumbuhan jamur di tas berbahan kulit milikmu.

1. Simpan tas di tempat yang punya sirkulasi udara bagus

Ternyata, menyimpan tas kulit dalam lemari tertutup justru bisa membuatnya ditumbuhi jamur. Sebab, udara dalam lemari cenderung lebih lembap. Untuk menghindari jamur, tas bisa diletakkan pada rak kaca terbuka.

2. Isi tas harus segera dikeluarkan setelah dipakai

Tanpa sadar kita sering memasukkan plastik sampah kecil di dalam tas. Padahal, benda seperti ini bisa bikin bagian dalam tas kotor dan rentan jamuran. Untuk menimalisir, kamu harus mengeluarkan semua isi tas ketika sampai rumah. Bersihkan, dan buang benda tak penting yang ada di dalamnya.

3. Sesekali tas juga perlu diangin-anginkan di luar ruangan

Gantunglah tas di luar ruangan selama beberapa jam. Tapi, hindari paparan sinar matahari langsung karena bisa merusak warnanya. Untuk menjaga kelembapannya, tas harus segera disimpan kembali dan masukkan silica gel ke dalamnya.

4. Kalau tak sengaja kena air, tas harus segera dikeringkan dengan tisu

Agar bagian luar tas nggak rusak, lap sesuai dengan alur seratnya. Jika terlalu basah atau air masuk ke dalam, tas harus segera dijemur dengan posisi terbalik. Selain tisu, kamu juga bisa memakai lap kacamata karena serat kainnya cukup halus.

5. Bersihkan tas minimal satu kali dalam sebulan

Keluarkan tas dari tempat penyimpanan, kemudian lap dengan menggunakan kain halus yang sudah diberi losion antijamur. Setelah itu, tas bisa diangin-anginkan sebentar supaya losion meresap dan nggak bikin lembap permukannya.

Nah, jika kamu mulai menemukan spot-spot jamur pada permukaan tas kulitmu, segera bersihkan dengan menggunakan cuka sebelum menyebar. Selain tas, tips ini juga bisa kamu praktikkan untuk barang material kulit lainnya, baik dompet maupun jaket. Selamat mencoba!

Cari Artikel Lainnya