Home » Kongkow » Kesehatan » 10 Obat Radang Tenggorokan yang Alami dan Ampuh

10 Obat Radang Tenggorokan yang Alami dan Ampuh

- Rabu, 14 Agustus 2019 | 14:14 WIB
10 Obat Radang Tenggorokan yang Alami dan Ampuh

radang-tenggorokan-doktersehat

Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri Streptococcus grup A di tenggorokan yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Penyakit radang tenggorokan dapat diderita oleh semua umur. Namun, lebih sering dialami anak-anak antara usia 5 dan 15 tahun dan lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Infeksi ini dapat ditularkan ke orang lain melalui bersin dan batuk. Sebelum menular, segera cari cara mengobati radang tenggorokan, secara alami maupun medis.

Selain peradangan, penderita radang tenggorokan atau faringitis biasanya akan mengalami suara serak atau kehilangan suara karena iritasi pada pita suara. Radang tenggorokan dikategorikan akut jika berlangsung kurang dari beberapa hari, jika dikategorikan sebagai radang tenggorokan kronis, dapat berlangsung lebih dari tiga minggu. Tenang, Anda bisa mencoba obat radang tenggorokan alami yang bisa dicoba di bawah ini.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Cepat dan Alami

Ada banyak pilihan bahan alami dan murah yang dapat meredakan radang tenggorokan dengan cepat dan ampuh. Berikut ini berbagai obat radang tenggorokan alami yang bisa Anda buat di rumah:

1. Air rebusan jahe dan kayu manis

Obat radang tenggorokan alami pertama adalah jahe dan kayu manis yang biasanya tersedia di dapur Anda. Bagaimana cara meracik ramuan ini?

Rebuslah segenggam jahe dan kayu manis pada beberapa gelas air hingga mendidih, kemudian dinginkan dan siap untuk diminum. Bila ingin menambahkan rasa, Anda bisa menambahkan sedikit gula merah atau madu. Air rebusan jahe dan kayu manis ini berkhasiat membantu menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat.

Agar hasilnya maksimal, minum segelas air rebusan jahe dan kayu manis ini dua kali sehari dan hindari minum terlalu banyak karena akan menyebabkan efek samping perut panas atau mulas.

2. Berkumur air garam hangat

Cara mengobati radang tenggorokan ini dapat membantu meredakan dan mmerangsang air liur. Air garam juga dapat membantu membunuh bakteri di tenggorokan.

Buatlah campuran satu sendok teh garam dan 200 ml air hangat. Ingat, air yang digunakan harus hangat dan dapat diminum, jangan gunakan air panas. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Lakukan cara ini sekitar 2-3 kali sehari selama masa pengobatan.

3. Madu dan air hangat

Satu penelitian yang dilansir Heaathline, menemukan bahwa madu lebih efektif dalam meredakan batuk. Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, ini berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

Buatlah campuran satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (bisa ditambahkan lemon). Ramuan dari campuran madu dan air hangat ini dapat melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi akibat bakteri.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat digunakan untuk mengobati radang tengorokan karena mampu melawan bakteri, yang dibuktikan oleh sejumlah penelitian bahwa cuka apel sebagai antimikroba dalam mengatasi infeksi.

Karena sifatnya yang asam, cuka apel dapat digunakan untuk membantu merangsang air liur di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Buatlah campuran satu atau dua sendok makan cuka apel ke dalam satu cangkir air dan berkumurlah. Bilsa ingin meminumnya, campurkan sedikit madu. Berkumurlah sebanyak tiga kali dalam sehari. Pastikan untuk minum banyak air di antara sesi berkumur.

5. Bawang putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih adalah antibiotik alami yang mampu melawan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan. Ini berkat kandungan allicin, senyawa organosulfer yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi.

Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih secara rutin dapat membantu mencegah virus flu biasa. Mencampurkan bawang putih segar ke dalam makanan juga cara yang mudah sebagai antimikroba.

Orang tua atau nenek Anda mungkin telah menyarankan Anda cara mengobati radang tenggorokan dengan mengemut atau mengulum satu siung bawang putih untuk meredakan radang tenggorokan. Mudah bukan?

Meski menimbulkan aroma yang kurang sedap di mulut, bawang putih memilik banyak khasiatnya untuk pengobatan alami. Tenang, Anda bisa segera menyegarkan mulut dengan menyikat gigi setelah mengisap bawang putih.

6. Air jeruk nipis

Air jeruk nipis adalah minuman menyegarkan dan juga sebagai obat radang tenggorokan alami. Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu.

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan senyawa yang dapat menenangkan sakit tenggorokan dan membantu penyembuhan. Jeruk nipis juga dapat merangsang jumlah air liur, yang dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Mencampurkan air jeruk nipis dengan segelas air hangat dan sedikit madu atau air garam adalah cara mengobati radang tenggorokan terbaik.

7. Air lemon

Selain air jeruk nipis, air perasan lemon juga dapat mengurangi radang tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon. Buah yang memiliki rasa asam ini juga meningkatkan jumlah air liur di mulut, yang dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Cara terbaik untuk memaksimalkan manfaatnya, campurkanlah air perasan lemon dan air hangat dengan menambahkan sedikit madu atau air garam.

8. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah bahan makanan serbaguna yang memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, penelitian yang diuji pada hewan menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat membantu melawan infeksi, mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Minyak kelapa juga sangat menenangkan karena membantu melapisi selaput lendir di tenggorokan.

Berkumur dengan minyak kelapa sekitar dua sendok makan (30 ml) per hari merupakan cara mengobati radang tenggorokan terbaik, tapi jangan berlebihan karena dapat menimbulkan efek pencahar.

Jika Anda belum pernah mencoba minyak kelapa, mulailah minum satu sendok teh (5 ml) sekaligus untuk mengurangi potensi efek samping.

9. Konsumsi makanan yang mudah ditelan

Radang tenggorokan membuat Anda sulit menelan makanan, untuk itu makanlah makanan yang mudah ditelan. Makanan yang mudah ditelan seperti sup, kaldu, sereal yang dimasak, kentang tumbuk, jus buah-buahan, yogurt, dan telur dadar atau omelet.

Anda bisa melembutkan atau menghaluskan makanan dengan blender untuk membuatnya lebih mudah ditelan.

Makanan dingin, seperti yogurt beku, serbat (minuman tradisional), atau buah-buahan beku juga menenangkan. Sebaiknya hindari makanan pedas.

10. Minum cairan yang banyak

Minum cukup air dapat membantu meredakan radang tenggorokan, karena air dapat melumasi, melembapkan, dan terhidrasi sehingga memudahkan Anda untuk menelan makanan.

Pilihlah cairan yang berkualitas tinggi seperti sup kaldu hangat (yang menggantikan garam dan kehilangan cairan) dan larutan yang mengandung gula, yang dapat membantu tubuh menyerap cairan lebih cepat.

Hindari asupan kafein seperti kopi dan teh, karena dapat menyebabkan dehidrasi atau kehilangan cairan. Minuman dingin dan es krim juga bisa menenangkan radang tengggorokan.

Itulah obat radang tenggorokan alami yang bisa Anda coba di rumah. Sebelum mencoba cara mengobati radang tenggorokan, yang terbaik adalah terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter atau praktisi kesehatan ya

Cari Artikel Lainnya