Home » Kongkow » kongkow » 12 Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia

12 Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia

- Sabtu, 05 Desember 2020 | 17:15 WIB
12 Fakta Unik Indonesia Yang Mendunia

Pesona Indonesia memang tidak pernah habis untuk dibahas satu per satu. Banyak orang yang berasal dari luar Indonesia tertarik untuk mengunjungi tempat – tempat menarik di Indonesia. Bahkan saat ini banyak warga negara asing memilih Indonesia sebagai tempat tinggal serta merubah kewarganegaraan mereka menjadi Indonesia. Tentu ada banyak hal yang menyebabkan Indonesia berbeda dibandingkan dengan negara – negara lain yang ada di dunia. Dan berikut ini ada beberapa fakta unik dari Indonesia yang perlu kalian ketahui!

  1. Negara Dengan Jumlah Pulau Terbanyak

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika Indonesia masuk ke dalam salah satu daftar sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Pulau – pulau yang dimiliki oleh Negara Indonesia ada sekitar 18.307 pulau, terbentang dari Sabang hingga Merauke. Akan tetapi hanya sekitar 9.000 pulau saja yang dihuni. Tidak hanya itu saja, beberapa pulaunya masuk juga ke dalam pulau terbesar di dunia antara lain Papua dengan luas mencapai 786 km persegi, Pulau Kalimantan (743 km persegi), dan juga Pulau Sumatera dengan luas sekitar 443 km persegi.

  1. Memiliki Bahasa Terbanyak

Selain memiliki banyak pulau, Indonesia juga terkenal akan bahasa yang banyak, bahkan menempati urutan kedua di dunia setelah Papua Nugini. Tercatat ada sekitar 749 bahasa yang dimiliki Negara Indonesia dan keseluruhan bahasa tersebut merupakan bahasa daerah. Bahkan setiap daerah memiliki aksen atau logat yang berbeda meskipun berada di lingkungan yang sama. Meskipun begitu beberapa bahasa daerah sudah mulai mengalami kepunahan akibat terhambatnya penurunan generasi selanjutnya.

  1. Mempunyai Suku Bangsa Dan Budaya Terbanyak

Jumlah pulau yang banyak juga mempengaruhi keragaman suku di Indonesia. Menurut catatan BPS di tahun 2010 ada sekitar lebih dari 300 etnis atau 1.340 suku bangsa yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia. Selain perbedaan bahasa daerah, keragaman setiap suku bisa dilihat dari pakaian adat, makan tradisional, tradisi yang dilakukan secara turun temurun dan lain sebagainya. Meskipun memiliki banyak perbedaan di setiap daerah, masyarakat di Indonesia masih menjunjung tinggi nilai persatuan dan selalu berusaha menjaga perdamaian di negara Indonesia.

  1. Negara Dengan Jumlah Populasi Terbanyak Di Dunia

Sebagai negara berkembang, Indonesia menghadapi salah satu masalah yakni populasi penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya. Jumlah penduduk di Indonesia di tahun 2019 mencapai angka 267 juta jiwa. Hampir sebagian besar penduduk di Indonesia tinggal di daerah perkotaan atau kota besar dan Jakarta adalah salah satu kota terpadat di Indonesia dengan jumlah populasi  lebih dari 10 juta jiwa. Tidak hanya itu saja, Indonesia juga dikenal sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia yakni sekitar lebih dari 230 juta.

  1. Berada Di Wilayah Cincin Api Dunia

Masuk ke dalam kawasan cincin api dunia atau the ring of fire membuat Negara Indonesia mempunyai lebih dari 400 gunung berapi. Meskipun begitu ada sekitar 130 gunung berapi di Indonesia yang tercatat sebagai gunung api aktif hingga saat ini. Sebagian besar gunung api tersebut berada di sepanjang Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali, Nusa Tenggara, Maluku hingga Papua. Gunung Bromo adalah salah satu contoh gunung aktif di Jawa Timur dan cukup aman untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya dijadikan tempat wisata, pada umumnya daerah yang berada di kawasan cincin api memiliki tanah yang subur sangat cocok untuk dilakukan tanaman budidaya pertanian.

  1. Mempunyai Hutan Terluas

Meskipun hutan yang terdapat di Indonesia tidak seluas Hutan Amazon, namun keanekaragaman hayati yang berada di dalamnya cukup lengkap dan beragam. Hutan yang dimiliki Negara Indonesia sebagian besar berada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Tidak hanya sebagai tempat tinggal bagi beberapa flora dan fauna, hutan di Indonesia juga memiliki peran penting dalam mengatur keseimbangan iklim dunia. Seperti yang kita ketahui jika hutan mempunyai tugas sebagai penyuplai oksigen di dunia. Namun saat ini hutan di Indonesia sedang mengalami krisis akibat adanya pembalakan liar serta pembukaan lahan baru yang tentunya mengancam keberlangsungan hidup flora dan fauna yang tinggal di dalam hutan.

  1. Keanekaragaman Bahari

Kekayaan alam Indonesia tidak hanya terdapat di daratan saja, laut Indonesia juga memiliki pesona tersendiri di dalamnya. Tercatat jika Indonesia memiliki sekitar 150 spesies ikan hiu yang salah satunya termasuk ke dalam jenis langka dan endemik seperti hiu berjalan Raja Ampat. Selain itu terdapat pula jenis ikan terkecil di dunia yang berasal dari Sumatera, mempunyai panjang rata – rata 7,9 mm, tidak bertulang kepala serta tubuh yang transparan. Tidak hanya itu saja, kekayaan alam Indonesia bisa dilihat dari jumlah trumbu karang yang cukup banyak yakni sekitar 65 persen dari 75.000 km persegi segitiga coral di seluruh dunia.

  1. Garis Pantai Terpanjang Di Dunia

Sebagai negara maritim, sudah tentu Indonesia memiliki wilayah garis pantai yang cukup panjang. Diketahui jika garis pantai yang dimiliki oleh Indonesia ada sekitar 33.998 mil dan masuk ke dalam urutan ketiga di dunia. Hal ini disebabkan karena garis pantai tersebut berada di sejumlah pulau di Indonesia jika digabungkan secara keseluruhan. Ada garis pantai tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi Indonesia terutama di bidang pelayaran dan ekonomi. Garis pantai juga mempengaruhi munculnya tempat – tempat wisata pantai dan salah satu yang terkenal yaitu Pantai Kuta di Bali.

  1. Tempatnya Para Produsen Kopi

Kopi menjadi minuman favorit bagi hampir semua orang di dunia. Di Indonesia ada beragam jenis kopi yang beberapa diantaranya sudah diekspor ke berbagai negara. Meskipun negara Brazil terkenal sebagai produsen kopi nomor 1 di dunia, Indonesia juga tidak kalah karena memiliki kopi termahal di dunia yaitu kopi luwak. Biji kopi ini berasal dari kotoran musang yang memakan kopi kemudian diolah hingga menjadi secangkir kopi dengan harga jual antara Rp100.000 – Rp300.000.

  1. Terdapat Hutan Bakau Terbesar

Selain memiliki garis pantai, Indonesia juga menjadi negara dengan hutan bakau terbesar di dunia. Seperti yang kita ketahui jika hutan bakau berfungsi sebagai penahan gelombang laut serta mencegah abrasi. Tidak hanya itu saja, hutan bakau juga menjadi tempat tinggal beberapa burung air yang bermigrasi dari berbagai tempat. Luas hutan bakau di Indonesia mencapai 2,5 – 4,5 juta hektar yang tersebar di sepanjang wilayah pesisir. Dengan luas hutan bakau tersebut Indonesia berhasil mengalahkan negara lain seperti Brazil, Australia dan Nigeria, bisa dikatakan jika 25 persen hutan bakau di dunia berada di Indonesia.

  1. Rumah Bagi Reptil Raksasa

Siapa yang tidak mengenal reptil terbesar di dunia ini atau lebih dikenal sebagai komodo. Diperkirakan jika komodo sudah ada sejak zaman peruba dan hanya bisa ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Menurut sejarah, komodo pertama kali ditemukan oleh bangsa Belanda pada tahun 1920  di Pulau Komodo. Berdasarkan cerita dari China mengenai naga sebenarnya mengacu pada komodo yang diketahui jika DNA-nya tidak jauh berbeda dengan dinosaurus.

  1. Memiliki Candi Terbesar Di Dunia

Salah satu keajaiban dunia yang dimiliki oleh Indonesia yakni Candi Borobudur. Bangunan megah peninggalan agama Budha ini sudah sangat terkenal di dunia internasional. Candi Borobudur dibangun semasa pemerintahan Raja Samaratunga sebagai tempat peribadatan umat beragama Budha. Bangunan yang tersusun dari batu – batuan besar serta terdapat relief di bagian dindingnya ini membuat Candi Borobudur terdapat sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Demikian beberapa daftar fakta unik tentang Indonesia yang telah mendunia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

 

Cari Artikel Lainnya