Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Macam Kerusakan Ritsleting dan Cara Membetulkannya. Jangan Dibiarin Melongo Gitu Aja

5 Macam Kerusakan Ritsleting dan Cara Membetulkannya. Jangan Dibiarin Melongo Gitu Aja

- Selasa, 30 Juni 2020 | 13:28 WIB
5 Macam Kerusakan Ritsleting dan Cara Membetulkannya. Jangan Dibiarin Melongo Gitu Aja

Hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan karena ritsleting yang rusak pada baju, celana, tas atau jaket yang dimilikinya. Entah ritsleting yang nggak mau nutup, lepas giginya, atau yang suka turun-turun sendiri karena kurang kencang. Kalau udah begini, biasanya barang yang ritsletingnya rusak itu dianggap nggak bisa dipakai lagi lalu disingkirkan gitu aja. Padahal sebenarnya masih bisa dibetulin lo. Kalau ada masalah sama ritsletingmu, jangan buru-buru buang dulu dulu deh, coba trik membetulkan segala macam kerusakan ritsleting berikut.

1. Kerusakan pertama karena ritsletingnya macet atau susah digerakkan, nggak mau membuka atau menutup

Ritsleting yang macet meski sudah ditarik kuat-kuat biasanya disebabkan karena slider atau kepala ritsleting yang terkait benang-benang halus di sekitarnya atau karena kekeringan pada gigi ritsleting.

Akali dengan menggosokkan lilin batangan pada gigi ritsleting untuk melumasinya. Selain pakai lilin batangan, kamu juga bisa menggosokkan grafit yang ada pada mata pensil atau mengoleskan petroleum jeli.

2. Ritsleting yang terpisah dan nggak mau nyambung, seringnya kejadian pada jaket atau tas nih!

Ada dua penyebab yang memicu kerusakan ristleting yang satu ini, bisa karena gigi ritsleting yang kotor dan slider yang bengkok atau renggang. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengurangi isi tas (kalau masalah ritsletingnya pada tas). Selanjutnya, ikuti cara berikut:

  • Kalau gigi ritsletingnya kotor: buatlah larutan air sabun lalu celupkan dengan cotton bud dan gosok-gosokkan pada gigi ritsleting. Lalu bilas dengan air bersih.
  • Kalau slider-nya bengkok atau renggang: Gunakan tang yang ujungnya runcing untuk mengencangkan kepala ritsleting yang renggang, atau betulkan posisinya jika bengkok.

3. Ritsleting yang suka turun dan terbuka sendiri karena gigi ritsletingnya yang udah mulai aus, biasanya kejadian pada celana

Kalau gigi ritsletingnya udah aus, tentu slider-nya yang berat jadi tertarik ke bawah. Sebenarnya gigi ritsleting yang aus ini udah nggak bisa dibenahi lagi selain dengan menggantinya. Tapi masih bisa kamu akali kok!

Gunakan pengait gantungan kunci yang bisa kamu beli di toko peralatan jahit atau ngambil di bekas gantungan kunci. Kaitkan pengait ini di mata slider, tarik ke atas, lalu masukkan lubang gantungan kunci di kancing celana.

4. Gigi ritsleting bagian bawah terlepas atau hilang, akhirnya bikin slider-nya nggak bisa berfungsi dengan baik

  • Tarik slider (buka gigi ritsleting) sampai ujung bawah hingga slider terlepas pada sisi sebelah kiri ritsleting.
  • Lepas juga pengunci ritsleting yang berbentuk terowongan persegi.
  • Pasang slider, lalu tarik ke atas.
  • Pasang lagi pengunci ritsleting pada ujung gigi paling bawah.
  • Jahit bekas gigi ritsleting yang rusak biar nggak gampang robek.

5. Kerusakan juga bisa terjadi pada penahan ritsleting bagian atas yang bikin slider-nya gampang melorot

  • Tarik ritsleting ke atas, lalu balik baju atau celana agar bagian dalam ritsleting berada di luar.
  • Carilah jahitan yang mengencangkan penahan ritsleting bagian atas, bongkar dan tarik dengan tang untuk melepaskan penahan ritsleting bagian atas.
  • Masih di posisi yang sama, masukkan gigi bagian kiri ke dalam sisi kiri kepala ritsleting, lakukan hal yang sama pada sisi bagian kanan.
  • Pegang bagian bawah ritsleting dengan satu tangan, sedangkan tangan satunya menggerakkan kepala ritsleting ke bagian tengah.
  • Balik baju atau celana ke arah depan, pasang penahan ritsleting bagian atas di gigi atas pada sisi kiri ritsleting. Lalu tekan dengan tang dan kencangkan.
  • Jahit kembali lapisan kain belahan ritsleting dengan jarum dan benang.

Memang, untuk membetulkan ritsleting yang rusak ini butuh ketelatenan, terlebih kalau ada langkah menjahitnya juga. Tapi nggak ada salahnya kamu coba terapkan sebelum minta tolong ke tukang jahit untuk membenahinya. Kalau masalah-masalah kecil kayak gini bisa kamu urus sendiri, statusmu nggak jauh-jauh deh dari kata ‘mandiri’.

Cari Artikel Lainnya