Home » Kongkow » kongkow » 10 Pelajaran Hidup dari Seorang Albert Einstein yang Wajib Kamu Pahami

10 Pelajaran Hidup dari Seorang Albert Einstein yang Wajib Kamu Pahami

10 Pelajaran Hidup dari Seorang Albert Einstein yang Wajib Kamu Pahami

Albert Einstein, tentu kalian mengenalnya. Ilmuwan nyentrik ini terkenal akan kejeniusannya dalam bidang sains dan turunannya. Ditunjang dengan IQ diatas rata-rata dan berbagai penemuan telah ia dapatkan sepanjang hidupnya. Tentu kehidupan seorang Albert Einstein tidak semulus yang kita bayangkan.

Sempat dicap bodoh dan gila, Einstein menjalani kehidupannya denga penuh lika-liku. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari seorang jenius Albert Einstein. Mau tahu apa saja? Simak dengan baik dibawah ini, sob.

1. Nikmatilah hidup ini.

A table, a chair, a bowl of fruit and a violin, what else does a man need to be happy?

Sebagai seorang ilmuwan fantastis abad 20, Albert Einstein tentu telah melalui berbagai fase yang pasti tidak mudah. Bahkan dengan penyakit dislexia dan sindrom Asperger yang dideritanya, Einstein tetap melangkah maju dengan menikmati setiap momen hidupnya. Sampai ia meninggal pun ia berkata bahwa "Saya ingin pergi ketika saya ingin. Hambar untuk memperpanjang hidup secara artifisial. Saya telah melakukan bagian saya, sekarang saatnya untuk pergi. Aku akan melakukannya dengan elegan."

Apa yang telah kalian lalui hingga sampai saat ini adalah sebuah kemenangan yang harus dirayakan. Fokuslah pada apa yang telah kamu lakukan hari ini. Jangan terjebak dengan masa lalu yang justru mengahambat diri kalian.

2. Buatlah kesalahan.

Anyone who has never made a mistake has never tried anything new.

Kesalahan adalah hal yang sangat penting selama kita hidup. Dengan kesalahan, kita tahu sebuah perjuangan. Kesalahan juga sebagai pelatuk yang membuat kita terus belajar dan menjadi lebih baik lagi. Begitu juga dengan seorang Albert Einstein. Ia juga seorang manusia biasa yang tak luput dari salah. Berbagai percobaan yang dilakukannya beberapa kali mengalami kegagalan semisal kesalahannya dalam menafsirkan prinsip mahc serta yang paling tersohor adalah kesalahan pertamanya ketika melakukan percobaan pada toeri relativitas umum.

Namun Einstein mengatakan bahwa "Jangan takut berbuat salah. Kesalahan bukan kegagalan. Kesalahan bisa membuat anda lebih kuat, lebih pandai dan lebih cepat".

3. Pengetahuan berasal dari sebuah pengalaman.

The only source of knowledge is experience.

Ketika sebuah pengalaman bekerja, maka pengetahuan pun akan di nomor duakan. Ya, pengalaman menjadi hal yang penting selama kita hidup. Einstein selalu menghargai sebuah pengalaman, ketika sang fisikawan gagal dalam menerapkan sebuah teori relativitasnya yang tersohor tersebut, ia sadar bahwa pengalaman gagalnya saat itu sangat berguna bagi percobaannya dikemudian hari.

Ia sempat berujar bahwa dirinya lebih meyakini sebuah pengalaman daripada informasi. Lebih jelasnya ia katakan seperti ini  "Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman." Sangat jelas bahwa Einstein begitu yakin pada sebuah pengalaman. Jadi banyak-banyaklah mencari pengalaman yang positif, guys.

4. Gunakanlah imajinasi karena itu adalah kekuatan yang sangat kuat.

Logic will get you from A to B - Imagination will take you everywhere

Berimajinasi adalah hal yang paling sering Einstein lakukan ketika melakukan berbagi percobaan ilmiah sepanjang hidupnya. Imajinasi adalah sebuah dunia yang tidak ada batasnya. Ketika kalian mampu mengkombinasikan antara imajinasi dan kreatifitas, maka hal yang luar biasa akan lahir dalam diri kalian. Seperti ujaran Einstein bahwa jika sebuah logika akan membawa kalian dari daerah satu ke daerah yang lain. Namun dengan imajinasi, kalian dapat menjelajahi daerah manapaun tanpa batas. So, berbagai penemuan yang dilakukan einstein tidak semata menggunakan logika ilmiah, namun ada sumbangan besar dari apa yang disebut imajinasi.

5. Buatlah sesuatu yang bernilai.

"Jangan pernah bercita-cita menjadi orang yang sukses tapi berpikirlah untuk menjadi manusia bernilai."

Selama kalian hidup didunia ini, ciptakanlah sesuatu yang bernilai. Tidak perlu sesuatu yang mahal dan mewah, dengan membantu orangtua dirumah pun adalah sebuah hal yang sangat bernilai. Mulailah sesuatu dari hal-hal kecil. Albert Einstein mengaplikasikan ujarannya tentang menjalani hidup yang bernilai lewat sebuah penemuannya yaitu sel surya. Sel Surya sendiri adalah suatu energi alternatif yang memanfaatkan cahaya untuk diubah menjadi energi listrik. Hingga saat ini buah dari penemuan Einstein tersebut terus dikembangkan guna kemaslahatan masyarakat dunia.

6. Peduli terhadap sesama.

Belas kasihlah terhadap sesama dan bersikap keraslah pada diri sendiri.

Jangan bersikap Individualis jika ingin sukses dalam hidup. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendirian di dunia ini. Albert Einstein tentu sangat menentang soal penemuannya yang tujuannya untuk kemaslahatan masyarakat dunia justru disalahgunakan sebagai alat perang yang membahayakan dunia. Ia sangat tidak setuju dan menentang keras hal tersebut. Hingga akhir hayatnya ia tidak ingin terlibat terkait pengembangan teori relativitas yang diciptakannya untuk dijadikan sebuah senjata perang bernama bom nuklir.

Di sini jelas menunjukkan Einstein sangat peduli dengan sesama manusia yang hidup di Bumi ini dan ingin dunia aman dari senjata apapun. Dengan lebih peduli terhadap sesama, tentu banyak hal postif yang didapat semisal rasa damai dan yang paling penting adalah jaringan dengan orang lain yang akan membuka jalan menuju kesuksesan.

7. Jangan melakukan usaha yang sama bila gagal.

Don’t be Repetitive. “Insanity: doing the same thing over and over again and expecting different results.”

Bersikaplah realistis, apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai. Jadi, hasil yang kita dapat adalah hasil yang tentunya dari sebuah proses panjang yang namanya perjuangan. Jangan berharap untuk sukses jika kerjaan kalian hanya diam meratapi nasib tanpa berusaha mengubah keadaan. Ujaran Einstein di atas adalah contoh rahasia dirinya melakukan berbagai hal yang luar biasa selama ia hidup. Ia menyebut bahwa sesuatu yang dilakukan secara berulang dan berharap hasil yang berbeda adalah pemikiran yang gila.

Ia mencontohkan bahwa semua teori yang ia temukan adalah sebuah pengulangan berdasar pengalaman namun dengan metode yang berbeda dari yang sebelumnya. So, jika kalian penasaran menagapa kalian gagal di percobaan pertama, rahasianya adalah ubahlah metodenya dan jangan terjerumus dengan hal yang sama berulang-ulang.

 

8. Ikutilah rasa ingin tahu kalian.

The important thing is not to stop questioning. Curiosity has its own reason for existing

Rasa ingin tahu yang besar adalah sebuah kunci bagi Albert Einstein hingga dicap sebagai manusia jenius didunia. Ikutilah rasa ingin tahu kalian dengan sikap yang positif, karena dengan rasa ingin tahu tentu hal yang sebelumnya kalian tidak paham menjadi hal yang nantinya kalian akan memahaminya.

Einstein adalah tipe orang yang selalu ingin tahu. Ia berpendapat selama ia hidup, hasrat ingin tahunya adalah salah satu yang memancing dirinya untuk melakukan hal-hal yang baru yang tidak dipikirkan oleh orang lain, yang kadang dianggap orang lain adalah hal yang gila untuk dilakukan. Namun Einstein menepisnya dengan berbagai penghargaan yang ia dapatkan selama hidup . Dan sekali lagi rasa ingin tahu yang tinggi telah terbukti ampuh untuk diterapkan.

9. Ketekunan adalah sesuatu yang berharga.

Perseverance is Priceless. “It’s not that I’m so smart; it’s just that I stay with problems longer.”

Semua pekerjaan jika ditekuni tentu akan membuahkan hasil yang positif. Einstein menekankan betapa pentingnya sebuah ketekunan. Ia tidak menyebut dirinya orang yang pintar,cerdas ataupun si jenius abad 20. Albert Einstein lebih suka menggambarkan dirinya adalah seorang individu yang suka berkutat dengan suatu permasalahan dengan jangka waktu yang cukup lama. Maksud permasalahan di sini menyangkut ilmu sains dan ilmu turunan lainnya karena dengan begitu ia memahami masalahnya tersebut lebih baik dari orang lain, dan di situlah sifat tekun yang Einstein tekankan. Karena jika pun kalian pintar tetapi kalian pemalas, hasilnya adalah nol besar bagi diri kalian. Jadi, cobalah menjadi orang yang tekun mulai dari sekarang.

10. Belajar dari peraturan dan kemudian menjadi lebih baik.

Learn the Rules and Then Play Better “You have to learn the rules of the game. And then you have to play better than anyone else.”

Peraturan bukan hal yang harus ditabrak ataupun dilawan. Peraturan dibuat untuk dipatuhi, dengan mematuhi peraturan kita dapat belajar menjadi seseorang yang disiplin. Dengan sifat disiplin tentu kita dapat dengan mudah mengembangkan hal-hal positif yang ada didalam diri kita untuk masa depan yang lebih baik.

Einstein menggunakan prinsip ini dalam teori-teori yang diciptakannya, ia berujar bahwa ketika ia membuat berbagai teori ia cukup mengikuti peraturan yang berjalan, namun apa kelebihannya dari prinsip tersebut? bedanya adalah Einstein menambahkan sesuatu yang lebih, dari apa yang telah orang lain lakukan. Ia mendorong dirinya untuk membuat sesuatu yang berbeda dan revolusioner dari orang lain. Jadi, walupun dengan peraturan yang sama. Dengan metode yang berbeda dan dengan kegigihan, tentu menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Cari Artikel Lainnya