Home » Kongkow » Tutorial » 21+ Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Ampuh, Cepat, Alami

21+ Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Ampuh, Cepat, Alami

- Kamis, 23 Juli 2020 | 16:00 WIB
21+ Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Ampuh, Cepat, Alami

cara-mengusir-lalat-doktersehat

Keberadaan lalat di rumah tentunya sangat mengganggu. Selain memberikan kesan jorok, lalat juga berisiko menyebarkan penyakit. Nah, supaya lalat tidak lagi mengganggu, coba berbagai cara mengusir lalat berikut ini!

Cara Mengusir Lalat di Rumah yang Ampuh dan Alami

Keberadaan lalat di dalam rumah tentunya tidak dapat dibiarkan. Meskipun tidak secara langsung berbahaya, tapi lalat dapat membawa banyak penyakit yang kemudian dapat ditinggalkannya di dalam rumah, seperti pada makanan contohnya.

Berikut adalah cara mengusir lalat di rumah yang ampuh yang dapat Anda coba!

1. Cara Mengusir Lalat dengan Garam

Cara mengusir lalat dengan garam cukup simpel, Anda hanya perlu menaburkan garam di sekitar area yang ingin Anda hindari dengan lalat.

Selain menggunakan garam, banyak juga orang yang mencampurkan garam dengan kunyit bubuk untuk mengusir lalat. Bukan hanya lalat saja, tapi semut juga dapat dipercaya dapat terusir dengan menggunakan garam.

2. Jebakan Kayu Manis untuk Usir Lalat

Cara ampuh mengusir lalat yang kedua yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan kayu manis.

Agar lebih mudah penggunaannya, Anda dapat menggunakan minyak kayu manis dalam bentuk minyak esensial. Aroma yang Anda sukai dari kayu manis ternyata justru tidak disukai untuk oleh nyamuk. Maka dari itu, bahan alami satu ini sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Cara mengusir lalat dengan aroma kayu manis adalah sebagai berikut ini:

  • Potong kertas tisu dengan lebar sekitar 4 cm dan panjang 30 cm atau gunakan pita kertas
  • Teteskan 1 minyak kayu manis di ujung setiap potongan tisu tersebut
  • Gantung beberapa lembaran tisu tersebut di depan jendela atau celah lainnya di mana lalat dapat masuk, tempelkan dengan menggunakan selotip.

3. Cara Mengusir Lalat dengan Kayu Manis di Luar Rumah

Sebelumnya adalah cara mengusir lalat di rumah dengan menggunakan kayu manis, lalu bagaimana jika Anda sedang di luar rumah?

Ternyata kayu manis dapat memberikan perlindungan ganda bagi Anda, yaitu di dalam rumah dan di luar rumah. Anda juga bisa membuat pengusir lalat yang dapat dioleskan di kulit sehingga dapat menghindarkan Anda dari lalat ketika Anda keluar rumah.

Terdapat beberapa cara meracik obat anti lalat dengan menggunakan minyak kayu manis. Anda mungkin akan membutuhkan body lotion, minyak jojoba atau minyak zaitun, atau alkohol gosok sebagai campuran.

Cara pertama membuat losion antilalat dengan minyak kayu manis:

  • Campurkan minyak kayu manis dengan tabir surya atau body lotion
  • Gunakan minyak kayu manis secukupnya, hingga lotion berubah aroma menjadi aroma kayu manis
  • Oleskan campuran tersebut sebelum Anda keluar rumah

Cara mengusir lalat di siang hari dengan obat antilalat dari minyak kayu manis kedua:

  • Campurkan minyak kayu manis dengan minyak jojoba atau minyak zaitun dengan perbandingan 1:16 (1 tetes minyak kayu manis dengan 16 tetes minyak zaitun atau jojoba) dalam sebuah toples
  • Tutup toples kemudian kocok agar minyak tersebut tercampur dengan baik (selain menggunakan toples, Anda juga dapat menggunakan botol spray agar campuran dapat diaplikasikan di kulit dengan lebih mudah)
  • Oleskan minyak pada bagian tubuh yang ingin Anda lindungi, jangan lupa untuk mengocok toples atau botol spray setiap Anda akan menggunakan campuran tersebut.

4. Lilin Sereh Baunya Tak Disukai Lalat

Sereh dikenal sebagai tanaman yang memiliki aroma yang khas.

Aroma dari sereh ini terkenal ampuh untuk mengusir nyamuk. Namun selain mengusir nyamuk, ternyata aroma sereh juga tidak disukai oleh lalat, sehingga Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengusir lalat.

Salah satu cara mendapatkan aroma sereh dengan mudah adalah menggunakan lilin aromaterapi dengan aroma sereh. Anda dapat membakar lilin ini di beberapa sudut rumah yang berkemungkinan dihinggapi lalat.

5. Potongan Timun

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah menggunakan potongan timun.

Lalat biasa dan lalat buah biasanya sering berkerumun di dekat tempat sampah. Ternyata lalat tidak menyukai mentimun, sehingga kondisi ini tentunya dapat menguntungkan Anda.

Anda dapat menempatkan irisan timun di sekitar tutup tempat sampah atau di atas tumpukan sampah untuk mencegah lalat datang.

6. Cara Mengusir Lalat dengan Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk ke dalam bahan alami yang dibenci oleh lalat.

Cara mengusir lalat dengan bawang putih adalah dengan cara membuat semprotan antilalat dengan bahan utama bawang putih. Tidak sulit membuat campuran ini, Anda hanya membutuhkan bawang putih, air, dan mungkin sedikit garam.

Berikut adalah langkah cara mengusir lalat dengan bawang putih yang bisa Anda lakukan:

  • Cincang beberapa siung bawang putih hingga halus
  • Taburkan garam secukupnya di atas bawang putih agar minyak yang terkandung dalam bawang putih dapat keluar
  • Campurkan bawang putih dengan air dengan perbandingan 1:5 (jika komposisi ini tidak berhasil, Anda dapat mencoba formula lain dengan menambahkan komposisi bawang putih)
  • Tempatkan campuran tersebut dalam sebuah botol semprot
  • Semprotkan cairan pengusir lalat tersebut ke beberapa spot di rumah tempat di mana Anda melihat lalat sering berkumpul
  • Usahakan untuk tidak menyemprotkannya ke tanaman, karena akan berpotensi merusak tanaman.

7. Minyak Eukaliptus dan Lemon Eukaliptus

Minyak eukaliptus adalah minyak yang mirip dengan minyak kayu putih, namun pada dasarnya keduanya berasal dari pohon yang berbeda dan juga memiliki aroma yang tentu berbeda.

Minyak eukaliptus, terutama jenis lemon eukaliptus, dipercaya sebagai salah satu esensial oil yang dapat membantu mengusir lalat. Sama seperti jenis minyak esensial yang disebutkan sebelumnya, minyak eukaliptus juga tidak disukai oleh lalat karena aromanya.

Berikut adalah beberapa cara berbeda untuk mengusir lalat menggunakan minyak eukaliptus:

  1. Mencampurkan minyak eukaliptus dengan air atau minyak lainnya seperti minyak lavender atau minyak cendana dan menempatkannya dalam botol semprot.
  2. Membakar minyak eukaliptus seperti membakar aromaterapi di area di mana lalat banyak berkumpul.
  3. Oleskan minyak eukaliptus pada kain, kemudian simpan di tempat di mana lalat berkumpul.

8. Cara Mengusir Lalat dengan Daun Pandan

Bahan alami lain yang memiliki aroma yang menyenangkan namun tidak disukai lalat adalah daun pandan.

Pandan yang biasa digunakan sebagai bahan pewarna alami dan bahan pelengkap dalam beberapa masakan ini ternyata memiliki banyak fungsi lain. Pandan terbukti dapat mengusir serangga seperti kecoa dan banyak juga masyarakat yang mencoba pandan sebagai pengusir lalat.

Cara mengusir lalat dengan daun pandan adalah sebagai berikut:

  • Potong daun pandan dan simpan dalam sebuah wadah (aromanya akan lebih kuat ketika daun pandan dipotong-potong)
  • Simpan wadah berisi potongan daun pandan tersebut di tempat-tempat yang rawan didatangi oleh lalat

Selain menggunakan daun pandan asli, penggunaan ekstrak daun pandan juga dipercaya ampuh untuk mengusir serangga. Bahkan menanam pandan saja dipercaya dapat membantu menghindarkan rumah Anda dari serangga.

9. Aroma Lavender untuk Mengusir Lalat

Lavender dapat membantu mengusir lalat di rumah dengan beberapa cara.

Anda dapat menanam lavender ini di sekitar rumah dan Anda juga bisa menggunakan minyak lavender untuk mengusir lalat. Selain dapat membantu mengusir lalat, lavender juga dikenal ampuh mencegah datangnya nyamuk.

Cara mengusir lalat dengan minyak lavender:

  • Campurkan sebotol air dengan beberapa tetes minyak lavender
  • Semprotkan campuran tersebut ke area rumah yang sering didatangi oleh lalat.

10. Campuran Cuka dan Sabun Cuci Piring

Cara ampuh mengusir lalat selanjutnya bukan menggunakan aroma yang dibenci lalat, melainkan yang disukai oleh lalat.

Campuran cuka dan sabun cuci piring dapat membantu menjebak lalat. Wangi dari cuka dapat mengundang lalat datang, kemudian lalat akan terjebak dan tenggelam dalam campuran cuka dan sabun cuci piring tersebut.

Cara mengusir lalat dengan cuka dan sabun cuci piring adalah sebagai berikut:

  • Isi gelas kaca besar dengan cuka kurang lebih setinggi 2,5 cm kemudian campurkan dengan beberapa tetes sabun cuci piring, Anda dapat menggunakan cuka apel maupun cuka biasa
  • Tutup gelas menggunakan plastik gunakan karet untuk menjaga plastik tetap terpasang pada gelas
  • Buat lubang kecil pada plastik, jangan terlalu besar namun pastikan lalat dapat berusaha masuk ke dalamnya karena tertarik dengan cuka
  • Lalat akan tenggelam dan terjebak di dalam gelas tersebut

11. Cara Mengusir Lalat dengan Daun Pepaya

Daun pepaya juga dipercaya dapat membantu mengusir lalat.

Aroma daun pepaya yang diremas dapat mengganggu lalat sehingga lalat dapat menjauh dari tempat tersebut. Meskipun mungkin efektivitasnya belum terbukti secara ilmiah, tapi cara ini patut untuk dicoba, terutama bagi Anda yang memiliki pohon pepaya di sekitar rumah.

13. Memelihara Tanaman Basil

Basil adalah tanaman mirip dengan daun kemangi.

Pada dasarnya Anda dapat menanam baik kemangi maupun basil di sekitar rumah untuk membantu mengatasi lalat. Basil dan kemangi termasuk ke dalam tanaman yang memiliki aroma paling kuat yang dapat mengganggu lalat.

Tanam kemangi di tempat-tempat yang mungkin banyak lalat, seperti jendela yang berada di dekat dapur.

14. Tanaman Mint untuk Mengusir Lalat

Selain tanaman basil, tanaman mint juga termasuk ke dalam tanaman yang dapat mengusir lalat.

Tanaman basil dan mint juga dapat Anda manfaatkan sebagai rempah bahan masakan. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat lalat yang menjauh, tapi Anda juga memiliki persediaan berbagai daun yang dapat dijadikan sebagai rempah di rumah.

15. Cara Mengusir Lalat dengan Kulit Jeruk

Kulit buah yang kita sering anggap sebagai sampah ternyata dapat memberikan berbagai manfaat juga, lho.

Ekstrak kulit jeruk memang dikenal ampuh untuk mengusir serangga, terutama nyamuk. Aroma dari kulit jeruk ini ternyata juga dapat membantu mengusir lalat. Ditambah lagi aroma jeruk yang segar tentunya tidak akan membuat kita terganggu.

Cara mengusir lalat di rumah dengan kulit jeruk:

  • Gosok kulit jeruk agar aromanya keluar dan tempatkan dekat jendela atau dekat pintu, tempat di mana kira-kira lalat masuk ke dalam rumah
  • Apabila kulit jeruk sudah mengering, ganti dengan kulit jeruk yang masih baru

16. Buah Jeruk atau Lemon dan Cengkeh

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa jeruk ampuh untuk mengusir lalat, ternyata terdapat cara lain untuk memanfaatkan jeruk, yaitu menggabungkannya dengan cengkeh.

Anda dapat menggunakan jeruk, jeruk nipis, hingga lemon. Aroma dari jeruk sudah dapat mengusir lalat, ditambah lagi dengan aroma cengkeh.

Cara mengusir lalat dengan jeruk dan cengkeh adalah sebagai berikut:

  • Tusukkan 10-15 cengkeh ke dalam jeruk, jeruk nipis, atau lemon, Anda bisa membiarkan jeruk utuh atau membelahnya menjadi dua bagian agar aromanya semakin keluar
  • Simpan jeruk di beberapa sisi rumah di mana lalat mungkin dapat masuk

17. Perangkap Lalat dari Kertas

Perangkap lalat berbahan dasar kertas mungkin dapat Anda temukan di toko, namun Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah.

Anda dapat menggunakan kertas minyak (yang biasa digunakan untuk membungkus makanan) atau kertas sampul tebal untuk membuat jebakan lalat. Jebakan ini akan memerangkap lalat sehingga lalat tidak dapat masuk ke dalam rumah.

Cara membuat perangkap lalat dengan kertas:

  • Oleskan sirup jagung ke seluruh permukaan kertas
  • Gantung kertas di tempat di mana lalat mungkin memasuki rumah
  • Lalat akan terperangkap dan tidak akan masuk ke dalam rumah

18. Cara Mengusir Lalat Secara Alami dengan Plastik Isi Air

Cara satu ini dapat dikatakan cara klasik, namun memang terbukti sebagai cara ampuh mengusir lalat, yaitu menggunakan plastik berisi air.

Plastik berisi air yang digantung dapat memantulkan cahaya sehingga membingungkan penglihatan lalat. Hal ini membuat lalat menjauh dan mengurungkan niat untuk masuk ke dalam rumah.

Cara usir lalat dengan menggunakan plastik isi air adalah berikut:

  • Isi plastik transparan besar dengan air hingga 2/3 penuh
  • Ikat plastik menggunakan tali dan gantungkan di dekat jendela atau letakkan di dekat tempat yang ingin terhindar dari lalat

19. Perangkap Lalat dari Botol Plastik Bekas

Berikutnya adalah perangkap lalat yang sangat mudah untuk Anda buat di rumah, Anda bahkan dapat memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai.

Perangkap ini dibuat dari botol plastik bekas dan dilengkapi dengan madu atau sirup jagung yang akan memerangkap lalat. Anda juga dapat meletakkan bahan lain yang dapat menarik perhatian lalat seperti kentang busuk atau sayuran.

Cara membuat perangkap lalat menggunakan botol plastik bekas:

  • Potong bagian atas botol hingga terpisah dari bagian bawahnya
  • Oleskan madu atau sirup jagung pada seluruh permukaan botol bekas, tempatkan juga kentang busuk atau sayuran di atasnya
  • Letakkan bagian atas botol dengan posisi terbalik

20. Cara Usir Lalat dengan Insektisida Piretrin

Piretrin adalah insektisida alami yang dapat membantu mengusir serangan lalat.

Jenis insektisida ini termasuk yang paling umum digunakan untuk mengatasi lalat. Penggunaan insektisida dalam ruangan sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Anda harus memastikan ventilasi di ruangan tersebut baik dan layak dan ikuti petunjuk penggunaan insektisida dengan benar.

Insektisida bisa menjadi cara ampuh mengusir lalat di rumah, tapi kemungkinan hanya untuk jangka pendek saja.

21. Mengusir Lalat dengan Air Gula

Campuran lain yang dipercaya ampuh untuk menjebak lalat adalah air gula.

Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu melarutkan gula dengan air panas, kemudian memasukkannya ke dalam gelas kaca. Lakukan cara yang sama seperti membuat jebakan dengan cuka dan juga sabun pencuci piring.

22. Membersihkan Sumber yang Mengundang Lalat

Hal ini mungkin jarang diperhatikan, padahal menjadi salah satu cara mengusir lalat yang paling penting.

Ya, sebelum Anda mencari cara mengusir lalat atau membuat perangkap untuk lalat, pastikan lebih dulu adakah yang membuat lalat tertarik untuk masuk ke rumah Anda. Sisa makanan di meja makan, bekas piring yang belum di cuci, atau kekacauan lain di rumah mungkin bisa menjadi penyebabnya.

Lalat menyukai tempat yang kotor, sehingga jika Anda ingin terhindar dari lalat, pastikan lebih dulu rumah Anda terjaga kebersihannya.

Itu dia berbagai cara mengusir lalat yang dipercaya paling ampuh. Beberapa cara di atas memang tidak terbukti secara ilmiah, namun cara mengusir lalat secara alami di atas relatif aman untuk dilakukan. Jadi, tidak ada salahnya jika dicoba. Selamat mencoba!

Cari Artikel Lainnya