Home » Kongkow » Kesehatan » 11 Fakta Dan Manfaat Rumput Teki Yang Kaya Khasiat

11 Fakta Dan Manfaat Rumput Teki Yang Kaya Khasiat

- Senin, 30 Desember 2019 | 14:04 WIB
11 Fakta Dan Manfaat Rumput Teki Yang Kaya Khasiat

Jangan pandang sebelah mata, rumput teki memiliki segudang khasiat yang mengejutkan lebih dari sekedar rumput biasa.

Rumput Teki Foto Utama

Sering dipandang sebelah mata, ternyata rumput teki yang tumbuh liar menyimpan segudang manfaat. Faktanya, bagian umbi pada rumput teki merupakan salah satu bagian yang kaya manfaat, sebab dalam umbi rumput teki terkandung zat yang baik yang dapat digunakan sebagai obat herbal. Rasanya sedikit pahit, namun aromanya wangi. Tak hanya umbinya, bagian akar, daun, dan batangnya juga sangat berkhasiat mulai dari mengobati luka hingga mengatasi kolesterol jahat dalam darah. Selengkapnya, simak 11 fakta dan manfaat rumput teki ini.

Rumput Teki Adalah Gulma

Tumbuh liar, ternyata <a href=rumput teki menyimpan banyak khasiat. (Foto: Pixabay)" src="https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/11/Rumput-Teki-011.jpg" style="height:267px; width:400px" />

Tumbuh liar, ternyata rumput teki menyimpan banyak khasiat. (Foto: Pixabay)

Berbeda dengan rumput jenis ground cover pada umumnya, rumput teki tumbuh dengan ukuran lebih tinggi yang biasanya mencapai 10-100cm, daunnya berjumlah 4 hingga 10 helai, bunganya berwarna coklat kemerahan, dan umbinya memiliki bentuk dan ukuran yang mirip dengan kencur. Karena termasuk tanaman gulma yang kuat dan tahan dengan berbagai kondisi, rumput teki ini memang sulit dibasmi. Bahkan, Anda bisa dengan mudah menemukannya di sekitar rumah.

Manfaat Rumput Teki

Rumput teki bisa tumbuh liar dan Anda harus menjauhkan kotoran hewan dari tanaman tersebut. (Foto: Pexels)

Rumput teki bisa tumbuh liar dan Anda harus menjauhkan kotoran hewan dari tanaman tersebut. (Foto: Pexels)

Tumbuhan liar ini telah lama dikenal memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Kenali manfaatnya dan cobalah sembuhkan gangguan kesehatan dengan tanaman sejuta khasiat ini.

1.    Mempercepat Penyembuhan Luka

Caption: Kompreskan pada luka hingga sembuh. (Foto: Pixabay)

Kompreskan pada luka hingga sembuh. (Foto: Pixabay)

Karena sifatnya yang dapat mempercepat proses pembekuan darah maka rumput teki bisa digunakan untuk mengompres luka. Caranya pun mudah, tumbuk kasar batang dan daun rumput teki, lalu kompreskan pada bagian luka hingga rumput teki terasa mengering. Setelah itu, bilas dengan air mengalir hingga bersih. Lakukan beberapa kali hingga luka sembuh.

2.    Meredakan Sakit Menstruasi

Untuk haid yang tidak teratur, <a href=rumput teki juga dapat diandalkan. (Foto: Pixabay)" src="https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/11/Rumput-Teki-001.jpg" style="height:267px; width:400px" />

Untuk haid yang tidak teratur, rumput teki juga dapat diandalkan. (Foto: Pixabay)

Siklus bulanan pada wanita seringkali dirasa tak mudah, apalagi bila Anda selalu merasakan nyeri. Namun, jangan kuatir. Resep alami dari umbi rumput teki berkhasiat meredakan sakit menstruasi. Caranya, cuci bersih umbi rumput teki, haluskan dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusan dan minum airnya secara teratur. Bahkan, bila tamu bulanan datang tidak teratur, resep ini juga bisa membuat haid menjadi lebih teratur.

3.    Mengobati Gangguan Pencernaan

Untuk haid yang tidak teratur, rumput teki juga dapat diandalkan. (Foto: Pixabay)

Bila Anda memiliki masalah pencernaan seperti diare, nyeri lambung, dan lainnya, rumput teki bisa jadi solusi masalah Anda. Umbi rumput teki mengandung senyawa aktif dan enzim yang mampu merangsang reaksi biokimia yang berguna untuk sistem pencernaan. Cara mengolahnya sama dengan poin di atas, cukup direbus, dan konsumsi air rebusannya. Dengan mengonsumsi umbi rumput teki ini, gangguan pencernaan bisa diatasi dengan baik.

4.    Memperlancar Saluran Urin

Rumput teki mengobati kencing batu. (Foto: Pexels)

Rumput teki mengobati kencing batu. (Foto: Pexels)

Tak hanya itu, air rebusan umbi rumput teki, juga bisa mengobati kencing batu. Saluran urin yang terhambat karena penggumpalan garam ini bisa lancar kembali karena air rebusan umbi rumput teki yang bersifat diuretik atau membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh.

5.    Menghaluskan Kulit

Oleskan ekstrak <a href=rumput teki sebelum tidur. (Foto: Pexels)" src="https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/11/Rumput-Teki-007.jpg" style="height:522px; width:400px" />

Oleskan ekstrak rumput teki sebelum tidur. (Foto: Pexels)

Manfaat satu ini sangat disukai kaum hawa. Ekstrak rumput teki yang sudah diolah menjadi minyak bisa berguna untuk mencerahkan kulit. Lebih dari itu, akar rumput teki memiliki sifat anti penuaan untuk kulit dan mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Sebelum tidur, oleskan minyak rumput teki pada kulit tangan, kaki dan bagian yang menghitam seperti Anda sedang menggunakan lotion. Biarkan khasiatnya bekerja optimal semalaman selagi Anda tidur.

6.    Meredakan Demam

Kompreskan umbi <a href=rumput teki pada lipatan untuk meredakan demam. (Foto: Pixabay)" src="https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/11/Rumput-Teki-010.jpg" style="height:245px; width:400px" />

Kompreskan umbi rumput teki pada lipatan untuk meredakan demam. (Foto: Pixabay)

Umbi rumput teki memang menyimpan banyak manfaat, salah satunya meredakan demam. Hal ini karena umbi rumput teki mampu merangsang keluarnya keringat dalam tubuh sehingga membantu menormalkan kembali suhu tubuh saat demam. Tak perlu repot, haluskan umbi rumput teki dan campurkan dengan sedikit air. Bungkus dengan kain tipis dan kompreskan pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

7.    Melancarkan Buang Air Besar

Konsumsi umbi <a href=rumput teki secara teratur, urusan BAB jadi lancar! (Foto: Pexels)" src="https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/11/Rumput-Teki-006.jpg" style="height:267px; width:400px" />

Konsumsi umbi rumput teki secara teratur, urusan BAB jadi lancar! (Foto: Pexels)

Susah BAB? Jangan kuatir, Anda bisa mengonsumsi umbi rumput teki yang sudah diolah menjadi bubuk. Ambil satu sampai dua sendok teh bubuk umbi rumput teki dengan 400ml air, rebus hingga air mencapai 200 ml. Saring dan minum setelah hangat. Bila perlu, Anda bisa mencampurnya dengan 60 gram akar alang-alang dalam rebusan. Dengan mengonsumsi secara teratur, urusan BAB bukan masalah lagi.

8.    Menghilangkan Sakit Gigi

Sakit gigi pergi jauh dengan mengonsumsi umbi rumput teki. (Foto: Unsplash)

Sakit gigi pergi jauh dengan mengonsumsi umbi rumput teki. (Foto: Unsplash)

Aww, sakit gigi memang bisa sangat menganggu. Berita baiknya, ramuan rumput teki ini mampu meredakan sakit gigi Anda. Caranya, haluskan umbi rumput teki lalu seduh dengan 200ml air panas. Setelah hangat, tambahkan sedikit madu dan minum airnya. Bye bye sakit gigi!

9.    Ketombe, Bye Bye

Masker rambut alami penghilang ketombe. (Foto: Unsplash)

Masker rambut alami penghilang ketombe. (Foto: Unsplash)

Haluskan daun dan batang rumput teki, lalu tambahkan minyak kelapa. Campurkan hingga semua bahan menyatu dengan baik. Anda bisa menggunakannya sebagai masker rambut dengan cara balur merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Ramuan ini juga efektif untuk  mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut serta aman digunakan oleh bayi.

10. Mengontrol Kolesterol Dalam Darah

Minum air rebusan daun dan batang <a href=rumput teki untuk menurunkan kolesterol dan risiko hipertensi. (Foto: Pexels)" src="https://cdn-cms.pgimgs.com/static/2019/11/Rumput-Teki-004.jpg" style="height:267px; width:400px" />

Minum air rebusan daun dan batang rumput teki untuk menurunkan kolesterol dan risiko hipertensi. (Foto: Pexels)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa bioaktif yang ditemukan pada rumput teki memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan trigliserida. Kandungan ekstrak alkoholnya juga mampu menurunkan risiko hipertensi. Caranya, rebus daun dan batang rumput teki. Minum air rebusannya secara teratur setiap hari.

11. Meredakan Lebam

Lebam hilang, anak ceria kembali berkat rumput teki. (Foto: Pexels)

Lebam hilang, anak ceria kembali berkat rumput teki. (Foto: Pexels)

Kulit biru lebam akibat terbentur biasanya sering dialami anak-anak yang terlalu heboh bermain. Untuk menghilangkannya, gunakan rumput teki yang masih segar. Cuci bersih dan giling atau memarkan, lalu tempelkan pada bagian yang membiru. Tak hanya itu, bila ada kuku yang bengkak, Anda juga bisa menumbuk halus bagian umbinya lalu bungkus dengan daun. Panaskan dengan cara mengukusnya sebentar saja. Balut kuku yang sakit dengan tumbukan umbi yang masih hangat. Anda bisa menggunakan dengan kain kasa dan perekat agar balutannya rapi.

Pastikan pula area sekitar rumput teki tumbuh bersih dan tidak tercemar dari kotoran hewan liar.

Cara Rumput Teki Berkembang Biak

Rumput teki terkenal mampu berkembang biak dengan cepat dan “bandel.” (Foto: Pixabay)

Rumput teki terkenal mampu berkembang biak dengan cepat dan “bandel.” (Foto: Pixabay)

Rumput teki berkembang biak secara vegetatif menggunakan stolon atau disebut juga dengan geragih. Stolon atau geragih adalah perpanjangan dari batang utama yang tumbuh menyamping dan di ruas-ruasnya akan tumbuh bakal tumbuhan baru. Bentuk stolon berbuku-buku dan beruas-ruas. Di ruas inilah akan muncul tunas baru yang dapat menjadi individu baru.

Setelah dewasa, tumbuhan ini akan tumbuh memanjang dan kemudian menjauhi induknya lalu membengkok ke atas dan membentuk tumbuhan baru. Biasanya Stolon sendiri dapat berada sekitar 1 meter di bawah permukaan tanah. Hal inilah yang menyebabkan rumput teki sangat susah untuk dibasmi secara total.

Klasifikasi Rumput Teki

Rumput teki si gulma kaya manfaat penting ada di pekarangan dekat rumah Anda. (Foto: Pexels)

Rumput teki si gulma kaya manfaat penting ada di pekarangan dekat rumah Anda. (Foto: Pexels)

Rumput teki memiliki nama ilmiah Cyperus rotundus L dan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom

Plantae (tumbuhan)

Sub kingdom

Tracheobinto (Tumbuhan berpembuluh)

Super divisi

Spermatophyta (Tumbuhan menghasilkan biji)

Divisi

Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)

Kelas

Liliopsida (Tumbuhan monokotil)

Ordo

Cyperales

Family

Cyperaceae

Genus

Cyperus

Spesies

Cyperus rotundus L

Nah, apakah Anda sudah pernah mencobanya? Tak hanya baik untuk mengobati penyakit. Namun, rutin mengonsumsi rumput teki dengan benar juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan stamina Anda. Karena itu, bila Anda menemukan rumput teki tumbuh di halaman rumah, jangan buru-buru dibabat habis, ya! 

Cari Artikel Lainnya