Home » Kongkow » Tips & Trik » 5 Cara Terbaik Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

5 Cara Terbaik Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

- Senin, 26 Februari 2018 | 15:00 WIB
5 Cara Terbaik Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas dan pintar. Ini menjadi tanggung jawab atau kewajiban bagi orang tua membangun kecerdasan untuk sang buah hati. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus punya peran penting untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

Kecerdasan Otak Anak Terdapat Pada Otak Kanan

Sebelum menjawab pertanyaan “mengapa harus dengan otak kanan?” kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu otak. Otak merupakan pusat kontrol pengendali tubuh Anda. Dimana otak pula lah yang mengendalikan bagaimana cara kita berfikir, berinteraksi, bekerja, memerintah anggota tubuh lainnya dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kecerdasan otak anak terdapat pada otak kanan. Karena otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang) dibandingkan dengan otak kiri yang bersifat ingatan Jangka pendek yang jelas sangat jauh perbedaan nya. disebut long term memory karena otak kanan adalah otak imajinasi. Dengan mengoptimalkan otak kanan, dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi serta kemampuan berfikir.

Dari sini kami menyarankan kepada orangtua agar lebih berkonsentrasi pada peningkatan kualitas otak kanan pada anak-anak yang sesuai dengan dunianya. Otak kiri biarlah sekolah yang bertugas untuk melatihnya dan semakin menguatkanya. Sehingga disinilah kecerdasan anak akan terlatih dan meningkat.

Beberapa Cara Untuk Melatih Kecerdasan Otak Kanan Pada Anak

1. Ajari anak menggambar

Otak anak akan semakin cerdas tatkala dia mampu menggambarkan sesuatu dan menuangkannya pada kertas. Identiknya anak-anak biasanya jika di suruh menggambar gunung maka dia akan menggambarkan gunung dengan bentuk segitiga.

Ini pertanda otak anak belum berkembang maka sebagai orang tua cobalah untuk melatih otak kanan anak dengan cara mengajarinya menggambar yang baik sehingga mampu mewakili wujud aslinya. Jika di contohkan dengan gunung maka gambarkan gunung sesuai dengan layaknya gunung yang memiliki pohon serta bentuk yang relif tidak segitiga.

2. Latihlah anak untuk pandai bercerita

Dengan melatih anak untuk pandai bercerita maka ini juga secara otomatis daya imajinasi anak Anda akan semakin terlatih dan kecerdasannya pun akan semakin terlatih juga dan akan semakin meningkat.

Hal termudah agar anak Anda mampu bercerita adalah seringlah Anda bercerita kepada anak Anda. Berikanlah cerita yang baik-baik seperti kisah-kisah nabi, sejarah orang-orang hebat dan biografi orang ternama.

3. Perdengarkan lantunan Al-Quran

Jika Anda seorang muslim, maka inilah salah satu cara yang paling efektif untuk menigkatkan kecerdasan otak kanan anak. Tidak hanya di perdengarkan saja namun di bimbing sampai anak-anak mengerti dan mampu menghafal Al-Quran ini. Karena bagaimanapun juga orang yang dominan otak kanan akan meyakini keajaiban Al-Quran.

4. Rangsang anak untuk banyak bertanya

Semakin banyak bertanya maka akan semakin baik untuk perkembangan otak anak sehingga kecerdasan anak akan semakin meningkat karena banyaknya pertanyaan dan rasa penasaran sehingga ini akan dia tanyakan. Orangtua yang baik adalah meraka yang mampu menjawab pertanyaan anak dengan baik dan merangsang anak untuk tidak kapok dalam bertanya.

5. Terapi musik & gelombang otak

Mengenalkan musik pada usia dini memang memberikan manfaat besar bagi anak. Selain itu, musik merupakan salah satu hal yang memang paling menyenangkan walaupun ada beberapa jenis aliran musik yang tidak disenangi. Namun, dengan mengenalkan anak pada dunia musik maka akan membantu mengasah otak kanan anak.

Terapi Musik untuk Meningkatkan Kecerdasan

Musik merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Dengan menggunakan terapi musik dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dengan cepat. Selain itu, musik terbukti bisa membantu mengembangkan IQ dan akademik anak.

Kami merekomendasikan kepada anak Anda dengan terapi gelombang otak, terapi ini bekerja dengan cara merangsang otak atau menstimulasi otak yang bertujuan mengatur dan menyeimbangkan pola gelombang otak. Metode terapi musik ini lah solusi yang tepat untuk otak anak Anda.

Nah itulah cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan otak anak, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda semua. 

Cari Artikel Lainnya